Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membangun Komunikasi Efektif untuk Tenaga Penjual Representatif

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Membangun Komunikasi Efektif untuk Tenaga Penjual Representatif

Oleh: karier.mu .

Pelatihan di karier.mu .

0

4.9(830)
981 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diambil?

Program ini penting bagi Commercial Sales Representative apabila ingin mengetahui cara berkomunikasi dengan pelanggan. Program ini mempelajari cara berkomunikasi dari dasar, bagaimana cara membangun hubungan baik dengan pelanggan sampai dengan bagaimana mengatasi konflik dengan pelanggan.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Program ini memberikan pelajaran mengenai dasar ilmu komunikasi, cara mengatasi hambatan komunikasi, bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan, memahami diri dan mengasah kepekaan kepada lawan bicara ataupun pelanggan, mengatasi konflik dengan pelanggan,sampai dengan komunikasipersuasif.

Apa kompetensi yang disasar pada program ini dan urgensi kompetensi tersebut?

Membangun Komunikasi. Seorang Commercial Sales Representative harus dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. Cara membangun hubungan tersebut adalah dengan kemampuan komunikasi yang baik. Dari mulai berkomunikasi dengan baik sampai dengan bagaimana komunikasi dengan maksud menawarkan produk.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta dapat membangun keahlian komunikasi secara efektif kepada pelanggan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta dapat memahami dasar komunikasi untuk membangun kedekatan dan memenuhi kebutuhan pelanggan

2. Peserta dapat mengidentifikasikan elemen dan hambatan komunikasi

3. Peserta dapat memiliki keterampilan berkomunikasi secara efektif 


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Topik: Dasar Ilmu Komunikasi

- Memahamitentang apa itu komunikasi (Infografis Apa itu Komunikasi)

- Memahami bagaimana komunikasi yang efektif (Video Bagaimana Komunikasi yang Efektif (00.00 -06.00))

- Memahamiragam tingkat komunikasi (Infografis Ragam Tingkatan Komunikasi)

- Memahami pentingnya mendengarkan ketika berbicara

(Video Pentingnya - Mendengarkan Ketika Berbicara (00.00 - 03.00))

- Memahami cara membangun hubungan baik dengan lawan bicara (Video - Membangun Hubungan Baik dengan Lawan Bicara (00.00 - 04.00))

- Memahami alasan Commercial Sales Representative membutuhkan kemampuan komunikasi(Infografis Kenapa Commercial Sales Representative butuh Kemampuan Komunikasi?)

- Memahami karier path komunikasi, contoh komunikasi massa, dan bagaimana cara menanggapi feedback negatif (Video Talkshow Tentang Karier Path, Contoh Komunikasi Massa, dan Cara Menanggapi Feedback Negatif (00.00 - 07.00))

- Memahami tips & trik komunikasi massa (Video Talkshow Tentang Tips & Trik Komunikasi Massa/ Kelompok (Spesial untuk yang memiliki karakterIntrovert) (00.00 - 05.00))

- Memahami bagaimana cara mengetahui bahwa komunikasi sudah berjalan efektif dan bagaimana memiliki pikiran terbuka (Video Talkshow Tentang Cara - Mengetahui Komunikasi Efektif dan Memiliki Pikiran Terbuka (00.00 - 09.00))

- Memahami fungsi komunikasi dalam kehidupan nyata dan bagaimana cara Sales mempengaruhi pelanggan (Video Talkshow Tentang Contoh Fungsi Komunikasi untuk Mempengaruhi dan Bagaimana Sales Mempengaruhi (00.00 - 05.00))

- Memahami bagaimana komunikasi efektif di dunia digital (Video Talkshow Tentang Komunikasi Efektif di Dunia Digital (00.00 - 07.00))


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Aspek keterampilan yang tercakup di dalam program ini adalah:

