Melakukan Perawatan dan Instalasi Software serta Hardware bagi Calon Teknisi Jaringan dan Sistem Komputer
Pembelajaran Mandiri
Melakukan Perawatan dan Instalasi Software serta Hardware bagi Calon Teknisi Jaringan dan Sistem Komputer
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Di era globalisasi, penggunaan dan perkembangan teknologi menjadi semakin pesat. Kemajuan teknologi ini, dimanfaatkan setiap perusahaan berlomba-lomba untuk melakukan digitalisasi agar proses bisnisnya lebih efisien dan efektif namun mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga, banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang memiliki kemampuan di bidang IT. Salah satu profesi yang dibutuhkan adalah IT Support. Seperti namanya, IT support adalah orang yang berperan membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan.
Kesuksesan perusahaan yang melakukan digitalisasi tidak terlepas dari pelaksanaan dan pemeliharaan jaringan dan sistem. Dilansir dari www.detik.com pemeliharaan dan perawatan jaringan serta sistem adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan dan industri yang menggunakan teknologi informasi dan alat khusus untuk bekerja, karena kegiatan tersebut berguna untuk menjaga daya tahan alat yang digunakan tidak akan mudah rusak dan bermasalah sehingga pihak perusahaan bisa mengurangi pengeluaran biaya. Sehingga, profesi IT Support akan terus dicari dan dibutuhkan perusahaan. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang IT Support yang mampu untuk membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi, serta studi kasus dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah- langkah menjadi IT Support yang mampu untuk mendukung pengoperasian jaringan dan sistem komputer. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai IT Support atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai IT Support.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang cara mengidentifikasi dan merawat perangkat hardware dan software, pengamanan sistem operasi, pencadangan dan pemulihan data, mengenal dan menentukan spesifikasi perangkat jaringan, memasang perangkat jaringan ke dalam sistem jaringan, merancang keamanan jaringan (mikrotik), serta melakukan backup dan restore konfigurasi perangkat jaringan (mikrotik).
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan network support, technical support, dan computer system analyst.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam melakukan perawatan dan instalasi software serta hardware sebagai teknisi jaringan dan sistem komputer dengan standar nasional (SKKNI Bidang Computer Technical Support) sesuai prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menyatakan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis hardware.
2. Peserta mampu menjelaskan bagian-bagian hardware (laptop) serta pengetahuan dasar, jenis, dan bagian-bagian dari printer
3. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah untuk melakukan upgrade memory dan storage dengan menunjukkan sikap terampil
4. Peserta mampu menjelaskan definisi, fungsi, dan macam-macam software
5. Peserta mampu melakukan instalasi software (printer driver), instalasi sistem operasi dan software aplikasi, serta mampu menerapkan langkah-langkah untuk remove software aplikasi
6. Peserta mampu membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk
7. Peserta mampu menunjukkan sikap terampil dan teliti dalam membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk, melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi dan menerapkan langkah- langkah untuk remove software aplikasi
8. Peserta mampu menjelaskan pentingnya merawat hardware dan software
9. Peserta mampu bersikap terampil dalam merawat Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang dan melakukan penggantian catridge printer
10. Peserta mampu menyatakan definisi, jenis, fungsi, manfaat, dan cara kerja Firewall
11. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar tentang pencadangan dan pemulihan data
12. Peserta mampu mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10 secara teliti
13. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive dengan cermat
14. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar, jenis, topologi, hardware, media transmisi, dan
pengalamatan jaringan/IP Address (Static dan DHCP)
15. Peserta mampu menyatakan definisi, fungsi, dan perbedaan antara Switch dan Hub serta Access Point dan Router
16. Peserta mampu melakukan konfigurasi static dan DHCP IP serta mampu menerapkan langkah- langkah untuk setting dasar Access Point dan Router dengan teliti dan cermat
17. Peserta mampu mampu menyebutkan alat dan bahan untuk pemasangan jaringan
18. Peserta mampu mengidentifikasi kesulitan dan kesalahan yang dapat terjadi pada pemasangan perangkat jaringan serta mampu menanganinya
19. Peserta mampu memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan memasang jaringan nirkabel dengan menunjukkan sikap detail dan teliti
20. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan tentang pengamanan mikrotik dasar
21. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dan akurat dalam menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar dan melakukan filter sederhana Drop Suspect Port
22. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar dan perbedaan antara backup dan restore
