Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Manajemen SDM Untuk Staf Sumber Daya Manusia

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Manajemen SDM Untuk Staf Sumber Daya Manusia

Oleh: Cakap -

logo-prakerja

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(15)
26 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan menggunakan moda Pembelajaran Mandiri
Okupasi Pelatihan Manajer Sumber Daya Manusia
Rujukan Okupasi Critical Occupation List - 2018
Gambaran Pelatihan
Pada pelatihan untuk calon staf SDM ini, peserta diharapkan mampu menyusun uraian jabatan, hingga melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan, membangun komunikasi yang efektif untuk mewujudkan SDM yang kompeten, dan patuh pada ketentuan yang berlaku dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Kompetensi yang Dilatih
Peserta akan belajar tentang tugas & tanggung jawab Staf SDM, menyusun uraian jabatan, aspek hukum, dan sistem informasi pekerja. 
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Menyusun Uraian Jabatan dan Administrasi Jaminan Sosial
Sesi 2: Aspek Hukum, Sistem Penggajian dan Kompensasi
Sesi 3: Analisis Beban Kerja dan Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
Sesi 4: Melakukan Proses Rekrutmen dan Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu
Sesi 5: Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan serta Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif
Sesi 6: Memfasilitasi Pengelolaan Kepuasaan dan Keterlekatan Pekerja serta Memfasilitasi Penggunaan Sistem Informasi Pekerja
Peserta akan dimasukkan kedalam Whatsapp group. Mohon pastikan bahwa nomor Whatsapp bisa dihubungi.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menyusun uraian jabatan, melakukan analisis jabatan, analisis beban kerja dan menyusun standar operasional prosedur (SOP) MSDM, hingga melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan, dan membangun komunikasi yang efektif (B) untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, kompetitif, beretika dan patuh pada ketentuan yang berlaku (C) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan  (D).

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
Menyusun Uraian Jabatan dan Administrasi Jaminan Sosial
Menginterpretasi aspek hukum, sistem penggajian, dan kompensasi
Mengimplementasikan Analisis Beban Kerja dan Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
Menunjukkan Proses Rekrutmen dan Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu 
Melakukan Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan serta Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif
Mengimplementasikan Fasilitasi Pengelolaan Kepuasaan dan Keterlekatan Pekerja serta Memfasilitasi Penggunaan Sistem Informasi Pekerja

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Skill dan kompetensi staf SDM
Pengenalan administrasi jaminan sosial
Sistem jaminan sosial
Undang-undang ketenagakerjaan
Kewajiban pajak dan kontribusi
Informasi analisis jabatan dan membuat uraian jabatan dan spesifikasi jabatan
Aspek hukum pada ketenagakerjaan

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Cermat dalam menunjukkan Skill dan kompetensi staf SDM
Cakap dalam menjelaskan sistem jaminan sosial
Teliti dalam menjelaskan undang-undang ketenagakerjaan
Akurat dalam menyampaikan informasi analisis jabatan dan membuat uraian jabatan dan spesifikasi jabatan
Tepat dalam memaparkan kewajiban pajak dan kontribusi
Terampil dalam menjelaskan aspek hukum dan ketenagakerjaan
Cakap dalam menampilkan etika dalam analisis beban kerja dan SOP

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Mengimplementasikan metode analisis jabatan
Menggunakan metode analisis beban kerja dalam merencanakan proses rekrutmen
Mengimplementasikan metode analisis kebutuhan pelatihan (Training Need Analysis)
Mengimplementasikan metodologi survey kepuasan dan keterlekatan pekerja
Melakukan identifikasi kebutuhan Sistem Informasi Pekerja sesuai dengan proses bisnis Manajemen SDM

Kelompok Sasara
n
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SMA
2. Peserta yang memiliki berlatar belakang dan memiliki minat di bidang sumber daya manusia
3. Peserta yang tertarik menjadi pekerja di bidang sumber daya manusia
4. Peserta yang memiliki smartphone
5. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai

Total Durasi
568 menit

Metode Pembelajaran
Self Paced Learning

Kapasitas Pelatihan
10000 Peserta

Syarat dan pendidikan lainnya
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SMA
2. Peserta yang memiliki berlatar belakang dan memiliki minat di bidang sumber daya manusia
3. Peserta yang tertarik menjadi pekerja di bidang sumber daya manusia
4. Peserta yang memiliki smartphone
5. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk meneliti pekerjaan lalu membuat deskripsi pekerjaan: Berdasarkan penelitian, buat deskripsi pekerjaan yang menguraikan tanggung jawab dan tugas utama dari posisi Perwakilan Penjualan. Setelah itu peserta diminta untuk mengIdentifikasi tugas dan keterampilan penting, dan diakhiri dengan membuat sebuah evaluasi pekerjaan.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Panduan Redeem Voucher
1. Tukarkan kode belajar dan kode redeem (prakerja) kamu di sini. Lewati langkah ini jika sudah menukar kode dan hanya dapat dilakukan untuk kelas pertama saja.
2. Setelah penukaran Kode Prakerja berhasil, akses dashboard Cakap dan masuk kelas sesi pertama
3. Setelah Verifikasi Wajah berhasil dan kehadiran terverifikasi, maka kamu dapat mengikuti pembelajaran mandiri untuk sesi pertama
4. Untuk sesi kedua dan seterusnya, sesi dapat diakses 1x24 jam setelah sesi sebelumnya selesai. Contohnya, jika sesi selesai pada 3 Desember 2023 jam 15:05 WIB maka sesi selanjutnya bisa diakses 4 Desember 2023 jam 15:05 WIB

5. Lakukan Verifikasi Wajah pada tiap sesi pembelajaran agar kamu tercatat hadir
6. Kamu hanya bisa menyelesaikan 1 sesi per hari
7. Untuk melihat cara verifikasi wajah, akses tautan berikut https://upskill.cakap.com/informasi

Kontak Lembaga Pelatihan
https://cakap.com/tentang-prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(15 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp850.000