Webinar
Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel
Oleh: Binus Center
Pelatihan di Binus Center
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Pelatihan ini mempelajari bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan sesuai kaidah akuntansi dan membuat laporan keuangan menggunakan rumus dan function pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menyusun laporan keuangan sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku umum bagi perusahaan jasa dan dagang menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan tingkat keakuratan 90% pada saat praktik mandiri
Tujuan Khusus Pelatihan
● Memahami fungsi Akuntansi, peran Akuntansi dalam mendukung organisasi, pengertian persamaan dasar Akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar Akuntansi
● Membuat Jurnal sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku
● Menggunakan toolbar, istilah-istilah, menu, dan fungsi IF yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
● Menggunakan fungsi MID, LEFT, RIGHT dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
● Menggunakan fungsi AND, OR dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
● Membuat Neraca yang sesuai dengan kaidah Akuntansi
● Menghitung PPH 21 sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku
● Membuat Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel sesuai dengan kaidah Akuntansi yang telah dipelajari
● Membuat Jurnal Penutup
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mampu mengimplementasikan prinsip akuntansi ke dalam pembuatan laporan keuangan
- Mampu menggunakan rumus dan formula pada Microsoft Excel dalam pembuatan laporan keuangan
- Mampu merancang laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mampu membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi menggunakan Microsoft Excel
- Mampu menggunakan rumus dan formula Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan
- Mampu menyusun laporan yang sesuai dengan contoh kasus keuangan yang diberikan
- Mampu mengorganisasikan file, folder, dan pencatatan pembukuan lainnya
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Pentingnya memiliki sikap cermat dan teliti dalam pembuatan laporan keuangan
- Menyajikan laporan keuangan dengan rasa tanggung jawab
- Kreatif dalam mengelola dan menyajikan data keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 50 tahun
Syarat peserta :
2. Peserta wajib mengikuti dan hadir pada seluruh Kegiatan Belajar Mengajar sesuai jadwal yang ditentukan.
3. Peserta wajib menyelesaikan semua tugas yang diberikan.
4. Peserta wajib memiliki gawai/perangkat (handphone/laptop/PC) & software yang dapat menunjang pembelajaran.
Durasi Per Sesi
1 / 09.00 - 12.00 WIB
Sesi 1 Pemahaman Dasar Siklus Akuntansi 180 menit
2 / 09.00 - 12.00 WIBSesi 2 Pengertian Jurnal Akuntansi dan Latihan 180 menit
3 / 09.00 - 12.00 WIBSesi 3 Pengenalan Microsoft Excel, Fungsi Dasar Microsoft Excel dan Latihan 180 menit
4 / 09.00 - 12.00 WIBSesi 4 Fungsi Data (MID, LEFT, RIGHT) dan Latihan 180 menit
5 / 09.00 - 12.00 WIBSesi 5 Fungsi Logika (AND, OR) dan Latihan 180 menit
6 / 09.00 - 12.00 WIB
Sesi 6 Pemahaman Laporan Neraca dan Latihan 180 menit
7 / 09.00 - 12.00 WIB
Sesi 7 Teori PPH 21, Cara Penghitungan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan 180 menit
8/ 09.00 - 12.00 WIB
Sesi 8 Menyusun Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan 180 menit
9 / 09.00 - 12.00 WIB
Sesi 9 Jurnal Penutup dan Latihan 180 menit
Total Durasi
27 Jam
Kapasitas Peserta
150
