Pembelajaran Mandiri
Mahir Manajemen Rekrutmen dan Seleksi Dasar
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Keberhasilan sebuah organisasi, baik bagi perusahaan kecil maupun perusahaan yang masuk dalam Fortune 500 sekalipun, pasti sangat berkaitan dengan kualitas karyawannya. Berbicara mengenai kualitas karyawan pasti juga akan bergantung pada proses rekrutmennya. Pada pelatihan ini, kita akan mempelajari tentang manajemen rekrutmen dan seleksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada pelatihan ini pula, kita akan menjabarkan tentang proses rekrutmen dan proses yang perlu dilakukannya. Tak hanya itu, kita juga akan membahas tentang Seleksi dan cara menyusun proses seleksi yang tepat dengan kriteria yang diinginkan. Terakhir, kita pun akan belajar cara mengevaluasi hasil rekrutmen dan seleksi dengan berbagai metode
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta dapat menyusun dan menjalankan proses Rekrutmen dan Seleksi sesuai dengan kriteria pegawai yang dibutuhkan serta melakukan evaluasi terhadap efektifitas proses rekrutmen dan seleksi yang telah dibuat.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Memahami definisi serta urgensi dari rekrutmen dan seleksi
2. Memahami proses dan strategi dari rekrutmen dan seleksi
3. Memahami kompetensi sebagai salah satu kriteria yang mencakup knowledge, skill, ability, and others.
4. Memahami komponen success profile of new hire dalam proses rekrutmen dan seleksi
5. Memahami berbagai metode dalam proses seleksi.
6. Memahami apa dan bagaimana proses wawancara dalam seleksi.
7. Memahami apa dan bagaimana proses assessment center dalam seleksi.
8. Memahami berbagai jenis evaluasi proses rekrutmen
9. Memahami beberapa kriteria dalam melakukan evaluasi metode seleksi asesmen yang akan atau telah digunakan.
10. Memiliki sikap transparan terhadap proses rekrutmen dan seleksi kepada calon karyawan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Peserta mengetahui definisi dan ruang lingkup rekrutmen karyawan
2. Peserta mengetahui alur kerja dari rekrutmen karyawan
3. Peserta mengetahui kanal yang dapat digunakan dalam proses rekrutmen
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Peserta mampu menentukan tujuan rekrutmen
2. Peserta mampu menentukan metode rekrutmen yang digunakan
3. Peserta mampu menyusun strategi yang tepat dalam proses rekrutmen
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Peserta dapat memiliki sikap terbuka dan menampilkan kedekatan kepada calon karyawan saat wawancara
2. Peserta dapat memiliki sikap transparan dengan memberikan kesempatan pada calon karyawan untuk menanyakan proses rekrutmen dan seleksi
3. Peserta dapat memiliki sikap mendengarkan dengan baik kepada calon karyawan
Kelompok Sasaran
1. Minimal Merupakan lulusan SMA/SMK sederajat
2. Memiliki profesi di bidang personalia
3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Durasi Per Sesi
Part 1: Rekrutmen dan Seleksi (52:02 menit)
Part 2: Kriteria Asesment untuk Seleksi (14:34 menit)
Part 3: Metode Seleksi (117:30 menit)
Part 4: Evaluasi Rekrutmen dan Seleksi (124:08 menit)
Total Durasi
313:19 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Muhammad Rizki (instruktur Utama)
Merupakan seorang Assessment specialist dan merupakan Selection Officer di Telkom Indonesia dan telah berpengalaman di proses rekrutmen dan seleksi lebih dari 6 tahun sejak 2015.
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp250.000