Webinar
Inovasi Talent Acquisition sebagai Perekrut
Oleh: Kelas.com .
Pelatihan di Kelas.com .
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Berdasarkan SHRM, perusahan yang unggul dalam perekrutan akan mengalami pertumbuhan pendapatan 3,5 kali lebih banyak dan margin keuntungan dua kali lipat dari perusahan lain. Seorang Talent Acquisition yang harus memutuskan tipe orang yang ingin mereka tarik, pesan rekrutmen yang ingin disampaikan, bagaimana menjangkau individu yang ditargetkan, dan mempertahankan karyawan. Semua proses kerja Talent Acquisition akan kamu pelajari dalam kelas ini.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menjalankan peran sebagai seorang Talent Acquisition, serta menjalankan tugas dalam mencari dan mengidentifikasi karyawan atau calon karyawan dengan kriteria bakat dan talenta terbaik yang dibutuhkan perusahaan untuk menduduki sebuah profesi pekerjaan dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta mampu melakukan peran sebagai Talent Acquisition, mengadaptasi kompetensi inti seorang Talent Acquisition: Tenacity, Network Build, Salesmanship, Project Management, Market Intelligence, Sourcing Skill dan Behavioral/KSA Assessment Accuracy, mensimulasikan keterampilan interpersonal sebagai Talent Acquisition.
- Peserta mampu menggunakan teori Schneider: Attraction, Selection, Attrition (ASA) dan melakukan 9 tahapan proses Talent Acquisition; Organizational Need Analysis, Approval of the job requisition, Vacancy intake, Menentukan metode dan kriteria seleksi, Searching & Attraction, Metode seleksi administrasi, Hiring decision, Onboarding dan Evaluation.
- Peserta mampu menggunakan model recruitment process, serta menentukan recruitment objective, mengembangkan strategi rekrutmen & hiring, melakukan pengukuran dan evaluasi hasil dari rekrutmen, menggunakan perspektif pelamar kerja dalam melihat proses rekrutmen, menggunakan targeted recruitment & mengembangkan pesan rekrutmen, serta mengembangkan dan melakukan interview: behavior-based & situation-based interview.
- Peserta mampu menggunakan metode rekrutmen: Employee referrals, Website perusahaan, Portal lowongan pekerjaan, Rekrutmen kampus, situs social-networking dan sekumpulan metode yang tidak biasa, penggunaan studi kasus: Hennes & Mauritz (H&M) dalam melakukan hiring, melakukan audit rekrutmen dan talent acquisition analytics.
- Peserta mampu melakukan strategi employer branding: menentukan employer value proposition, membangun brand dan menggunakan public relation, melakukan penelusuran Employer Branding melalui 12 Matrics, melakukan pendekatan kandidat-sentris dan melakukan sesi Onboarding karyawan baru.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Talent Acquisition, Recruitment process, Panduan Sourcing Skill dan Behavioral/KSA Assessment Accuracy.
- Teori Schneider: Attraction, Selection, Attrition (ASA), 9 tahapan proses Talent Acquisition.
- Recruitment process model, recruitment objective, strategi rekrutmen & hiring, Perspektif pelamar kerja, targeted recruitment, interview: behavior-based & situation-based interview.
- Metode rekrutmen: Employee referrals, Website perusahaan, Portal lowongan pekerjaan, Rekrutmen kampus, situs social-networking dan sekumpulan metode yang tidak biasa.
- Strategi employer branding dan Employee Experience, employer value proposition, 12 Matrics Employer Branding, pendekatan kandidat-sentris, Onboarding karyawan baru.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Peserta mampu melakukan peran sebagai Talent Acquisition dan mensimulasikan keterampilan interpersonal sebagai Talent Acquisition.
- Peserta mampu menggunakan teori Schneider: Attraction, Selection, Attrition (ASA) dan melakukan 9 tahapan proses Talent Acquisition.
- Peserta mampu menggunakan model recruitment process, mengembangkan strategi rekrutmen & hiring, menggunakan targeted recruitment, serta mengembangkan dan melakukan interview: behavior-based & situation-based interview.
- Peserta mampu menggunakan metode rekrutmen, penggunaan studi kasus: Hennes & Mauritz (H&M) dalam melakukan hiring, serta melakukan audit rekrutmen dan talent acquisition analytics.
- Peserta mampu melakukan strategi employer branding, melakukan pendekatan kandidat-sentris dan melakukan sesi Onboarding karyatwan baru.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Komunikatif, Empati dan Problem solving.
- Adaptif, analitis, sistematis.
- Komunikatif, kolaboratif, efektif.
- Proaktif, komunikatif, adaptif.
- Adaptif, sistematis, komunikatif.
Kelompok Sasaran
- Peserta memiliki usia minimal 18 dan maksimal 64 tahun ke atas
- Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat
- Memiliki gawai/ perangkat elektronik untuk mengikuti webinar
Durasi Per Sesi
Hari pertama (Senin) / 18.30-21.30. Fundamental: Talent Acquisition vs Recruiter : 180 menit
Hari kedua (Selasa) / 18.30-21.30. Proses Kerja Talent Acquisition : 180 menit
Hari ketiga (Rabu) / 18.30-21.30. Hiring & Recruitment Strategy : 180 menit
Hari keempat (Kamis) / 18.30-21.30. Metode - Metode & Permasalahan Dalam Recruitment : 180 menit
Hari kelima (Jum’at) / 18.30-21.30. Melakukan Employer Branding & Menggunakan Employee Experience : 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Buatlah dalam bentuk word/ gdocs rancangan proses talent acquisition berdasarkan 9 tahapan proses dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Organizational Need Analysis,
2. Approval of the job requisition,
3. Vacancy intake,
4. Menentukan metode dan kriteria seleksi,
5. Searching & Attraction,
6. Metode seleksi administrasi,
7. Hiring decision,
8. Onboarding
9. Evaluation.
Setelah itu, cobalah buat perencaan dalam melakukan hal berikut:
a. Employer Branding
b. Employer value proposition
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Jadwal Pelatihan
08-05-2023 s.d. 12-05-2023
22-05-2023 s.d. 26-05-2023
05-06-2023 s.d. 09-06-2023
12-06-2023 s.d. 16-06-2023
19-06-2023 s.d. 23-06-2023
Profil Pengajar
Yana Metyana
Yana Metyana memiliki pengalaman sebagai seorang profesional Talent Acquisition selama lebih dari 10 tahun. Yana memulai pengalamannya di bidang Talent Acquisition sejak tahun 2012 dan sudah berkecimpung di berbagai perusahan nasional dan multinasional, seperti Cintamobil, AIA Financial, Sinarmas, dan Allianz.
Panduan Redeem Voucher
1. Buka link http://www.kelas.com/prakerja/webinar/catalog
2. Pilih kelas sesuai dengan kode voucher yang kamu beli dari mitra pembelian
3. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja (kelas.com/prakerja)
4. Klik "Redeem Kelas", kamu akan diarahkan pada halaman Detail Pembelian.
5. Masukan email dan password yang sudah terdaftar di dashboard masuk KELAS.COM. (Pastikan email yang di daftarkan aktif dan sesuai dengan email yang terdaftar di Prakerja)
6. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms
7. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja
8. Klik tombol "Tukarkan"
Panduan Redem Code Redem
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Edukasi Masa Depan
Kontak Lembaga Pelatihan
email: support@kelas.zendesk.com
Whatsapp: 0811-100-606
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0