Manajemen Pengadaan Barang/Jasa
Webinar
Manajemen Pengadaan Barang/Jasa
Oleh: Link Productive
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Kompetensi yang diajarkan adalah skill yang sesuai dengan job description dari kebutuhan lowongan kerja Procurement Supervisor di perusahaan. Perusahaan akan banyak membutuhkan lowongan kerja di bagian Procurement. Dalam Training ini akan diajarkan secara keseluruhan apa saja skill yang wajib dimiliki oleh seorang Procurement. Tidak hanya itu pelatihan ini akan berbasis kepada praktek kerja berbasis pada pembuatan portofolio kerja.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan Calon Pengadaan (Procurement Supervisor) mampu membuat detail proses praktek Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan, Analisa Kebutuhan Anggaran, Pemilihan Vendor, Proses Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian, Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1-3 dan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa dengan menunjukkan minimal 70 % penguasaaan pemahaman materi pada saat praktik mandiri melalui video presentasi.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu :
- Melakukan implementasi seluruh proses Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan, yakni Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Penyelarasan KebijakanPengadaan Barang/Jasa, Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun Harga Perkiraan.
- Melakukan implementasi seluruh proses Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian, yakni Memilih Penyedia Barang/Jasa, Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Kualifikasi Penyedia Barang/Jasa.
- Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1, yakni Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Mengevaluasi Dokumen Penawaran.
- Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2, yakni Menyampaikan Penjelasan Dokumen Pengadaan Barang/jasa, Melakukan Negosiasi, Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa.
- Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa, yakni Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang/Jasa, Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mengimplementasikan Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan
- Mengimplementasikan Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2
- Mengimplementasikan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Menyusun Analisa Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa
- Membuat Penyelarasan KebijakanPengadaan Barang/Jasa
- Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa
- Menyusun Harga Perkiraan
- Membuat Analisa Pemilihan Penyedia Barang/Jasa
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Mendemostrasikan Inisatif dalam Bekerja untuk pengerjaan tugas.
- Mendemostrasikan Berpikir Sistematika Bekerja.
- Mendemostrasikan Komitmen Pada Tugas yang diberikan.
- Mendemostrasikan Daya Tahan Terhadap Stress dari tugas yang diberikan.
- Mendemostrasikan Ketelitian & Kecermatan dalam pekerjaan.
Kelompok Sasaran
Usia 18- 40
Syarat dan ketentuan lainnya :
1. Memiliki laptop pribadi
2. Familiar menggunakan Microsoft Office terutama adalah penggunaan Excel & Word.
3. Kemauan belajar yang tinggi
4. Kerja Keras
5. Tidak Mudah Menyerah
6. Memiliki waktu Fulltime daily Untuk Pengerjaan Project-Project
7. Bersedia melaporkan kegiatan rutin harian secara online
8. Bersedia melakukan diskusi banyak bertanya mengenai hal-hal yang tidak dimengerti
9. Soft Skill yang baik lainnya
Durasi Per Sesi
Hari ke 1
Sesi Pembukaan Intro, Ice Breaking 20 menit
Sesi 1 Penjelasan Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan 160 menit
Hari ke 2
Sesi 2 Penjelasan Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian 180 menit
Hari ke 3
Sesi 3 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1 180 menit
Hari ke 4
Sesi 4 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2 180 menit
Hari ke 5
Sesi 5 Penjelasan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa 160 menit
Pemberian Feedback dari pelatihan yang telah dilaksanakan 20 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Para peserta diminta untuk membuat portofolio project dari masing-masing sesi yang telah diberikan oleh tenaga pelatih dan kemudian melakukan presentasi dengan membuat sebuah video rekaman yang dapat diberikan waktu pengumpulan tugas tersebut selama 3x24 jam.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
- Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jadwal Pelatihan
10-04-2023 sd 14-04-2023
01-05-2023 sd 05-05-2023
15-05-2023 sd 19-05-2023
27-05-2023 sd 31-05-2023
Profil Pengajar
Gerry Anugrah Dwiputra ST. MM. CP
HR Berpengalaman sebagai Manager
HR Training & Development – PT Krakatau Engineering (Krakatau Steel Group) – 2009 s.d 2013 – Human Capital
Development System (Detail in LinkedIn)
HR & QA Manager – PT Krakatau Daedong Machinery (Krakatau Engineering Group) – 2013 s.d. 2022 – Human
Capital Manager System
Tata cara reedem code untuk peserta Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berjalan, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan jadwal hari ke 1 berjalan
Cara redeem Pelatihan Daring/Online di Pijar Mahir :
- Klik Kursus Saya
- Klik Kursus online
- Kemudian pilih kursus yang kode redeemnya akan diredeem
- Kemudian klik "mulai kursus", lalu masukan kode redeem prakerja dan klik "redeem kursus"
Cara redeem Pelatihan Luring/offline di Pijar Mahir: :
- Peserta wajib datang ke lokasi pelatihan untuk mengikuti kelas dan meredeem redeem code secara langsung di lokasi pelatihan
Kontak Lembaga Pelatihan
62 812-8836-4910 (Customer Service)
+62 822-4903-7503 (Help Desk 1)
+62 896-8601-0350 (Help Desk 2)
+62 813-8758-4900 (Help Desk 3)
+62 895-61077-0447 (Help Desk 4)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.6
/5
(391 Rating)
0
0
0
0
0