Webinar
•Manajemen KOL/Influencer Untuk Spesialis Pemasaran
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan Manajemen KOL/Influencer untuk Spesialis Pemasaran adalah program intensif dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi para profesional pemasaran agar mereka dapat mengelola kerjasama yang efektif dengan Key Opinion Leaders atau Influencer.
Tujuan Umum Pelatihan
Spesialis pemasaran dan periklanan menunjukkan kemampuan minimal 70% dalam memilih dan bekerjasama dengan KOL dan influencer dalam sebuah studi kasus pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Pengetahuan:
1. Peserta memahami definisi, perbedaan, kelebihan, kekurangan kerjasama dengan KOL dan influencer
2. Peserta menentukan saluran media sosial, melakukan riset influencer dan menentukan bentuk kerjasama dengan KOL dan influencer
Keterampilan:
3. Peserta melakukan riset influencer melalui platform digital dan melakukan list KOL dan influencer yang tepat
4. Peserta membuat rincian statemen of work (SOW), dan menyusun MOU untuk kerjasama dengan KOL dan influencer
Sikap:
5. Peserta mampu berpikir kritis dan cermat dalam memahami kerjasama, kreatif dalam menemukan KOL dan influencer yang tepat , serta teliti dalam menentukan poin KPI keberhasilan kampanye KOL/influencer marketing
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Memahami definisi, perbedaan, kelebihan dan kekurangan kerjasama dengan KOL dan influencer
- Menentukan saluran media sosial, melakukan riset influencer dan menentukan bentuk kerjasama dengan KOL dan influencer
- Menerapkan cara pembuatan statemen of work (SOW), perjanjian kerjasama (MoU) dengan KOL dan influencer
- Menentukan poin KPI dan menganalisis keberhasilan KOL dan influencer
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mempraktekkan riset influencer melalui platform digital dan melakukan list brand ambassador yang tepat
- Mempraktekkan penyusunan SOW, dan perjanjian kerjasama (MoU) kepada influencer
- Mempraktekkan pembuatan poin KPI keberhasilan KOL dan influencer
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Menunjukkan sikap cermat dalam memahami brand ambassador dan influencer marketing
- Menunjukkan sikap kritis dalam menganalis tiap sosial media untuk melaksanakan influencer marketing
- Menunjukkan sikap kreatif dalam menemukan influencer yang tepat
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 40 tahun
Minimal SMA
Memiliki smartphone atau laptop untuk digunakan saat proses pelatihan.
Durasi Per Sesi
1/15.00-18.00 Pengenalan Pemasaran Digital melalui KOL dan Influencer 180 menit
2/15.00-18.00 Menjalankan Strategi Pemasaran Digital melalui KOL dan Influencer 180 menit
3/15.00-18.00 Menemukan KOL dan Influencer yang Tepat 180 menit
4/15.00-18.00 Menyusun Kerjasama dengan KOL dan Influence 180 menit
5/15.00-18.00 Mengukur Kesuksesan Kerjasama dengan KOL dan Influencer 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Instruksi:
1. Buatlah list influencer yang rencana akan anda hubungi
- Lakukan riset pencarian KOL/influencer di 3 platform digital yang berbeda
- Carilah 9 influencer yang memiliki minimal 10.000 follower dan berdomisili di Jakarta, Bandung dan Makassar
- Buatlah tabel list KOL/influencer yang sudah didapatkan lalu ketik di excel dengan format no, nama, jumlah follower, domisili, jumlah ER simpan dalam file xls
2. Buatlah redaksi tertulis undangan kerjasama dilengkapi dengan brief untuk KOL/influencer
3. Buatlah redaksi tertulis draft perjanjian kerjasama (MoU) untuk KOL/influencer
4. Buatlah evaluasi kerjasama KOL/influencer
- Buatlah tabel KPI ketik di excel dengan format no, nama influencer, jumlah follower, fee per video, jadwal upload konten, hasil viewer
- Judul file dinamakan tabel KPI Influencer
- Simpan dalam file xls
Ketentuan Menyelesaikan Tugas:
1. Petunjuk pengerjaan point 1 dan 4 diketik di excel lalu filenya disimpan dalam bentuk file xls
2. Petunjuk pengerjaan poitn 2 dan 3 diketik di word lalu filenya disimpan dalam bentuk pdf
3. File tersebut dikumpulkan ke PIC LP
4. Batas pengumpulan adalah 3 hari
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
17-07-2023 s.d 21-07-2023,
07-08-2023 s.d 11-08-2023,
21-08-2023 s.d 25-08-2023,
04-09-2023 s.d 08-09-2023,
18-09-2023 s.d 22-03-2023
Profil Pengajar
Faqih Faturrachman,SP , LCPC seorang content creator dan konsultan digital marketing yang berpengalaman menghandle brand untuk bekerjasama dengan KOL/Influencer Marketing. Saat ini juga aktif sebagai professional coach yang melakukan sesi mentoring dan coaching secara individu, organisasi dan UMKMBatas Waktu redem code Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB
Kontak Lembaga
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.8
/5
(56 Rating)
0
0
0
0
0