1. Topik: Hambatan Komunikasi secara Umum 

Mampu mengidentifikasi hambatan komunikasi yang biasa terjadi (Infografis Hambatan Komunikasi yang Biasa Terjadi)

Mampu mengatasi hambatan ketika berkomunikasi (Video Cara Mengatasi Hambatan Ketika Berkomunikasi (00.00 - 06.00)

Mampu belajar dari pengalaman teman mengenai hambatan komunikasi (Infografis Membaca Pengalaman Teman Belajar)

2. Topik: Dinamika dan Tantangan Komunikasi Pelayanan

Mampu mengidentifikasi tantangan komunikasi pelayanan (Video Tantangan Komunikasi Pelayanan (00.00 - 05.00))

Mampu mempraktekkan bahwa afirmasi positif kepada diri kita itu penting dalam komunikasi (Infografis Pengantar Dinamika Komunikasi)

Mampu mempraktekkan bahwa memahami diri kita itu penting (Video Dinamika Komunikasi (00.00 - 07.00)

Mampu belajar dari teman belajar kapan waktu terbaik untuk afirmasi positif Membaca Pengalaman Teman Belajar tentang Kapan Waktu Terbaik saat Afirmasi Positif (00.00 - 05.00)

3. Topik: Cara Membangun Hubungan dengan Baik

Mampu membangun kedekatan (Video Membangun Kedekatan (00.00 - 09.00))

Mampu memahami kebutuhan (Video Memahami Kebutuhan Pelanggan (00.00 - 10.00))

Mampu mengidentifikasi do & don'ts dalam memahami kebutuhan (Video Do & Don'ts Memahami Kebutuhan (00.00 - 10.00))

Mampu mengidentifikasi poin penting dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan (Infografis)

Mampu mengidentifikasi pengalaman teman belajar (Membaca pendapat Teman Belajar dalam Cara Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan (Infografis) 

4. Topik: Cara Menyampaikan Pesankepada Pelanggan

Mampu menyusun kerangka komunikasi (Infografis Menyusun Kerangka (Infografis)

Mampu mengenali pendengar (Infografis Mengenali Pendengar)

Mampu berkomunikasi secara nonverbal (Video Komunikasi Non-Verbal (00.00 - 06.00)

Mampu memilih bahasa/ kata yang tepat (Video Pemilihan Bahasa/Kata yang Tepat (00.00 - 03.00))

Mampu menyampaikan pesan (Video Cara Menyampaikan Pesan (00.00 - 06.00))

5. Topik: Mengatasi Konflik dalamKomunikasi

Mampu menampilkan ketegasan (Video Menampilkan Ketegasan (00.00 - 08.00))

Mampu menanggapi keluhan (Video Menanggapi Keluhan (00.00 - 06.00))

Mampu belajar dari pengalaman teman belajar mengenai pengalaman saat menerapkan ketegasan (Infografis Membaca Pengalaman Teman Belajar)


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Aspek kompetensi sikap dalam program ini di antaranya adalah:

Menyelesaikan setiap kuis dan praktik mandiri dengan baik (Seluruh Topik)

Mengerjakan tugas mandiri secara serius dan teliti ( Praktik Mandiri: Berlatih Menawarkan Produk kepada Pelanggan (30 Menit)

Menumbuhkan pemahaman mengenai skill diperlukan untuk menjadi seorang Tenaga Penjual Representatif: Cara membangun kedekatan dengan pelanggan

Mampu memahami kebutuhan (Video Memahami Kebutuhan Pelanggan (00.00 - 10.00))

Mampu mengidentifikasi do & don'ts dalam memahami kebutuhan (Video Do & Don't Memahami Kebutuhan (00.00 - 10.00))

Mampu mengidentifikasi poin penting dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan (Infografis)

Mampu mengidentifikasi pengalaman teman belajar (Membaca pendapat Teman Belajar dalam Cara Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan (Infografis)

Menumbuhkan pemahaman mengenai skill diperlukan untuk menjadi seorang Tenaga Penjual Representatif: Cara Menyampaikan Pesan kepada Pelanggan

Mampu menyusun kerangka komunikasi (Infografis Menyusun Kerangka (Infografis)

Mampu mengenali pendengar (Infografis Mengenali Pendengar)

Mampu berkomunikasi secara nonverbal (Video Komunikasi Non-Verbal (00.00 - 06.00)

Mampu memilih bahasa/ kata yang tepat (Video Pemilihan Bahasa/Kata yang Tepat (00.00 - 03.00))

Mampu menyampaikan pesan (Video Cara Menyampaikan Pesan (00.00 - 06.00))

Menumbuhkan pemahaman mengenai skill diperlukan untuk menjadi seorang Tenaga Penjual Representatif: Cara Komunikasi Persuasif

Mampu menawarkan produk kepada pelanggan (Video Menawarkan Produk Kepada Pelanggan (00.00 - 07.00))

Mampu menerapkan teknik ethos, pathos, logos di kehidupan nyata (Video Talkshow Tentang Contoh Nyata Ethos, Pathos, Logos &

Menanggapi Testimoni Negatif Pelanggan (00.00 - 09.00)

Mampu membandingkan produk dengan etika yang baik (Video Talkshow Tentang Teknik terbaik saat ingin membandingkan produk sendiri & kompetitor kepada pelanggan (00.00 - 10.00)


Kelompok Sasaran

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang memiliki minat cara berkomunikasi di bidang Sales atau spesifik di bidang Commercial Sales Representative.Tidak ada keahlian awal yang diperlukan. Pendidikan minimal SMA/SMK, tingkat kesulitan pada program ini adalah tingkat pemula


Durasi Per Sesi

1. Dasar Ilmu Komunikasi : 61 menit

2. Hambatan Komunikasi secara Umum : 54 menit

3. Dinamika dan Tantangan Komunikasi Pelayanan : 56 menit

4. Cara Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan : 66 menit

5. Cara Menyampaikan Pesan Kepada Pelanggan : 46 menit

6. Mengatasi Konflik dalam Komunikasi : 41 menit

7. Komunikasi Persuasif : 41 menit

8. Penutup Program (Rangkuman Materi) : 20 menit


Total Durasi

385 Menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Profil Pengajar

Roswita Amelinda, M.PSi

Graduated from Human Engineering Psychology in UNPAD, Wita continues applying user experience design and system thinking in the development of learning program, therapy, organization, digital interface and community. Learning angklung since 2002, she continues developing angklung as a media for collaborative learning and therapy in various settings, such as education, health, and organization, including company. She is leading AngklungKita, an NGO for preserving and developing angklung in education and healthcare through research, training, performance, and public engagement. Her passion in education brought her to be Strategic Partnership in Sekolah.mu, a collaboration hub for digitally integrated learning programs, that are curated for students, teachers, and parents. She is also involved in Semua Murid Semua Guru, a collaboration network of Indonesia education stakeholders. As Psychologist, she explores music therapy and psychology of music by participating in international certification program, workshop, and supervision with music therapy professors in some countries, mainly in Australia.

Elmeirillia Lonna

merupakan seorang praktisi komunikasi dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki spesialisasi di bidang public relations. Saat ini beliau bekerja di Grup Korporasisebagai Corporate Communications.


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Jumat, 16.00-17.00 WIB


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Log in ke https://prakerja.karier.mu/
3. Klik "tukarkan kode voucher" atau masuk ke https://www.prakerja.karier.mu/tukar-voucher
4. Masukkan kode voucher pada kolom yang tersedia
5. Klik “Tukar Kode Voucher"
6. Klik “Mulai Belajar” dan program yang dibeli dapat dilihat juga pada menu “Programmu”

Kontak Lembaga Pelatihan
Email : kariermu@sekolahmu.co.id
WA : 0811-890-2171
FB : Karier.mu
IG : @karier.mu

Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(830 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp450.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved