Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Manajemen SDM Untuk Staf Sumber Daya Manusia

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Manajemen SDM Untuk Staf Sumber Daya Manusia

Oleh: Cakap -

logo-prakerja

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar kompetensi untuk menjadi seorang staff SDM yang fokus pada rekrutmen.Pelatihan ini dilaksanakan dalam moda pembelajaran mandiri (self paced learning) sesuai dengan kebutuhan COL 2018 - Manajer Sumber Daya Manusia. Tak hanya itu, Peserta akan mempelajari cara Melakukan Proses Rekrutmen, Proses Seleksi, Memberikan Rekomendasi Hasil Seleksi, Melakukan Penawaran Kerja pada Calon Pekerja, dan Mengelola Program Orientasi Kerja. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan semakin banyak peserta yang mampu mengikuti pelatihan tanpa terkendala waktu dan tempat, sehingga mereka dapat bersaing dengan SDM yang ada di kota besar di Indonesia. Pelatihan ini dirancang sesuai dengan rujukan SKKNI Nomor 149 Tahun 2020 Manajemen Sumber Daya Manusia.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) mampu menyusun uraian jabatan, melakukan analisis jabatan, analisis beban kerja dan menyusun standar operasional prosedur (SOP) MSDM, hingga melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan, dan membangun komunikasi yang efektif (B) untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, kompetitif, beretika dan patuh pada ketentuan yang berlaku (C) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan  (D).


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  • Menyusun Uraian Jabatan dan Administrasi Jaminan Sosial
  • Menginterpretasi aspek hukum, sistem penggajian, dan kompensasi
  • Mengimplementasikan Analisis Beban Kerja dan Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM
  • Menunjukkan Proses Rekrutmen dan Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu 
  • Melakukan Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan serta Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif
  • Mengimplementasikan Fasilitasi Pengelolaan Kepuasaan dan Keterlekatan Pekerja serta Memfasilitasi Penggunaan Sistem Informasi Pekerja


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Skill dan kompetensi staf SDM

Pengenalan administrasi jaminan sosial

Sistem jaminan sosial

Undang-undang ketenagakerjaan

Kewajiban pajak dan kontribusi

Informasi analisis jabatan dan membuat uraian jabatan dan spesifikasi jabatan

Aspek hukum pada ketenagakerjaan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Cermat dalam menunjukkan Skill dan kompetensi staf SDM

Cakap dalam menjelaskan sistem jaminan sosial

Teliti dalam menjelaskan undang-undang ketenagakerjaan

Akurat dalam menyampaikan informasi analisis jabatan dan membuat uraian jabatan dan spesifikasi jabatan

Tepat dalam memaparkan kewajiban pajak dan kontribusi

Terampil dalam menjelaskan aspek hukum dan ketenagakerjaan

Cakap dalam menampilkan etika dalam analisis beban kerja dan SOP


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Mengimplementasikan metode analisis jabatan

Menggunakan metode analisis beban kerja dalam merencanakan proses rekrutmen

Mengimplementasikan metode analisis kebutuhan pelatihan (Training Need Analysis)

Mengimplementasikan metodologi survey kepuasan dan keterlekatan pekerja

Melakukan identifikasi kebutuhan Sistem Informasi Pekerja sesuai dengan proses bisnis Manajemen SDM


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SMA

2. Peserta yang memiliki berlatar belakang dan memiliki minat di bidang sumber daya manusia

3. Peserta yang tertarik menjadi pekerja di bidang sumber daya manusia

4. Peserta yang memiliki smartphone

5. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai


Durasi Per Sesi

Menyusun Uraian Jabatan dan Administrasi Jaminan Sosial : 101:24 menit

Aspek Hukum, Sistem Penggajian dan Kompensasi 119:41 menit

Analisis Beban Kerja dan Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM : 91:38 menit

Melakukan Proses Rekrutmen dan Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu : 99:17 menit

Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan serta Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif : 101:30 menit

Memfasilitasi Pengelolaan Kepuasaan dan Keterlekatan Pekerja serta Memfasilitasi Penggunaan Sistem Informasi Pekerja : 56:19 menit


Total Durasi

568 menit


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning


Kapasitas Pelatihan

10000 Peserta


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk meneliti pekerjaan lalu membuat deskripsi pekerjaan: Berdasarkan penelitian, buat deskripsi pekerjaan yang menguraikan tanggung jawab dan tugas utama dari posisi Perwakilan Penjualan. Setelah itu peserta diminta untuk mengIdentifikasi tugas dan keterampilan penting, dan diakhiri dengan membuat sebuah evaluasi pekerjaan.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.

Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan : 
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.


Profil Pengajar

Kurnia Indy adalah seorang praktisi di bidang Human Resource atau di bidang pengelolaan Sumber Daya Manusia di beberapa perusahaan. Indy memulai karirnya sejak tahun 2019 dan memiliki pengalaman di industri Edutech, Pelatihan dan beberapa bilang lainnya dengan kompetensi yang bervariasi.


Panduan Redeem Voucher

1. Tukarkan kode belajar dan kode redeem (prakerja) kamu di sini. Lewati langkah ini jika sudah menukar kode dan hanya dapat dilakukan untuk kelas pertama saja.

2. Setelah penukaran Kode Prakerja berhasil, akses dashboard Cakap dan masuk kelas sesi pertama

3. Setelah Verifikasi Wajah berhasil dan kehadiran terverifikasi, maka kamu dapat mengikuti pembelajaran mandiri untuk sesi pertama

4. Untuk sesi kedua dan seterusnya, sesi dapat diakses 1x24 jam setelah sesi sebelumnya selesai. Contohnya, jika sesi selesai pada 3 Desember 2023 jam 15:05 WIB maka sesi selanjutnya bisa diakses 4 Desember 2023 jam 15:05 WIB

5. Lakukan Verifikasi Wajah pada tiap sesi pembelajaran agar kamu tercatat hadir

6. Kamu hanya bisa menyelesaikan 1 sesi per hari

7. Untuk melihat cara verifikasi wajah, akses tautan berikut https://upskill.cakap.com/informasi


Batas Waktu redem code Prakerja :

1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :

- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Luring/Offline) :

- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.


Kontak Lembaga Pelatihan

https://cakap.com/tentang-prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp850.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved