Webinar
Melakukan Aktivitas Rekrutmen untuk Staf Rekrutmen
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang handal dalam bidangnya untuk menggerakkan operasional perusahaan. Seorang perekrut yang ideal dapat melakukan seleksi terhadap beberapa kandidat, melakukan analisis, melakukan wawancara, dan akhirnya memberikan surat kontrak serta mengatur orientasi kerja. Jika seorang perekrut mampu menyeleksi kandidat sesuai dengan kriteria yang diminta, hal ini akan berdampak positif pada produktivitas perusahaan.
Dengan pemahaman menyeluruh tentang proses rekrutmen, setiap individu dapat menunjukkan kinerja kerja terbaiknya, yang menjadi dasar bagi pelaksanaan pelatihan dasar yang efektif. Pelatihan ini ditujukan bagi masyarakat umum yang memiliki keterbatasan dalam sumber daya untuk memahami lebih lanjut mengenai peran perekrutan dan memiliki minat untuk berkarir di bidang ini.
Oleh karena itu Cerdas Cermat menyelenggarakan pelatihan ini bagi masyarakat umum yang memiliki keterbatasan sarana untuk belajar lebih mengenai staf perekrutan dan memiliki ketertarikan untuk berkarir di bidang ini.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menetapkan kandidat karyawan baru dengan menganalisa dan mempertimbangkan hasil wawancara, pengalaman dan waktu rekrutmen kandidat dari internal dan eksternal perusahaan (B) untuk merekrut karyawan (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Peserta mampu mengidentifikasi aktivitas rekrutmen
2. Peserta mampu menyusun rancangan proses rekrutmen
3. Peserta mampu melakukan aktivitas mencari kandidat
4. Peserta mampu menerapkan proses rekrutmen
5. Peserta mampu melakukan penawaran kerja
6. Peserta mampu melakukan orientasi kerja
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Jenis-jenis HR rekrutmen
- Tujuan aktivitas rekrutmen
- Perbedaan human resource dan staf perekrutan
- Tugas Human Resource dengan Staf Perekrutan
- Perbedaan internal hiring dan eksternal hiring
- Kebutuhan perusahaan dalam proses rekrutmen
- Penyusunan uraian pekerjaan untuk proses rekrutmen
- Penyusunan rencana iklan pekerjaan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merespon pertanyaan dan penjelasan dari pelatih mengenai pengenalan dasar profesi staf rekrutmen dengan antusias
- Menjelaskan tata acara penyusunan program orientasi kerja sesuai SOP perusahaan
- Mengikuti arahan pelatih dalam demonstrasi yang diinstruksikan olehnya
- Menunjukkan hasil diskusi publikasi suatu iklan pekerjaan
- Menjelaskan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
- Memproses langkah-langkah dalam sourcing candidates
- Memproses tahapan screening dan interview yang optimal
- Bereaksi atas suatu permasalahan yang disajikan oleh pelatih mengenai tahapan screening dan interview
- Menunjukkan teknik negosiasi dengan calon pekerja
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Detail
- Percaya diri
- Tepat
- Antusias
- Cermat
- Teliti
- Informatif
- Analitis
- Tegas
Kelompok Sasaran
2. Minat peserta tertuju pada pada sumber daya manusia (SDM), proses rekrutmen dan seleksi karyawan, analisis bakat, serta pemahaman mendalam terkait kebutuhan dan dinamika organisasi.
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan
Durasi Per Sesi
1. Pengertian Aktivitas Rekrutmen 180 menit
2. Dasar Menyusun Proses Rekrutmen dan Dasar Aktivitas Mencari Kandidat 180 menit
3. Menerapkan Proses Rekrutmen 180 menit
4. Melaksanakan Penawaran Kerja (1/2) 180 menit
5. Melaksanakan Penawaran Kerja (2/2) dan Melakukan Orientasi Kerja 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan menganalisis hasil wawancara, negosiasi, pengalaman kandidat dan kebutuhan perusahaan untuk menentukan kandidat terbaik yang akan lanjut ke tahap rekrutmen selanjutnya.Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
05-02-2024 s.d. 09-02-2024,
12-02-2024 s.d. 16-02-2024,
19-02-2024 s.d. 23-02-2024,
26-02-2024 s.d. 01-03-2024
04-03-2024 s.d. 08-03-2024,
11-03-2024 s.d. 15-03-2024,
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
25-03-2024 s.d. 29-03-2024
01-04-2024 s.d. 05-04-2024,
08-04-2024 s.d. 12-04-2024,
15-04-2024 s.d. 19-04-2024,
22-04-2024 s.d. 26-04-2024
Profil Pengajar
1. Baquandi Lutvi Yoseanto, seorang profesional di bidang Human Resource dengan pengalaman lebih dari 12 tahun. Baquandi konsisten sebagai practitioner HR dengan kemampuan implementasi strategi HR dan HC yang efektif untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan
2. Ahmad Fuady, seorang profesional di bidang Human Capital dan HR Consultant dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Fuady konsisten sebagai practitioner HR dengan kemampuan implementasi strategi HR dan HC yang efektif untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan
Kontak Lembaga Pelatihan
081292540956
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
.png)
Rp1.500.000