Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Animasi 2D Puppeter dan Rigging bagi Animator

Webinar

Membuat Animasi 2D Puppeter dan Rigging bagi Animator

Oleh: LPKS Kelas Personalia Indonesia

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
10 Peserta
Usia 18 - 45 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Saat ini industri kreatif menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia hanya memiliki 120 studio animasi dengan 5771 tenaga kreatif Animator. Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga kerja Animator. Dengan mengikuti Pelatihan Membuat Animasi 2D Puppeter dan Rigging bagi Animator, Peserta mampu memiliki keahlian yang spesifik, terlatih dan terdidik sebagai Animator.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu Membuat Aset Gambar 2D Puppeter (Cut Out Animation) dan Menguji Coba Sistem Mekanika Gerak Digital (Rigging) menggunakan Software Moho dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu :

• Mengidentifikasi kebutuhan aset pada karakter/properti 2D cut out animation. (Sesi 1)

• Membuat komponen puppeter (Sesi 2)

• Mengidentifikasi sistem controller (Sesi 3)

• Melakukan pengujian sistem mekanika gerak objek/karakter (Sesi 4)

Menguji coba Save file dan Memahami sikap kerja sebagai Animator (Sesi 5)


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami Prinsip dasar seni (estetika), desain dan komposisi

2. Memahami Prinsip dasar membaca exposure sheet/ dope sheet/ time sheet

3. Memahami Prinsip dasar membaca skenario/script

4. Memahami Prinsip dasar menganalisis model sheet dan character sheet

5. Memahami Prinsip dasar membaca papan cerita (storyboard) dan layout

6. Memahami Prinsip dasar sistem kerja mekanika digital

7Memahami Prinsip dasar animation brief dan karakter brief


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mampu Mengambar gesture dan kontur yang baik
2. Mampu membuat Proporsi penggambar yang baik dengan konsistensi bentuk dan volume, organik dan non organik
3. Mampu membuat Penggambaran kontinuitas yang baik
4. Mampu Menggambar sesuai model sheet dan character sheet


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Cermat, cekatan dan konsisten
2. Disiplin dan bertanggung jawab
3. Mampu berkomunikasi yang baik
4. Taat terhadap instruksi kerja
5. Kooperatif dalam bekerja


Kelompok Sasaran
- Minimal Usia 18 - 45 Tahun

- Pendidikan minimal SMA

• Laptop atau PC

• Program AMD ryzen 5 3600, hd 1 tb, vga nvidia gtx 1050 ram 16 gb

• Program Moho pro 13.5.5, adobe premiere pro 2022 atau cupcut (gratis), adobe afte FX cc 2022, blender 3.2.2

• Program Clip studio EX 1.12 atau photoshop cc 2022

• Akses Internet

• Akun di Learning Management System (LMS) https://kelaspersonalia.id/


Durasi Per Sesi
1 / 18.00 - 21.00 WIB. Mengidentifikasi kebutuhan aset pada karakter/properti 2D cut out animation : 180 menit
2 / 18.00 - 21.00 WIB. Membuat komponen puppeter : 180 menit
3 / 18.00 - 21.00 WIB. Mengidentifikasi sistem controller : 180 menit
4 / 18.00 - 21.00 WIB. Melakukan pengujian sistem mekanika gerak objek/karakter : 180 menit
5 / 18.00 - 21.00 WIB. Menguji coba Pengaruh permukaan, Menguji coba Save file dan Memahami sikap kerja sebagai Perancang UI/UX : 180 menit


Total Durasi
900 Menit


Kapasitas Peserta
50


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Buatlah Hasil Karyamu dalam Unjuk Keterampilan untuk Membuat Animasi 2D Puppeter dan Rigging dengan menggunakan Software Moho! 

Catatan: Hasil Unjuk Keterampilan Dikumpulkan di LMS paling lambat 3 hari setelah instruksi diberikan


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan
Bulan Juni 2023

1. 05-06-2023 -- 09-06-2023

2. 12-06-2023 -- 16-06-2023

3. 19-06-2023 -- 23-06-2023

4. 26-06-2023 -- 30-06-2023

Bulan Juli 2023

1. 03-07-2023 -- 07-07-2023

2. 10-07-2023 -- 14-07-2023

3. 17-07-2023 -- 21-07-2023

4. 24-07-2023 -- 28-07-2023

Bulan Agustus 2023

1. 31-07-2023 -- 04-08-2023

2. 07-08-2023 -- 11-08-2023

3. 14-08-2023 -- 28-08-2023

4. 21-08-2023 -- 25-08-2023

5. 28-08-2023 – 01-09-2023

Bulan September 2023

1. 04-09-2023 -- 08-09-2023

2. 11-09-2023 -- 15-09-2023

3. 18-09-2023 -- 22-09-2023

4. 25-09-2023 -- 29-09-2023

Bulan Oktober 2023

1. 02-10-2023 -- 06-10-2023

2. 09-10-2023 -- 13-10-2023

3. 16-10-2023 -- 20-10-2023

4. 23-10-2023 -- 27-10-2023

Bulan November 2023

1. 30-10-2023 -- 03-11-2023

2. 06-11-2023 -- 10-11-2023

3. 13-11-2023 -- 17-11-2023

4. 20-11-2023 -- 24-11-2023

5. 27-11-2023 – 01-12-2023


Profil Pengajar
Achmad Arif Rakhman Hakim, S.Sn

Achmad Arif Rakhman Hakim, S.Sn adalah Guru bidang studi Animasi di SMKN 12 Surabaya sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini. Dan juga pendiri Studio Animasi ArYu Animation Studio Ribuan Alumni pelajar bidang studi Animasi telah dididik dan dilatih oleh Achmad Arif Rakhman Hakim, S.Sn menjadi SDM Animator yang handal dan memiliki kompetensi unggul serta dapat bersaing di dunia kerja bidang industri kreatif


Kontak Lembaga Pelatihan
CS-2 = +62 812-5933-6058


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp950.000