Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Konten SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran

Webinar

logo-prakerja

Membuat Konten SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran

Oleh: Cerdas Cermat

logo-prakerja

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
22 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Dengan pertumbuhan pesat penggunaan dan penjualan melalui platform digital, jasa spesialis pemasaran SEO semakin vital bagi berbagai industri. Ini memungkinkan mereka menjangkau calon pelanggan dengan efektif dan lebih efisien secara biaya dibandingkan metode pemasaran lainnya. Selain itu, SEO memberikan manfaat lain seperti peningkatan trafik organik website.

Spesialis pemasaran SEO berperan penting dalam menciptakan konten yang optimal untuk pengalaman pengguna website dan memahami algoritma search engine untuk mengoptimalkan peringkat organik di platform seperti Google. Kemampuan berkomunikasi dengan perusahaan untuk melaporkan progres SEO juga menjadi tugas utama seorang spesialis SEO.

Pelatihan SEO tingkat dasar ini didesain untuk memahami secara komprehensif proses pembuatan konten SEO melalui pembelajaran metode webinar. Ditujukan bagi masyarakat umum yang tertarik berkarier di bidang pemasaran melalui SEO, pelatihan ini menjadi dasar cerdas cermat dalam memahami dan mengimplementasikan strategi SEO.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menerapkan teknik dasar SEO (B) untuk pembuatan suatu konten yang ditujukan untuk pemasaran (C) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan (D).

Tujuan Khusus Pelatihan

  • Peserta mampu menerapkan Search Engine Optimization (SEO)
  • Peserta mampu menganalisa hasil Search Engine Results Page (SERP) pada search engine
  • Peserta mampu melakukan riset kata kunci SEO
  • Peserta mampu menganalisa konten SEO dalam website
  • Peserta mampu menggunakan konten SEO untuk strategi marketing
  • Peserta mampu melakukan evaluasi dan analisis data SEO dengan tepat dan teliti
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Pengertian Search Engine Optimization (SEO)
- Perbedaan Marketing Specialist dengan SEO Specialist
- Komponen Aktivitas SEO
- Pengertian SEO Friendly Website
- Ciri-Ciri SEO Friendly Website
- SEO Crawling, Indexing, Ranking

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Peserta mampu mendeskripsikan jenis-jenis konten SEO
- Peserta mampu membuat artikel blog dengan metode content pillar untuk website
- Peserta mampu memproses data demografi audiens pada website

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Pentingnya untuk bersikap analitis dalam melakukan riset keyword atau kata kunci
- Pentingnya percaya diri dalam mengaplikasikan strategi pembuatan content pillars dengan tim pemasaran
- Pentingnya memiliki sikap positif dalam mengevaluasi hasil riset SEO
- Pentingnya inisiatif untuk memaparkan hasil analisis kompetitor
- Pentingnya untuk bersikap kritis dalam memformulasikan kata kunci
- Pentingnya memiliki keakuratan ketika menerapkan teknik SEO pada pembuatan konten di website

Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SMP atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengoperasian SEO dan mengoptimalkan media
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.

Durasi Per Sesi
1. Pengertian Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Results Page (SERP) 180 menit
2. Dasar Meriset Kata Kunci SEO 180 menit
3. Dasar Menganalisa Konten SEO 180 menit
4. Dasar Menggunakan Konten SEO untuk Strategi Marketing 180 menit
5. Evaluasi dan Analisis Data SEO 180 menit

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
50

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampila
n
Peserta diminta membuat artikel blog SEO menggunakan metode Content Pillar untuk dipublikasikan di suatu situs web. Mereka harus memilih produk/layanan dari perusahaan riil, lalu melakukan riset kata kunci dan menerapkan teknik Keyword Density. Artikel harus informatif, dalam rentang 1.000-2.000 kata, dan SEO-friendly dengan judul/deskripsi unik. Gunakan Google Doc/Word, simpan sebagai PDF, dan kumpulkan tugas dalam 3x24 jam setelah pelatihan selesai. Tugas menilai kemampuan peserta mengaplikasikan pengetahuan SEO dalam konten praktis dengan kualitas dan efisiensi.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Dirga Naufal Widyatama, seorang pemasar digital berpengalaman selama 6 tahun, telah mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif. Dengan lebih dari 4 tahun di industri B2B, Dirga melatih lebih dari 100 sekolah dalam Program Kemendikbud dan menjadi pembicara di lebih dari 50 acara Webinar, Workshop, dan Pelatihan. Dengan rekam jejak yang terbukti memberikan hasil terukur dan mengoptimalkan kampanye untuk ROI maksimal, Dirga mahir dalam analisis data dan adaptasi strategi di lingkungan digital yang dinamis. Kemampuan komunikasi dan interpersonalnya yang baik memungkinkan kerjasama efektif dengan tim lintas fungsi, sementara semangatnya untuk tetap terkini dengan tren dan teknologi terbaru mendorong inovasi untuk mencapai tujuan bisnis.

Kontak Lembaga Pelatihan
081292540956

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000