Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Keterampilan Pengantaran Paket Dan Pelayanan Untuk Calon Kurir

Webinar

Keterampilan Pengantaran Paket Dan Pelayanan Untuk Calon Kurir

Oleh: Edukasi Masa Depan

Pelatihan di Edukasi Masa Depan

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan menyiapkan peserta agar dapat menjadi kurir yang kompeten sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) Nomor 354 Tahun 2014 tentang kurir
Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman mendalam mengenai kemampuan berkomunikasi yang efektif, metode penyortiran barang yang efisien, penanganan pengembalian barang, penguasaan penggunaan GPS, etika berkendara, hingga proses pengiriman barang akan menjadi fokus utama pelatihan, peserta akan dilatih juga untuk merespon dan menyelesaikan masalah dengan efektif ketika menghadapi keluhan dari penerima paket

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menunjukkan prinsip, prosedur, dan sikap profesional sebagai kurir dimulai dari pengenalan sejarah profesi kurir, jenis layanan pengiriman, menerapkan standar operasional penjemputan paket (Pickup), penyortiran jenis barang/paket sesuai jenis dan kategori,cara membaca resi, mengaplikasikan GPS, standar pengantaran paket (Delivery) langkah-langkah pengiriman paket metode COD hingga penerapan pelayanan prima sesuai dengan standar nasional kurir dengan menunjukkan pemahaman sebesar minimal 70% saat mengerjakan pre test, post  test, kuis dan melakukan unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta mampu mengidentifikasi pentingnya okupasi kurir dan nilai-nilai menjadi kurir
- Peserta mampu membedakan karakteristik macam-macam jenis barang kiriman
- Peserta mampu mendefinisikan tujuan sistem pick up serta aspek penting dalam penjemputan paket
- Peserta mampu mempraktikkan  penyortiran dan pengemasan barang 
- Peserta mampu menjalani langkah-langkah dalam membaca nomor resi pengiriman
- Peserta mampu mengimplementasikan keselamatan dalam berkendara dengan mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan
- Peserta mampu membaca GPS atau membaca navigasi jalan
- Peserta mampu menjalankan tahapan dalam melakukan retur barang
- Peserta mampu menerapkan tahapan dalam mengirim paket sistem COD
- Peserta mampu mengimplementasikan standar dalam pengiriman barang
- Peserta mampu menerapkan  pelayanan prima saat pengiriman paket
- Peserta mampu menyelesaikan masalah ketika paket gagal dalam proses penjemputan paket

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Memahami pentingnya okupasi kurir bagi jasa ekspedisi di masa kin
- Mengetahui karakteristik macam-macam jasa kurir
- Mengetahui aspek penting dalam penjemputan paket
- Mengetahui tahapan membedakan jenis paket dan penyortiran barang
- Mengetahui Definisi, tujuan, dan fungsi sistem pick up
- Memahami langkah-langkah dalam membaca nomor resi pengiriman
- Mengetahui aspek keselamatan lalu lintas
- Mengetahui teknik pembacaan peta dan navigasi jalan
- Mengetahui Standar pelaksanaan retur barang
- Memahami Langkah-langkah dalam mengirim paket dengan sistem COD
- Mengetahui Alat dan perlengkapan sebelum proses pengantaran paket

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menerapkan nilai-nilai penting menjadi kurir
- Mempraktikan peran yang diterapkan dalam menjadi kurir
- Melakukan penjemputan paket sesuai dengan prosedur yang berlaku
- Melakukan penyortiran dan pengemasan barang
- Mengatasi masalah ketika menemukan barang berbahaya di dalam paket
- Menyelesaikan masalah terkait kesalahan resi pengiriman
- Menerapkan keselamatan dalam berkendara
- Mengoperasikan GPS dan membaca peta navigasi dengan tepat
- Mempraktikan ketentuan retur, serta standar pelaksanaan retur barang
- Melaksanakan tahapan dalam mengirim paket dengan sistem COD
- Mempraktekkan standar persiapan sebelum proses pengantaran paket

