Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Melaksanakan Pengadaan dalam Rantai Pasok untuk Calon Petugas Pengadaan

Pembelajaran Mandiri

Melaksanakan Pengadaan dalam Rantai Pasok untuk Calon Petugas Pengadaan

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
1 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Supply Chain Management di suatu perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Supply chain adalah rantai yang menghubungkan perusahaan dengan supplier baik itu bahan dasar, logistik, dan lainnya. Kesuksesan suatu perusahaan salah satunya bergantung pada pelaksanaan pengadaan dalam rantai pasok. Orang yang melaksanakan pengadaan dalam rantai pasok secara efektif dan ekonomis disebut supply chain staff atau petugas pengadaan. Tanpa adanya supply chain managements, rantai yang ada akan berjalan begitu saja tanpa pertimbangan yang nantinya justru akan merugikan perusahaan. Dilansir www.finance.detik.com, supply chain management ini sangat penting dilakukan agar bisa melancarkan proses produksi dan juga pemasaran agar bisa memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Maka, kedepannya profesi di bidang supply chain akan terus diperlukan dan dicari oleh berbagai perusahaan. Hal tersebut, juga diperkuat oleh laporan The Future of Job Report 2020, profesi di bidang supply chain menempati urutan ke-6 pada Daftar Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan. Meskipun demikian, untuk menjadi seorang petugas pengadaan yang handal kini dibutuhkan beberapa kemampuan atau kompetensi di antaranya adalah mengetahui seluk beluk profesi petugas pengadaan di supply chain managements, menyusun kebutuhan dan anggaran pengadaan barang dan jasa, menyusun spesifikasi teknis, menyusun harga perkiraan, mengevaluasi dokumen penawaran dan bernegosiasi, melakukan penerimaan hasil pengadaan barang dan jasa, mengelola pengadaan. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang petugas pengadaan yang mampu untuk melaksanakan pengadaan dalam rantai pasok. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi petugas pengadaan yang mampu untuk melaksanakan pengadaan dalam rantai pasok. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai supply chain staff atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai supply chain staff.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang seluk beluk profesi petugas pengadaan di supply chain managements, menyusun kebutuhan dan anggaran pengadaan barang dan jasa, menyusun spesifikasi teknis, memilih penyedia barang dan jasa yang tepat, mengevaluasi dokumen penawaran dan bernegosiasi, melakukan penerimaan hasil pengadaan barang dan jasa serta mengelola pengadaan.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan Export Import Staff atau Supply Chain Analyst.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam Melaksanakan Pengadaan dalam Rantai Pasok untuk Calon Petugas Pengadaan dengan standar nasional (SKKNI Bidang Pengadaan Barang dan Jasa) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar supply chain management dan tugas serta tanggung jawab petugas pengadaan
2. Peserta mampu menyusun kebutuhan barang dan jasa sesuai dengan prosedur yang berlaku
3. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar spend analysis
4. Peserta mampu menerapkan konsolidasi data
5. Peserta mampu mengatasi kendala dalam mengumpulkan data dengan menunjukkan sikap tanggap 
6. Peserta mampu menjelaskan konsep spesifikasi teknis dan perkiraan harga dengan tepat
7. Peserta mampu menentukan spesifikasi teknis, perkiraan dan pembentukan harga pasar dengan menunjukkan sikap cermat dan teliti
8. Peserta mampu menguraikan kriteria dan faktor dalam mencari penyedia barang dan jasa
9. Peserta mampu menerapkan tahapan penilaian terhadap kinerja supplier dengan menunjukkan sikap akurat dan teliti
10. Peserta mampu mengatasi kesalahan dalam memilih penyedia barang dan jasa serta solusinya
11. Peserta mampu mengidentifikasi elemen dokumen tender dan dokumen penawaran
12. Peserta mampu menerapkan metode dalam mengevaluasi dokumen penawaran
13. Peserta mampu melakukan negosiasi dengan menunjukkan sikap pantang menyerah
14. Peserta mampu menguraikan jenis, syarat kontrak, dan komponen penting dalam validasi rancangan dokumen kontrak pengadaan barang dan jasa
15. Peserta mampu menjelaskan tahapan penerimaan hasil pengadaan barang dan jasa dengan tepat
16. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah pemeriksaan dan penerimaan barang dan jasa
17. Peserta mampu menjelaskan identifikasi dan klasifikasi persediaan serta konsep dasar rencana penggunaan dan rencana biaya persediaan
18. Peserta mampu menyusun rencana penggunaan dan rencana biaya persediaan dengan akurat
19. Peserta mampu menganalisis safety stock dengan menunjukkan sikap kritis dan analitis

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Definisi, peran, deskripsi tugas, dan tanggung jawab profesi petugas pengadaan di Supply Chain Managements
2. Daftar skillset dan pengetahuan petugas pengadaan
3. Tujuan, fungsi, dan hal-hal penting dalam penyusunan kebutuhan pengadaan barang dan jasa

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengimplementasikan skillset dan pengetahuan petugas pengadaan di supply chain management
2. Menyusun kebutuhan barang dan jasa
3. Menerapkan konsolidasi data dalam spend analysis

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Reflektif diri dalam mengimplementasikan skillset dan pengetahuan petugas pengadaan
2. Cermat dan teliti dalam menyusun kebutuhan barang dan jasa
3. Strategis dalam menerapkan konsolidasi data dalam spend analysis

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 
1. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang pengadaan barang dan jasa
2. Peserta yang memiliki latar belakang Manajemen Rantai Pasok/Supply Chain
3. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet
4. Peserta dengan minimal jenjang pendidikan S1

Durasi Per Sesi
TOPIK 1 Mengenal Profesi Petugas Pengadaan di Supply Chain Management : 57 Menit 52 detik
TOPIK 2 Menyusun Kebutuhan Pengadaan Barang dan Jasa : 80 Menit 50 detik
TOPIK 3 Menyusun Spesifikasi Teknis dan Perkiraan Harga ; 84 Menit 37 detik
TOPIK 4 Memilih Penyedia Jasa yang Tepat : 70 Menit 39 detik
TOPIK 5 Mengevaluasi Dokumen Penawaran dan Bernegosiasi : 127 Menit 56 detik
TOPIK 6 Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa : 50 Menit 4 detik
TOPIK 7 Mengelola Pengadaan : 85 Menit 44 detik

Total Durasi
557 Menit 42 detik

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari :
Jum’at pukul 16.00-17.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Cornelia Hariyanto
Cornelia Hariyanto adalah seorang yang bergelut Supply Chain Managements dengan pengalaman selama lebih dari lima tahun. Cornelia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada di Jurusan Teknik Sipil, kemudian melanjutkan ke Curtin Business School jurusan Logistic in Supply Chain Managements, dan di Universitas Gadjah Mada jurusan Sistem dan Rekayasa Transportasi. Cornelia memulai karir sebagai Supply Chain Managements Trainee di PT Nestle, kemudian menjadi Supply Chain Senior Manager hingga Supply Chain Vice President di PT Bungasari Flour Mills. Cornelia bertanggung jawab dalam mengelola dan memastikan keseluruhan rantai pasok berjalan dengan baik.

Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, klik tombol menu "Upskill"
4. Klik tulisan "Redeem"
5. Masukan kode voucher dan klik "redeem"

Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp149.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved