Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Manajemen Kegiatan Wisata sebagai Travel Organizer

Webinar

Manajemen Kegiatan Wisata sebagai Travel Organizer

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan "Manajemen Group Travel/Wisata (Travel Organizer)" telah disusun untuk secara spesifik mempersiapkan peserta dalam mengembangkan dan mengelola perjalanan wisata berkelanjutan yang selaras dengan Peta Okupasi Nasional Green Jobs. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan pelanggan, sambil memastikan kelestarian lingkungan dan manfaat sosial ekonomi bagi komunitas setempat. Dengan fokus pada kolaborasi tim yang efektif, manajemen logistik cerdas, dan penerapan protokol keselamatan dan kesehatan, peserta akan dibekali untuk menghadapi tantangan nyata industri pariwisata modern. Melalui pengalaman nyata dan studi kasus, kursus ini menekankan pada kesiapan peserta untuk mengatasi situasi darurat dan menangani feedback pelanggan dengan sikap proaktif. Ideal bagi profesional di bidang travel yang berkomitmen untuk memajukan praktik pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, kursus ini akan memperkuat kapasitas mereka sebagai pemimpin di sektor green jobs yang berkembang.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta akan dapat mendesain dan mengelola tur berkelanjutan dengan memahami prinsip dan teknik keberlanjutan, keselamatan, dan kepuasan pelanggan dengan menunjukkan nilai minimal 60 pada unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

Di akhir pelatihan, peserta akan mampu untuk:

  • Peserta akan mampu menerapkan konsep perjalanan berkelanjutan dalam perencanaan dan pelaksanaan tur, serta efektif dalam mengkomunikasikan prinsip-prinsip ini kepada tim dan wisatawan, dan mengintegrasikan pertimbangan lingkungan dalam setiap keputusan yang diambil.

  • Peserta akan memiliki kecakapan untuk merancang dan mengelola perjalanan wisata yang holistik, memprioritaskan aspek keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, serta mengoptimalkan logistik dan kepuasan pelanggan dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan.

  • Peserta akan dilatih untuk mengoptimalkan manajemen waktu dan menangani situasi darurat, dengan memanfaatkan teknik komunikasi yang efektif dan menyampaikan informasi yang penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan.

  • Peserta akan mengasah kemampuan untuk merancang strategi keselamatan dan keamanan yang komprehensif, memastikan penerapan yang efektif di lapangan, dan menggunakan peralatan keselamatan dengan mahir selama perjalanan wisata.

  • Peserta akan dibekali untuk mengembangkan solusi inovatif dalam bisnis pariwisata berkelanjutan, dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk peningkatan keterampilan profesional, dan menyusun strategi bisnis yang etis untuk membangun dan mempertahankan reputasi yang kuat.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Prinsip Perjalanan Berkelanjutan

Rencana Perjalanan Berkelanjutan

Teknik Komunikasi Efektif

Manajemen Darurat dan Konflik

Prosedur Keselamatan dan Keamanan

Inisiatif Kewirausahaan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Mendemonstrasikan teknik perencanaan perjalanan

Menyusun logistik perjalanan

Memimpin tur dengan efektivitas

- Menangani keadaan darurat dan konflik

Menerapkan prosedur keselamatan dan keamanan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Komitmen Keberlanjutan

Menerapkan perhatian ke hal detail

Keterbukaan Komunikasi

Ketangguhan

Menanggulangi risiko tinggi saat perjalanan wisata


Kelompok Sasaran

1. Usia 18 - 64 tahu

2. Pendidikan minimal SD

3. Memiliki ketertarikan dalam bidang manajemen kegiatan wisata

4. Peserta yang memiliki smartphone

5. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai

6. Peserta memiliki akun Google Meet


Durasi Per Sesi

Dasar-dasar Manajemen Travel Organize 180 menit

Perencanaan dan Pengorganisasian Perjalanan Wisata 180 menit

Kepemimpinan dan Penanganan Situasi di Lapangan 180 menit

Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan dalam Travel 180 menit

Profesionalisme dan Pengembangan Diri dalam Industri Pariwisata 180 menit


Total Durasi

900 menit


Metode Pembelajaran

Daring


Kapasitas Pelatihan

150


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta membuat paper yang berisikan paket wisata yang ditawarkan sebagai Travel Organizer


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja

- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.

Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan : 
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.


Profil Pengajar

M Arif Rahman terkenal sebagai salah satu pionir Travel Blogger di Indonesia, yang aktif membuat blog sejak 2012. Ia kemudian membuat sebuah Tour & Travel Company yaitu Whatravel, yang memenuhi kebutuhan para pelancong Indonesia untuk mendatangi berbagai wilayah di dunia.

Nugraha Sang Surya adalah Chief Operation Officer di Whatravel Indonesia, salah satu tour operator yang namanya cukup terkenal di platform sosial media. Selain B2C, Nugraha juga membawa klien B2B dan membuat paket-paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Andi Riiz adalah seorang Event Director dari perusahaan tour & travel. Dalam kesehariannya, Andi bertugas untuk mengatur rencana tour domestik, membuat perencanaan dan itinerary, menjalankan pelaksanaan tour, serta membuat evaluasi perjalanan dari awal


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke website upskill.cakap.com

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data diri

3. Setelah berhasil, temukan tombol ‘tukar kode’ pada homepage upskill.cakap.com

4. Masukkan kode belajar (kode: BLJ) dan klik "Tukarkan / Redeem

5. Setelah penukaran kode belajar berhasil, masuk ke Kursus Saya untuk menukar kode Prakerja di kursus yang kamu punya

6. Setelah memasukkan kode dengan benar, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah

7. Untuk melihat cara menukar kode belajar & kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi 

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Pilih kategori Prakerja

4. Di beranda Cakap, pilih tab Upskill

5. Klik tukarkan kode belajar dan masukkan kode belajar (kode : BLJ) dan klik "Tukarkan”

6. Setelah penukaran kode berhasil, masuk ke Kelas Saya dan tukarkan kode prakerja di kursus yang kamu punya.

7. Klik tukar kode dan masukkan “kode redeem” dari dasbor Prakerja

8. Untuk melihat cara menukar kode belajar &kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi


Batas Waktu redem code Prakerja :

1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :

- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Luring/Offline) :

- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.


Kontak Lembaga Pelatihan

https://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.350.000