Webinar
Komunikasi dalam Bahasa Inggris bagi Pegawai Resepsionis
Oleh: Solusi Edukasi
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan mode Webinar
Okupasi Pelatihan: Komunikasi dalam Bahasa Inggris Bagi Pegawai Resepsionis
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020/Receptionist KBJI 4226
Gambaran Pelatihan:
Pelatihan ini ditujukan bagi petugas resepsionis yang ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan target penguasaan materi saat unjuk keterampilan minimal 70%
Kompetensi yang dilatih:
Peserta akan terlibat dalam latihan memberi salam, berkomunikasi dengan tamu, merancang kalimat perkenalan, dan menyampaikan pesan telepon dengan jelas. Mereka juga diajak untuk menyesuaikan berbicara dalam Bahasa Inggris saat menyambut tamu asing.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1 Pendahuluan dan Memberi Salam dan Greetings dalam konteks resepsionis
Sesi 2 Melakukan Perkenalan / Introduction
Sesi 3 Menggunakan ungkapan-ungkapan umum dalam bertelepon / Using General Expression in Telephoning
Sesi 4 Menerima dan Menyampaikan Pesan Telepon / Taking and Giving Messages by Telephone
Sesi 5 Menyambut Tamu dan Welcoming Visitors / Mengembangkan Hubungan Baik dengan Tamu
Alat Praktik :
Laptop untuk melakukan pelatihan di zoom
Hp untuk melakukan pelatihan di zoom
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan(A) mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dalam berbicara dengan tamu, menerima dan menyampaikan pesan melalui telepon, memperkenalkan diri sendiri atau perusahaan kepada pihak lain dan menyambut tamu asing(B) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi(D) pada saat unjuk keterampilan(C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta melakukan penyesuaian kalimat serta ungkapan memberikan salam menurut konteks waktu, kaidah dan norma yang lazim.
Peserta mampu merancang kalimat dalam Bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri sendiri dan perusahaan kepada pihak lain.
Peserta membuat variasi kosakata saat berbicara menggunakan struktur dasar kalimat, dan tata Bahasa Inggris yang baik dengan tamu Internasional.
Peserta mampu menyusun pesan melalui telepon dan mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti.
Peserta mampu melakukan penyesuaian berbicara dalam Bahasa Inggris saat menyambut tamu asing.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Penggunaan kata-kata, ungkapan dan salam dalam Bahasa Inggris.
Perkenalkan diri sendiri, orang lain, dan institusi atau perusahaan kepada pihak lain.
Struktur dasar kalimat, kosa kata, dan tata Bahasa Inggris dalam bertelepon.
Pesan melalui telepon.
Komunikasi bahasa Inggris saat menyambut tamu.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melakukan penyesuaian kalimat serta ungkapan memberikan salam menurut konteks waktu, kaidah dan norma yang lazim.
Merancang kalimat dalam Bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri sendiri, orang lain, dan perusahaan kepada pihak lain.
Membuat variasi kosakata saat berbicara menggunakan struktur dasar kalimat, dan tata Bahasa Inggris yang baik dengan tamu Internasional.
Menyusun pesan melalui telepon dan mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti.
Melakukan penyesuaian berbicara dalam Bahasa Inggris saat menyambut tamu asing.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Santun dalam memberikan layanan kepada tamu menurut konteks tempat dan waktu.
Profesional saat memperkenalkan diri sendiri, orang lain atau perusahaan kepada pihak lain.
Ramah dan antusias dalam memberikan layanan kepada tamu.
Profesional dalam menjaga kerahasiaan informasi yang disampaikan.
Beretika dan tata krama menerima dan menyambut tamu menggunakan Bahasa Inggris di tempat kerja.
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun
Min pendidikan SMA/SMK
Syarat dan Ketentuan lainnya
Pelatihan ini diperuntukkan bagi lulusan SMA SMK sederajat, dan direkomendasikan peserta yang ingin memperdalam bahasa inggris, dengan ketentuan mengikuti pelatihan sebagai berikut
Memiliki perangkat elektronik, seperti laptop ataupun handphone,
Menyiapkan alat tulis
Memiliki applikasi atau sudah menginstall Zoom meeting
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Pada Sesi Unjuk Keterampilan, peserta diminta untuk berperan sebagai seorang resepsionis, melalui uji keterampilan peserta akan memperkenalkan diri secara profesional dalam konteks sebagai seorang resepsionis, menggunakan Bahasa Inggris dan kosakata relevan dengan konteks pekerjaan resepsionis. Untuk menguji kemampuan mendengarkan, peserta akan berperan sebagai resepsionis dalam menerima telepon dan mencatat informasi yang ditinggalkan penelepon kemudian menuliskannya secara benar. Sebagai uji keterampilan ke 3 peserta akan diuji kembali pemahaman terkait frasa-frasa yang digunakan saat merespon penelepon dalam konteks pekerjaan sebagai seorang sekretaris.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Lia Kartika Sari adalah seorang profesional multifaset yang lebih dari 23 tahun pengalaman di bidang pendidikan dan pengembangan manajemen. Perjalanan kariernya dimulai sebagai anggota tim HRD di PT. Bina Busana Internusa, di mana ia terlibat dalam pelatihan dan pengembangan karyawan perusahaan.
Kontak Lembaga Pelatihan
(021) 29195080
info@solusiedukasi.co.id
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000