Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Melakukan Tugas Penunjang Administratif untuk Menjadi Sekretaris

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Melakukan Tugas Penunjang Administratif untuk Menjadi Sekretaris

Oleh: STUDiLMU -

Pelatihan di STUDiLMU -

0

4.9(1K)
1289 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Sekretaris yang turut membantu kegiatan administrasi di dalam perusahaan merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari di Indonesia. Dilansir oleh Prakerja.go.id, pada Mei 2021, kategori pekerjaan administrasi masuk ke dalam 10 besar pekerjaan yang dicari di Indonesia. Peran sekretaris sangatlah penting dalam mengatur jadwal dan kelancaran proses kerja di dalam perusahaan. Tanpa sekretaris, bisa jadi akan ada banyak jadwal yang saling berbenturan dan akhirnya menghambat alur kerja yang ada di perusahaan.
Dalam course ini, Anda akan belajar pengetahuan, sikap kerja, dan keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang sekretaris yang berhasil memajukan perusahaan, di antaranya: deskripsi kerja, sikap kerja yang perlu dikembangkan, keterampilan korespondensi, keterampilan komputer, hingga keterampilan mengelola jadwal dan formulir adminstrasi yang akan mendukung kemajuan perusahaan.

Tujuan Umum Pelatihan
Tujuan umum dari course ini adalah peserta mampu melakukan berbagai tugas penunjang administratif sesuai standar kerja yang berlaku di perusahaan sebagai seorang sekretaris.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Menyebutkan deskripsi kerja sekretaris
2. Menyebutkan sikap kerja yang perlu dikembangkan oleh sekretaris
3. Menjelaskan rencana pengembangan sikap kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan
4. Menjelaskan komponen dalam pembuatan surat resmi
5. Membuat surat resmi
6. Menjelaskan teknik membuat catatan atau notulensi dikte rapat yang efektif
7. Melakukan pengecekan dokumen dengan teliti sesuai standar perusahaan
8. Menjelaskan teknik membuat dokumen elektronik dengan komputer menggunakan Microsoft Word
9. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data administratif
10. Menggunakan functions untuk mengolah dan mengoreksi data teks pada Microsoft Excel
11. Menjelaskan teknik membalas/mengirimkan email secara profesional
12. Mengatur jadwal dan pertemuan secara rutin
13. Menjelaskan teknik mengatur pertemuan melalui telepon secara profesional
14. Menjelaskan teknik menyaring dan mencatat hak cuti karyawan
15. Menjelaskan teknik mengorganisasi dokumen dan pengarsipan secara sistematis
16. Menjelaskan teknik menyortir surat/email yang masuk secara tekun dengan

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Deskripsi kerja sekretaris (materi “Sekilas Tentang Profesi Sekretaris”)
2. Sikap kerja yang perlu dikembangakan oleh sekretaris (materi “ Sikap Kerja Sekretaris yang Dapat Memajukan Perusahaan”)
3. Rencana pengembangan sikap kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan (materi “ Sikap Kerja Sekretaris yang Dapat Memajukan Perusahaan”)
4. Komponen dalam pembuatan surat resmi (materi “Membuat Surat Resmi”)
5. Teknik membuat catatan atau notulensi dikte rapat yang efektif (materi “Menjadi Notulen Rapat”)
6. Teknik membuat dokumen elektronik dengan computer menggunakan ms. Word (materi “Keterampilan Menggunakan Komputer (Ms. Word)”)
7. Teknik membalas/mengirimkan email secara professional (materi “menerima dan Membalas Email”)
8. Mengatur jadwal dan pertemuan secara rutin (materi “Mengatur Jadwal”)
9. Teknik mengatur pertemuan melalui telepon secara professional (materi “Mengelola Pertemuan melalui Telepon secara Profesional”)
10. Teknik menyaring dan mencatat hak cuti karyawan (materi “Mengelola Formulir Administrasi”) 
11. Teknik mengorganisasi dokumen dan pengarsipan secara sistematis (materi “Mengarsipkan Dokumen”)
12. Teknik menyortir surat/email yang masuk secara tekun dengan (materi “Mengarsipkan Dokumen”)

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Membuat surat resmi (materi “Membuat Surat Resmi”)
2. Melakukan pengecekan dokumen secara teliti sesuai standar perusahaan (materi “Memeriksa Dokumen”)
3. Menggunakan ms. Excel untuk mengolah data administrative (materi “Keterampilan Menggunakan Komputer (Ms.Excel)”)
4. Menggunakan functions untuk mengolah dan mengoreksi data teks pada ms. Excel (materi “Jenis-jenis Functions pada Ms.Excel

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Disiplin (materi "Sikap Kerja Sekretaris yang Dapat Memajukan Perusahaan")
2. Teliti (materi “Mengarsipkan Dokumen”)
3. Tekun (materi “Sikap Kerja Sekretaris yang Dapat Memajukan Perusahaan”)

Kelompok Sasaran
1. Profesi sekretaris dari berbagai kalangan industri
2. Setiap orang yang ingin mengembangkan keterampilan administratifnya
3. Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara


Durasi Per Sesi
Section 1: Mengenal Profesi Sekretaris (67 menit)
Section 2: Memformat dan Menyalin Surat-menyurat (35 menit)
Section 3: Membuat Laporan Dikte dan Memeriksa Dokumen (49 menit)
Section 4: Mencatat Dokumen Elektronik Menggunakan Komputer (182 menit)
Section 5: Menggunakan Spreadsheet (Microsoft Excel) dalam Mengolah Data Administratif (202 menit)
Section 6: Mengelola Jadwal dan Pertemuan serta Menangani Email Masuk dan Keluar (95 menit)
Section 7: Menyiapkan Rapat secara Efektif (156 menit)
Section 8: Menyaring dan Mengarsip Formulir Administrasi (50 menit)


Total Durasi
395 Menit

Profil Pengajar
Alberto Christopher, S.T.
Dengan latar belakang pendidikan chemical engineer dari  Universitas Indonesia ini, Berto adalah sosok yang aktif dan  senang berkomunikasi. Semasa studi pun, Berto sudah aktif berbagi ilmu yang dimilikinya bersama para dosen di  kampusnya. Tidak hanya itu, Berto juga sering membawakan acara pada beberapa event team building. Pengalamannya mengajar di depan kelas dan memimpin berbagai event team  building membawa Berto untuk berkecimpung di bidang  training and people development. Mengawali karirnya sebelum bergabung di Studilmu BusinessGrowth, Berto merupakan seorang leader pada lini produksi di PT CS2 Pola  Sehat (Orang Tua Group). Tidak hanya berkutat dengan data dan laporan, pengalamannya sebagai leader pada lini  produksi membuat Berto terbiasa untuk berkomunikasi  dengan berbagai macam karyawan dan cukup familiar  dengan kondisi lapangan. Semasa kerjanya pun Berto telah  mengikuti berbagai macam pembelajaran leadership. Sebagai fasilitator Studilmu BusinessGrowth, Berto telah  berpengalaman melayani berbagai kelas dengan  perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berto dikenal  sebagai fasilitator yang energik dan lugas dalam  memfasilitasi pembelajaran peserta di kelas melalui  pengalaman-pengalaman yang pernah beliau jalani.

Kapasitas Peserta
Unlimited

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Rabu, 16.00 – 17.00

Penukaran Kode Voucher
1. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS dan dapat juga  Kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com
2. Pilih Program "Prakerja" lalu “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun STUDiLMU atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun STUDiLMU
3. Kemudian silakan Anda isi formulir pendaftaran tersebut dengan data Anda. Setelah data berhasil di lengkapi, Silakan klik "Kirim Pendaftaran"
4. Setelah penukaran berhasil, kursus Anda berada di halaman depan atau klik "Kursus Saya" untuk memulai pelatihan
5. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021

Syarat dan Ketentuan
1. Tidak ada batas maksimal jumlah pembelian voucher.
2. Voucher dapat ditukarkan di Aplikasi dengan cara  download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS
3. Atau dapat juga kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com/voucher (untuk pendaftaran awal) dan https://pelatihanprakerja.studilmu.com (untuk login selanjutnya menonton pelatihan online)
4. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021
5. Kode voucher hanya dapat di redeem 1 (satu) kali. Ketika voucher telah di redeem maka video tersebut dapat dibuka kembali apabila diperlukan untuk menonton sampai dengan 1 (satu) tahun dari tanggal redeem.
6. Dengan menggunakan voucher dan mendaftar di STUDiLMU, pelanggan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan yang berlaku pada STUDiLMU Online Course.
7. Voucher yang belum di redeem dapat dipindahtangankan kepada pihak lain untuk digunakan, namun kode voucher tidak dapat diuangkan.
8. Apabila terdapat kendala atau kesulitan dalam menggunakan voucher, silakan menghubungi Customer Service STUDiLMU melalui SMS/WhatsApp Center di 081338387750 dapat juga melalui email ke cs.prakerja@studilmu.com . Layanan tersedia di hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB.

Kontak Lembaga Pelatihan
WA: 081338387750
E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com
Telegram: @STUDiLMU

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(1145 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp400.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved