Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Melakukan Perawatan dan Instalasi Software serta Hardware bagi Calon Teknisi Jaringan dan Sistem Komputer

Pembelajaran Mandiri

Melakukan Perawatan dan Instalasi Software serta Hardware bagi Calon Teknisi Jaringan dan Sistem Komputer

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
1 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diambil?

Di era globalisasi, penggunaan dan perkembangan teknologi menjadi semakin pesat. Kemajuan teknologi ini, dimanfaatkan setiap perusahaan berlomba-lomba untuk melakukan digitalisasi agar proses bisnisnya lebih efisien dan efektif namun mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga, banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang memiliki kemampuan di bidang IT. Salah satu profesi yang dibutuhkan adalah IT Support. Seperti namanya, IT support adalah orang yang berperan membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan.

Kesuksesan perusahaan yang melakukan digitalisasi tidak terlepas dari pelaksanaan dan pemeliharaan jaringan dan sistem. Dilansir dari www.detik.com pemeliharaan dan perawatan jaringan serta sistem adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan dan industri yang menggunakan teknologi informasi dan alat khusus untuk bekerja, karena kegiatan tersebut berguna untuk menjaga daya tahan alat yang digunakan tidak akan mudah rusak dan bermasalah sehingga pihak perusahaan bisa mengurangi pengeluaran biaya. Sehingga, profesi IT Support akan terus dicari dan dibutuhkan perusahaan. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang IT Support yang mampu untuk membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi, serta studi kasus dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah- langkah menjadi IT Support yang mampu untuk mendukung pengoperasian jaringan dan sistem komputer. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai IT Support atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai IT Support.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang cara mengidentifikasi dan merawat perangkat hardware dan software, pengamanan sistem operasi, pencadangan dan pemulihan data, mengenal dan menentukan spesifikasi perangkat jaringan, memasang perangkat jaringan ke dalam sistem jaringan, merancang keamanan jaringan (mikrotik), serta melakukan backup dan restore konfigurasi perangkat jaringan (mikrotik).

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan network support, technical support, dan computer system analyst.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam melakukan perawatan dan instalasi software serta hardware sebagai teknisi jaringan dan sistem komputer dengan standar nasional (SKKNI Bidang Computer Technical Support) sesuai prosedur yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu menyatakan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis hardware.

2. Peserta mampu menjelaskan bagian-bagian hardware (laptop) serta pengetahuan dasar, jenis, dan bagian-bagian dari printer

3. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah untuk melakukan upgrade memory dan storage dengan menunjukkan sikap terampil

4. Peserta mampu menjelaskan definisi, fungsi, dan macam-macam software

5. Peserta mampu melakukan instalasi software (printer driver), instalasi sistem operasi dan software aplikasi, serta mampu menerapkan langkah-langkah untuk remove software aplikasi

6. Peserta mampu membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk

7. Peserta mampu menunjukkan sikap terampil dan teliti dalam membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk, melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi dan menerapkan langkah- langkah untuk remove software aplikasi

8. Peserta mampu menjelaskan pentingnya merawat hardware dan software

9. Peserta mampu bersikap terampil dalam merawat Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang dan melakukan penggantian catridge printer

10. Peserta mampu menyatakan definisi, jenis, fungsi, manfaat, dan cara kerja Firewall

11. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar tentang pencadangan dan pemulihan data

12. Peserta mampu mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10 secara teliti

13. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive dengan cermat

14. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar, jenis, topologi, hardware, media transmisi, dan

pengalamatan jaringan/IP Address (Static dan DHCP)

15. Peserta mampu menyatakan definisi, fungsi, dan perbedaan antara Switch dan Hub serta Access Point dan Router

16. Peserta mampu melakukan konfigurasi static dan DHCP IP serta mampu menerapkan langkah- langkah untuk setting dasar Access Point dan Router dengan teliti dan cermat

17. Peserta mampu mampu menyebutkan alat dan bahan untuk pemasangan jaringan

18. Peserta mampu mengidentifikasi kesulitan dan kesalahan yang dapat terjadi pada pemasangan perangkat jaringan serta mampu menanganinya

19. Peserta mampu memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan memasang jaringan nirkabel dengan menunjukkan sikap detail dan teliti

20. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan tentang pengamanan mikrotik dasar

21. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dan akurat dalam menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar dan melakukan filter sederhana Drop Suspect Port

22. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar dan perbedaan antara backup dan restore

23. Peserta mampu mengidentifikasi prosedur dalam melakukan backup dan restore

24. Peserta mampu melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router serta mampu menangani kesalahan yang dapat terjadi dengan teliti