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Teliti dan  detail terhadap konsep dasar okupasi sebagai kurir
- Disiplin dalam menjalankan peran menjadi kurir 
- Disiplin, dan tepat waktu dalam melakukan penjemputan paket
- Teliti dan berhati-hati dalam melakukan penyortiran dan pengemasan barang
- Teliti melakukan sistem pick up  dan penjemputan paket
- Teliti dan cermat dalam membaca nomor resi pengiriman dan penanganan masalah terkait kesalahan resi pengiriman
- Teliti, berhati-hati dan patuh saat berkendara 
- Cermat mengoperasikan GPS Navigasi saat pengiriman barang
- Cermat dan teliti dalam melakukan retur barang
- Ramah dan komunikatif saat melakukan pengiriman dengan sistem COD
- Hati-hati, dan teliti dalam melakukan proses pengantaran paket

Kelompok Sasaran
1. Umur minimal 18 dan maksimal 60 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SMP

Syarrat dan ketentuan lainnya
Sehat jasmani dan rohani
Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
Mampu mengikuti pelatihan dengan baik
Memiliki ketertarikan di logistik / kurir 

Durasi Per Sesi
Sesi 1 (180 menit)
Pengenalan Sejarah profesi kurir dan jenis-jenis jasa layanan pengiriman
Sesi 2 (180 menit)
Menerapkan Standar Operasional Prosedur Penjemputan Paket (Pickup
SOP Penyortiran jenis Barang/Paket sesuai Jenis Dan Kategori : 180 menit
Sesi 3 (180 menit) :
Cara Membaca Resi
Cara Mengaplikasikan GPS
Etika Berkendara Saat Mengendarai kendaraan Bermotor
Sesi 4 (180 menit) :
Standar Pengantaran Paket (Delivery) Dan Langkah-Langkah
Pengiriman Paket Metode COD Dan SOP Return Barang
Sesi 5 (180 menit) :
Penerapan Pelayanan Prima Sebagai Kurir Dan Menangani Keluhan Pelanggan

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
60

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Di akhir pelatihan, peserta akan diuji untuk melakukan praktik: mandiri mendokumentasikan dalam bentuk video melakukan proses pengantaran paket menggunakan atribut lengkap sebagai kurir mulai dari datang ke alamat yang dituju hingga meninggalkan alamat dengan ketentuan sebagai berikut : 
- Mengucapkan permisi/salam
- Mengecek nama dan memastikan jika sesuai dengan nama penerima
- Menyerahkan paket ke tangan pelanggan
- Memfoto barang beserta penerimanya
- Mengucapkan permisi/salam dan terima kasih
- Meninggalkan area pengantaran paket

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Jadwal Pelatihan
02 - 06 Januari 2024
09 - 13 Januari 2024
15 - 19 Januari 2024
22 - 26 Januari 2024

Profil Pengajar
Eky Marjuki merupakan profesional di bidang pengantaran barang / kurir dengan pengalaman lebih dari 6 tahun. Sangat mengerti kendala yang dihadapi sebelum pengantaran hingga proses pengantaran barang sampai dengan alamat yang dituju. Dengan pengalaman tersebut Eky Marjuki bisa memberikan pengalaman yang pernah di rasakan kepada seluruh peserta pelatihan

Kontak Lembaga Pelatihan
021-758 700 22
0813 8002 0113

Cara Redem Kode Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Di website Masadepan (https://masadepan.com/),login dengan username dan password anda, apabila belum mempunyai akun, silahkan sign up terlebih dahulu
3.klik menu pelatihan pada menu bar “Prosedur Pertolongan Pertama Menangani Cedera Kecelakaan” pilih pelatihan ingin dibeli, kemudian isi detail checkout dengan lengkap
4. Masukan kode voucher pada kolom yang tersedia
5.Pastikan kode voucher sudah “berhasil”
6.Klik menu pre-test untuk mengikuti pelatihan

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved