Webinar
•Membuat Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel bagi Akuntan
Oleh: LPK Violet
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan dengan Moda Webinar/Daring
Okupasi : Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020/ Accounting associate professionals
Pelatihan ini peserta akan diberikan pengetahuan tentang akuntansi, fungsi rumus dan formula pada Microsoft Excel, konsep merancang laporan keuangan yang tepat, dan pengetahuan untuk menerapkan prinsip akuntansi ke dalam pembuatan laporan keuangan.
Sehingga, dari pelatihan ini seorang akuntan mampu menggunakan microsoft excel untuk membuat laporan keuangan sesuai kebutuhan dunia kerja dan usaha dengan baik dan benar. Hal tersebut memberikan gambaran seorang akuntan harus paham manfaat akuntansi, peran akuntansi dalam mendukung organisasi, pengertian persamaan dasar akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar akuntansi, membuat dan menerapkan operator, formula dan fungsi, membuat jurnal sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku, membuat neraca yang sesuai dengan kaidah Akuntansi, dan membuat laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel sesuai dengan kaidah akuntansi.
Sesi Pelatihan :
Sesi 1: Pemahaman Dasar Siklus Akuntansi
Sesi 2: Pengenalan dan Penerapan Operator, Formula, dan Fungsi
Sesi 3: Membuat Jurnal
Sesi 4: Membuat Neraca
Sesi 5: Menyusun Laporan Keuangan
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menggunakan microsoft excel untuk membuat laporan keuangan sesuai kebutuhan dunia kerja dan usaha dengan baik dan benar (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Melakukan pemahaman manfaat akuntansi, peran akuntansi dalam mendukung organisasi, pengertian persamaan dasar akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar akuntansi
Membuat dan menerapkan operator, formula dan fungsi
Membuat Jurnal sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku
Membuat neraca yang sesuai dengan kaidah Akuntansi
Membuat laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel sesuai dengan kaidah akuntansi yang telah dipelajari
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan akuntansi
Fungsi rumus dan formula pada Microsoft Excel
Konsep merancang laporan keuangan yang tepat
Pengetahuan untuk menerapkan prinsip akuntansi ke dalam pembuatan laporan keuangan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Memahami manfaat akuntansi, peran akuntansi, pengertian persamaan dasar akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar akuntansi
Mengelola dan menyajikan data keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel
Mengorganisasikan file, folder, dan pencatatan pembukuan lainnya
Membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Cermat dalam memahami materi akuntansi
Cermat dan teliti dalam laporan keuangan dengan rasa tanggung jawab
Kreatif dalam mengelola dan menyajikan data keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel
Cermat dan teliti dalam pembuatan laporan keuangan
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SMA/SMK
Syarat dan Ketentuan lainnya
Memiliki alat sendiri berupa smartphone/PC
Mampu mengoperasikan laptop/PC dan dapat mengetik dengan baik untuk menunjang pelaksanaan pelatihan
Memiliki laptop/PC yang terinstall microsoft office untuk menunjang aktivitas practice, praktice mandiri, dan unjuk keterampilan
Memiliki jaringan/koneksi internet untuk menunjang kelas webinar pada pelatihan ini
Tidak buta warna
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk membuat laporan keuangan laba rugi dengan tipe single-step dan multi-step dari data berikut ini :
Berikut ini saldo kelompok-kelompok akun penghasilan dan biaya yang di unit usaha Sejahtera yang bergerak di bidang jasa perhotelan per 31 Desember 2022. Semua akun bersaldo normal.
(Tabel saldo tertera pada soal Unjuk Keterampilan)
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Eko Sariyekti
Sebagai seorang tenaga pelatih yang memiliki peran kunci dalam memberikan pelatihan, pengembangan keterampilan, dan bimbingan kepada individu atau kelompok dalam bidang administrasi keuangan dan akuntansi dan Dosen INISNU Temanggung sejak Agustus 2014 sampai sekarang.
Muhtasor
Sebagai seorang tenaga pelatih yang memiliki peran kunci dalam memberikan pelatihan, pengembangan keterampilan, dan bimbingan kepada individu atau kelompok dalam bidang administrasi keuangan dan akuntansi dan seorang pengembang program (aplikasi) dan manajemen sistem database.
Ana Sofiyatul Azizah
Sebagai seorang tenaga pelatih yang memiliki peran kunci dalam memberikan pelatihan, pengembangan keterampilan, dan bimbingan kepada individu atau kelompok dalam bidang administrasi keuangan dan akuntansi dan Dosen di INISNU sejak September 2014 hingga sekarang
Kontak Lembaga Pelatihan
lpkviolet@gmail.com
087758780409
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(6 Rating)
0
0
0
0
0