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Hardware

2. Langkah-Langkah Upgrade Memory dan Storage

3. Pengetahuan Dasar, Jenis, dan Bagian- Bagian Printer

4. Definisi, Fungsi, Macam-Macam Software

5. Cara Instalasi Software (Printer Driver)

6. Cara Membuat Bootable Windows 10 dengan Flashdisk

7. Cara Instalasi Sistem Operasi dan Software Aplikasi

8. Langkah-Langkah untuk Remove Software Aplikasi

9. Pentingnya Merawat Hardware dan Software

10. Perawatan Processor/CPU, Memory/RAM, Storage, Sistem Operasi, Aplikasi Penunjang dan Penggantian Catridge Printer

11. Definisi, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja Firewall

12. Pengetahuan Dasar Pencadangan dan Pemulihan Data

13. Konsep Dasar, Jenis, Topologi, Hardware, Media Transmisi, dan Pengalamatan Jaringan/IP Address (Static dan DHCP)

14. Definisi, Fungsi, dan Perbedaan antara Switch dan Hub

15. Definisi, Fungsi, dan Perbedaan antara Access Point dan Router

16. Alat dan Bahan untuk Pemasangan Jaringan

17. Kesulitan dan Kesalahan yang Dapat Terjadi pada Pemasangan Perangkat Jaringan

18. Pengetahuan tentang Pengamanan Mikrotik Dasar

19. Pengetahuan Dasar dan Perbedaan Backup dan Restore

20. Prosedur dan Cara Menangani Kesalahan saat Melakukan Backup dan Restore


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Menerapkan langkah-langkah untuk melakukan upgrade memory dan storage

2. Membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk

3. Melakukan instalasi software driver printer

4. Melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi

5. Menerapkan langkah-langkah untuk remove software aplikasi

6. Menerapkan langkah-langkah perawatan hardware maupun software

7. Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang

8. Melakukan penggantian printer cartridge

9. Mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10

10. Menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive

11. Melakukan konfigurasi static dan DHCP IP

12. Menerapkan langkah-langkah untuk setting dasar Access Point dan Router

13. Menyiapkan kabel jaringan, Memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan Memasang jaringan nirkabel

14. Menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar

15. Melakukan filter sederhana Drop Suspect Port

16. Melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Terampil dalam melakukan upgrade memory dan storage

2. Terampil dan teliti untuk membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk, melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi 

3. Terampil dalam merawat Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang dan dalam melakukan penggantian catridge printer

4. Teliti dalam mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10

5. Cermat dalam menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive

6. Teliti dan cermat dalam melakukan konfigurasi static dan DHCP IP serta dalam menerapkan langkah-langkah untuk setting dasar Access Point dan Router

7. Detail dan teliti dalam menyiapkan kabel jaringan, memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan memasang jaringan nirkabel

8. Teliti dan akurat dalam menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar dan melakukan filter sederhana Drop Suspect Port

9. Teliti dalam melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router


Kelompok Sasaran

1. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang IT

2. Peserta yang memiliki latar belakang teknologi informasi dan komputer

3. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

4. Peserta yang memiliki minimal pendidikan SMA/SMK Sederajat


Durasi Per Sesi

TOPIK 1: Mengidentifikasi Perangkat Hardware (Laptop & Printer) (63:28 menit)

TOPIK 2: Mengidentifikasi Software (49:4 menit)

TOPIK 3: Menerapkan Perawatan Hardware dan Software (51:19 menit)

TOPIK 4: Pengamanan Sistem Operasi, Pencadangan, dan Pemulihan Data (38:49 menit)

TOPIK 5: Mengenal dan Menentukan Spesifikasi Perangkat Jaringan (48:52 menit)

TOPIK 6: Memasang Perangkat Jaringan ke dalam Sistem Jaringan (50:49 menit)

TOPIK 7: Merancang Keamanan Jaringan (Mikrotik) (18:24 menit)

TOPIK 8: Melakukan Backup dan Restore Konfigurasi Perangkat Jaringan (Mikrotik) (48:35 menit)


Total Durasi
369:20 Menit


Kapasitas Peserta
Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari Selasa Pukul 09:00 - 10:00


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Dirgawan Aryakusuma

Dirgawan Aryakusuma adalah seorang IT Support dengan pengalaman selama lebih dari empat tahun. Sejak tahun 2017, Ia telah menjadi IT Support di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) hingga tahun 2019. Pada tahun berikutnya hingga kini, Ia menjadi IT Support di PT Global Tiket Network (Tiket.com). Ia bertanggung jawab atas untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap hardware, software, dan pengembangan sistem jaringan. Dirga menyelesaikan pendidikannya di Universitas Telkom jurusan Teknik Komputer pada tahun 2017.


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp150.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved