Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Memanfaatkan ChatGPT untuk Jualan Bagi Pelaku UMKM

Webinar

Memanfaatkan ChatGPT untuk Jualan Bagi Pelaku UMKM

Oleh: CourseNet -

Pelatihan di CourseNet -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 55 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Webinar

Okupasi Pelatihan: Business services and administration managers not elsewhere classified

Rujukan Okupasi: Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini dirancang untuk mengajarkan pelaku UMKM cara menggunakan teknologi AI ChatGPT dalam strategi pemasaran, otomatisasi tugas, analisis data, dan peningkatan layanan pelanggan, serta menyediakan studi kasus nyata. Webinar ini ideal bagi pemilik UMKM yang ingin meningkatkan penjualan dan efisiensi operasional dengan teknologi terkini, serta bagi individu yang tertarik memahami penggunaan ChatGPT dalam bisnis.

Kompetensi yang Dilatih

Peserta pelatihan mampu memahami dasar tentang AI dan ChatGPT, menerapkan teknik prompting yang efektif, mengintegrasikan ChatGPT dalam strategi pemasaran dan operasional UMKM, serta merencanakan strategi bisnis jangka panjang dengan memanfaatkan AI.

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT 

Sesi 2: Cara Membuat Perintah Pada ChatGPT (Prompting)

Sesi 3: Penggunaan ChatGPT Untuk Alat Jualan

Sesi 4: Mengoptimalkan Operasional UMKM dengan ChatGPT

Sesi 5: Strategi Pengembangan Bisnis Jangka Panjang dengan ChatGPT


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan akan mampu mengintegrasikan dan memanfaatkan Artificial Intelligence melalui ChatGPT untuk peningkatan efisiensi operasional, strategi pemasaran yang lebih efektif, dan pengembangan bisnis jangka panjang, saat mengumpulkan tugas unjuk kemampuan, yang diukur dengan minimum skor penilaian minimum 60 pada evaluasi komprehensif berdasarkan keterampilan yang diterapkan dan feedback yang diberikan.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Mampu memahami secara komprehensif tentang konsep dasar Artificial Intelligence dan ChatGPT, termasuk cara kerja, aplikasi, dan potensi manfaatnya bagi UMKM.

2. Mampu memahami dan menerapkan teknik prompting yang efektif untuk mengkomunikasikan kebutuhan spesifik dan mendapatkan respon yang akurat dari ChatGPT.

3. Mampu mengintegrasikan ChatGPT dalam strategi pemasaran digital, termasuk pembuatan konten, pengelolaan kampanye, dan peningkatan engagement pelanggan.

4. Mampu menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam UMKM, termasuk manajemen inventori, layanan pelanggan, dan manajemen pesanan

5. Mampu mengidentifikasi peluang ekspansi bisnis dan diversifikasi produk, serta merencanakan strategi bisnis jangka panjang dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dan kemampuan ChatGPT.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT

Cara Membuat Perintah pada ChatGPT (Prompting)

Penggunaan ChatGPT Untuk Alat Jualan

Optimalisasi Operasional UMKM dengan ChatGP

Strategi Pengembangan Bisnis Jangka Panjang dengan ChatGPT


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Menyusun variasi tugas terhadap AI dan ChatGPT dalam aktivitas sehari-hari.

Merancang dan menggunakan prompt yang efektif untuk ChatGPT

Mengkombinasikan strategi  dengan ChatGPT dalam segi pemasaran dan penjualan

Mengorganisasi ulang sistem manajemen operasional UMKM dengan ChatGPT.

Menghasilkan rancangan visi jangka panjang dan perencanaan strategis dengan ChatGPT.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Menunjukkan apa itu Artificial Intelligence dengan jelas dan mampu beradaptasi dengan bentuk teknologi baru

Menunjukkan ketelitian dan kreativitas dalam merumuskan pertanyaan atau perintah

Memodifikasi strategi pemasaran yang inovatif dengan ChatGPT.

Memverifikasi akan efisiensi operasional dan layanan pelanggan

Memformulasikan strategi jangka panjang dan perencanaan strategis


Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA/SMK

2. Peserta memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi minimal ram 4 GB

3. Peserta memiliki mobile phone yang terkoneksi dengan internet dan menginstal aplikasi ChatGPT

4. Memiliki minat di bidang AI dan creative marketing

5. Memiliki jaringan internet yang stabil


Durasi Per Sesi

Sesi 1: Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dan ChatGPT :180 menit

Sesi 2: Cara Membuat Perintah Pada ChatGPT (Prompting) :180 menit

Sesi 3: Penggunaan ChatGPT Untuk Alat Jualan : 180 menit

Sesi 4: Mengoptimalkan Operasional UMKM dengan ChatGPT : 180 menit

Sesi 5: Strategi Pengembangan Bisnis Jangka Panjang dengan ChatGPT :180 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

50


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari tentang ChatGPT untuk mengembangkan dan meningkatkan aspek tertentu dari sebuah skenario bisnis UMKM. Peserta akan memilih satu area fokus (misalnya, customer service, digital marketing, content creator, atau social media specialist) dan menggunakan ChatGPT untuk memecahkan masalah dalam area tersebut.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

04-03-2024 s.d. 08-03-2024,,
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
25-03-2024 s.d 29-03-2024,
01-04-2024 s.d 05-04/2024,
22-04-2024 s.d. 26-04-2024,
29-04-2024 s.d. 03-05-2024
13-05-2024 s.d. 17-05-2024,
27-05-2024 s.d 31-05-2024


Profil Pengajar

Muhamad Sahal Mahfud adalah seorang profesional di bidang konten dan penulis, aktif di pemasaran produk pada marketplace, spesialis promosi digital, dengan latar belakang pendidikan sebagai sarjana manajemen dan berpengalaman dalam produksi konten marketing.


Panduan Redeem Voucher

1. Mengakses link LMS pada: https://coaching.course- net.com/login/  

2. Lakukan Register terlebih dahulu jika belum memiliki Akun. Jika sudah memiliki Akun, lakukan Login pada halaman Login 

3. Lakukan Redeem Voucher pada Menu Home klik prakerja 

4. Masuk ke menu My Course 

5. Cari Course yang baru saja di redeem, klik tombol View Detail 

6. Peserta wajib join group Telegram sebelum mengikuti sesi Webinar dengan mengklik tautan pada sub menu Telegram 

7. Peserta wajib mengisi Pre-Test sebelum mengikuti sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, klik tombol Pre Test 

8. Semua jadwal sesi Webinar terdapat pada menu My Course, sub menu Webinar 

9. Peserta wajib mengerjakan Quiz setiap selesai mengikuti sesi Webinar, dengan memilih sub menu Course Lesson, kemudian pilih Quiz 

10. Peserta wajib mengisi Post-Test setelah menyelesaikan 1 batch sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, kemudian klik tombol Post Test 

11. Peserta wajib mengerjakan Unjuk Keterampilan setelah mengikuti sesi Webinar dengan cara : 

● Klik sub menu Project Case 

● Klik View Assignment 

● Klik sub menu Upload Assignment 

● Klik pada bagian “Upload your answer here! “ untuk melakukan upload dokumen Unjuk Keterampilan 

● Klik tombol Submit 

12. Peserta dapat mengunduh Certificate setelah Nilai Unjuk Keterampilan keluar, dengan pada menu My Course, sub menu Certificate


Kontak Lembaga Pelatihan

Customer Service: 0812-8114-0833



Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.450.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved