Webinar
Melakukan Pelayanan Pelanggan untuk Pramuniaga
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Penjaga Toko
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar meningkatkan penjualan dengan memberikan layanan terbaik, mengelola keluhan pelanggan, melakukan komunikasi aktif dengan pelanggan, dasar mengkoordinasikan layanan pelanggan dan menerapkan standar kerja dalam lingkungan ritel.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti merekomendasikan produk, menangani keluhan pelanggan, membuat narasi komunikasi ke pelanggan, membuat email koordinasi dengan tim dan melakukan pelayanan pelanggan.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan pelayanan ritel, melakukan mengelola keluhan pelanggan, menerapkan teknik komunikasi kepada pelanggan, mengkoordinasikan layanan pelanggan dan melakukan standar kerja ritel sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang pegawai ritel yang kompeten
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu membuat narasi komunikasi (B) untuk melayani pelanggan ritel (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu melakukan pelayanan ritel untuk meningkatkan penjualan
Peserta mampu melakukan aktivitas mengelola keluhan pelanggan
Peserta mampu melakukan teknik komunikasi kepada pelanggan
Peserta mampu melakukan pengkoordinasian layanan pelanggan
Peserta mampu melakukan standar kerja ritel
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pelayanan Pelanggan Bagi Pramuniaga
Manfaat Memberikan Pelayanan Terbaik
Langkah Meningkatkan Penjualan Dengan Memberikan Pelayanan Terbaik
Etika Dalam Memberikan Pelayanan
Teknik Komunikasi Dalam Memberikan Pelayanan
Peran Teknologi Dalam Memberikan Pelayanan Maksimal
Pengertian Keluhan dan Ketidakpuasan Pelanggan
Langkah Menangani Keluhan dan Ketidakpuasan Pelanggan
Manfaat Menangani Keluhan dan Ketidakpuasan Pelanggan
Media Untuk Menerima Keluhan Pelanggan
Prosedur Pengembalian Uang atau Refund
Media Untuk Menerima Keluhan Pelanggan
Komunikasi Aktif dengan Pelanggan
Manfaat Komunikasi Aktif dengan Pelanggan
Teknik Komunikasi Aktif dengan Pelanggan
Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Melatih Komunikasi Non Verbal
Teknologi Untuk Membantu Komunikasi
Mengkoordinasikan Layanan Pelanggan dalam Lingkungan Ritel
Langkah Mengkoordinasikan Layanan Pelanggan
Cara Praktis Mengkoordinasikan Layanan Pelanggan
Fungsi Kerjasama Team Mengkoordinasikan Layanan Pelanggan
Jenis Pelayanan Pelanggan
Keterampilan Penjualan
Standar Kerja dalam Lingkungan Ritel
Langkah Menerapkan Standar Kerja
Aspek Standar Jadwal Kerja
Mengevaluasi Kinerja
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melakukan aktivitas mengembangkan pengetahuan produk dengan tepat
Melakukan aktivitas pelayanan ritel ke pelanggan
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik berkomunikasi aktif dengan pelanggan
Mendemonstrasikan teknik standar kerja ritel
Menerapkan teknik pelayanan terbaik dalam gerai untuk meningkatkan jumlah transaksi pelanggan
Menganalisa permasalahan yang disajikan dengan argumen yang jelas dan analitis
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Detail dalam mengkoordinasikan layanan pelanggan dalam gerai
Percaya diri dalam berkomunikasi dengan pelanggan
Tepat dalam merekomendasikan produk untuk pelanggan
Memiliki sikap antusias saat memberikan informasi kepada pelanggan
Cermat dalam mengelola keluhan pelanggan
Teliti dalam menerapkan standar kerja ritel
Bersikap informatif dalam memberikan pelayanan terbaik
Analitis dalam menggali kebutuhan pelanggan
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SD
Syarat dan Ketentuan lainnya
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada penerapan teknik komunikasi ritel
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Total Durasi
900 Menitt
Durasi Pelatihan Per Sesi
Sesi 1. Dasar Meningkatkan Penjualan dengan Memberikan Pelayanan Terbaik : 180 menot
Sesi 2. Mengelola Keluhan dan Ketidakpuasan Pelanggan : 180 menot
Sesi 3. Melakukan Komunikasi Aktif dengan Pelanggan : 180 menot
Sesi 4. Dasar Mengkoordinasikan Layanan Pelanggan dalam Lingkungan Ritel : 180 menot
Sesi 5. Menerapkan Standar Kerja dalam Lingkungan Ritel : 180 menot
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan mendemonstrasikan keterampilan melayani pelanggan di gerai sepeda dengan memberikan rekomendasi produk dan mengatasi permintaan refund. Unjuk keterampilan wajib dikumpulkan 3x24 jam setelah instruksi diberikan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Nawang Artantri adalah seorang profesional administrasi dan operasional gerai yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di perusahaan finansial dan edutainment ternama seperti BCA, Kidzania dan Timezone.
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000