23. Peserta mampu mengidentifikasi prosedur dalam melakukan backup dan restore
24. Peserta mampu melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router serta mampu menangani kesalahan yang dapat terjadi dengan teliti
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Hardware
2. Langkah-Langkah Upgrade Memory dan Storage
3. Pengetahuan Dasar, Jenis, dan Bagian- Bagian Printer
4. Definisi, Fungsi, Macam-Macam Software
5. Cara Instalasi Software (Printer Driver)
6. Cara Membuat Bootable Windows 10 dengan Flashdisk
7. Cara Instalasi Sistem Operasi dan Software Aplikasi
8. Langkah-Langkah untuk Remove Software Aplikasi
9. Pentingnya Merawat Hardware dan Software
10. Perawatan Processor/CPU, Memory/RAM, Storage, Sistem Operasi, Aplikasi Penunjang dan Penggantian Catridge Printer
11. Definisi, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja Firewall
12. Pengetahuan Dasar Pencadangan dan Pemulihan Data
13. Konsep Dasar, Jenis, Topologi, Hardware, Media Transmisi, dan Pengalamatan Jaringan/IP Address (Static dan DHCP)
14. Definisi, Fungsi, dan Perbedaan antara Switch dan Hub
15. Definisi, Fungsi, dan Perbedaan antara Access Point dan Router
16. Alat dan Bahan untuk Pemasangan Jaringan
17. Kesulitan dan Kesalahan yang Dapat Terjadi pada Pemasangan Perangkat Jaringan
18. Pengetahuan tentang Pengamanan Mikrotik Dasar
19. Pengetahuan Dasar dan Perbedaan Backup dan Restore
20. Prosedur dan Cara Menangani Kesalahan saat Melakukan Backup dan Restore
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menerapkan langkah-langkah untuk melakukan upgrade memory dan storage
2. Membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk
3. Melakukan instalasi software driver printer
4. Melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi
5. Menerapkan langkah-langkah untuk remove software aplikasi
6. Menerapkan langkah-langkah perawatan hardware maupun software
7. Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang
8. Melakukan penggantian printer cartridge
9. Mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10
10. Menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive
11. Melakukan konfigurasi static dan DHCP IP
12. Menerapkan langkah-langkah untuk setting dasar Access Point dan Router
13. Menyiapkan kabel jaringan, Memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan Memasang jaringan nirkabel
14. Menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar
15. Melakukan filter sederhana Drop Suspect Port
16. Melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Terampil dalam melakukan upgrade memory dan storage
2. Terampil dan teliti untuk membuat bootable Windows 10 dengan flashdisk, melakukan instalasi sistem operasi dan software aplikasi
3. Terampil dalam merawat Processor/CPU, Memory/RAM, storage, sistem operasi, aplikasi penunjang dan dalam melakukan penggantian catridge printer
4. Teliti dalam mengaktifkan Firewall dan enkripsi data (Bitlocker) Windows 10
5. Cermat dalam menerapkan langkah-langkah pencadangan dan pemulihan Windows 10 serta sinkronisasi menggunakan Google Drive
6. Teliti dan cermat dalam melakukan konfigurasi static dan DHCP IP serta dalam menerapkan langkah-langkah untuk setting dasar Access Point dan Router
7. Detail dan teliti dalam menyiapkan kabel jaringan, memasang perangkat jaringan ke sistem dalam jaringan, dan memasang jaringan nirkabel
8. Teliti dan akurat dalam menerapkan langkah-langkah pengamanan mikrotik dasar dan melakukan filter sederhana Drop Suspect Port
9. Teliti dalam melakukan backup dan restore sistem konfigurasi router
Kelompok Sasaran
1. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang IT
2. Peserta yang memiliki latar belakang teknologi informasi dan komputer
3. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet
4. Peserta yang memiliki minimal pendidikan SMA/SMK Sederajat
Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Mengidentifikasi Perangkat Hardware (Laptop & Printer) (63:28 menit)
TOPIK 2: Mengidentifikasi Software (49:4 menit)
TOPIK 3: Menerapkan Perawatan Hardware dan Software (51:19 menit)
TOPIK 4: Pengamanan Sistem Operasi, Pencadangan, dan Pemulihan Data (38:49 menit)
TOPIK 5: Mengenal dan Menentukan Spesifikasi Perangkat Jaringan (48:52 menit)
TOPIK 6: Memasang Perangkat Jaringan ke dalam Sistem Jaringan (50:49 menit)
TOPIK 7: Merancang Keamanan Jaringan (Mikrotik) (18:24 menit)
TOPIK 8: Melakukan Backup dan Restore Konfigurasi Perangkat Jaringan (Mikrotik) (48:35 menit)
Total Durasi
369:20 Menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari Selasa Pukul 09:00 - 10:00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Dirgawan Aryakusuma
Dirgawan Aryakusuma adalah seorang IT Support dengan pengalaman selama lebih dari empat tahun. Sejak tahun 2017, Ia telah menjadi IT Support di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) hingga tahun 2019. Pada tahun berikutnya hingga kini, Ia menjadi IT Support di PT Global Tiket Network (Tiket.com). Ia bertanggung jawab atas untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap hardware, software, dan pengembangan sistem jaringan. Dirga menyelesaikan pendidikannya di Universitas Telkom jurusan Teknik Komputer pada tahun 2017.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Thnkps://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp150.000