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Type A: Soal Praktek Keterampilan :1. Buka file lampiran “Data Usaha Dagang” untuk melihat daftar transaksi
2. Kemudian buatlah laporan Keuangan di Microsoft Excel yang terdiri atas: ● Jurnal ● Neraca Saldo ● Buku besar
3. Buatlah tampilan yang terstruktur agar data mudah dibaca dan dipahami
4. Kerjakan dalam waktu maksimal 60 menit
5. Setelah selesai simpan hasil praktek dalam bentuk .xls atau .xlsx
6. Submit atau upload hasil pekerjaan melalui LMS pada bagian TUGAS PRAKTEK KETERAMPILAN
Type B: Soal Praktek Ketrampilan :
1. Buka file lampiran “Data Usaha Jasa” untuk melihat daftar transaksi
2. Kemudian buatlah laporan Keuangan di Microsoft Excel yang terdiri atas: ● Jurnal ● Neraca Saldo ● Buku besar
3. Buatlah tampilan yang terstruktur agar data mudah dibaca dan dipahami
4. Kerjakan dalam waktu maksimal 60 menit
5. Setelah selesai simpan hasil praktek dalam bentuk .xls atau .xlsx
6. Submit atau upload hasil pekerjaan melalui LMS pada bagian TUGAS PRAKTEK KETERAMPILAN
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
13-02-2023 s.d. 23-02-2023
27-02-2023 s.d. 08-03-2023
13-03-2023 s.d. 25-03-2023
23-03-2023 s.d. 03-04-2023
27-03-2023 s.d. 06-04 2023
03-04-2023 s.d. 14-04-2023
03-04-2023 s.d. 15-04-2023
08-04-2023 s.d. 19-04-2023
08-05-2023 s.d. 19-05-2023
08-05-2023 s.d. 20-05-2023
22-05-2023 s.d. 01-06-2023
Profil Pengajar
- Mohamad Toha
Pak Toha menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia Depok jurusan Akuntansi. Pengalaman pertama bekerja professional didapatkan pada saat masih berkuliah di semester akhir 2006 dengan bergabung di Binus Center sebagai asisten untuk materi Microsoft Office dan Akuntansi, dan setahun sejak saat itu, beliau menjadi salah satu pengajar inti Binus Center. Di tahun 2010 kembali bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan non formal yaitu PT. Asix Sejahtera Indonesia. Bekerja sebagai auditor internal dan sejak 2020 memegang posisi sebagai Finance Manager Sebagai trainer professional Pak Toha diberi kesempatan untuk mengambil sertifikasi Microsoft Certified Professional dan Specialist sebagai dasar kompetensi menjadi Instruktur produk Microsoft. Pak Toha juga banyak menangani proyek sebagai auditor dengan berbagai perusahaan di Indonesia
- Mega Amalia SE.,M
Admin Support Risk Management - Standard Chartered Bank - 2008 s.d 2016
Head of Administration - PT Tunas Dwipa Matra, Tbk (TUNAS GROUP) - 2017 s.d 2018
Ketua Program Studi - STIE Santa Ursula - 2018 s.d 2021
- Fransisca Hanita Rusgowanto S.Kom,M.Ak, CAP, CADE, CERT.DA
Dosen Tetap tipe D, Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Mercubuana Jakarta - Maret 2013 s/d Januari 2017
Dosen Faculty Member, School of Accounting - Universitas Bina Nusantara, Jakarta - Januari 2017 s/d saat ini
Dosen tidak tetap, Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Dr. Moestopo, Jakarta - Febuari 2020 s/d saat ini
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Lakukan redeem voucher/daftar ulang melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/
3. Pilih ""Pijar Mahir"" sebagai Marketplace/Digital Platform tempat Anda melakukan pembelian voucher
4. Masukkan kode voucher yang sudah didapat sebelumnya pada pembelian di Tokopedia
5. Klik “Submit”
6. Pilih Jadwal yang sesuai dengan yang Anda pilih di Digital Platform
7. Isi alamat email
8. Konfirmasi email
9. Masukkan Redemption Code Anda
10. Isi Nama lengkap Anda
11. Klik “Cek Status Kepesertaan Anda”
12. Isi data diri dengan lengkap
13. Centang check box di akhir kolom isian lalu klik KIRIM
14. Anda akan mendapatkan email notifikasi detail keikutsertaan Pelatihan di BINUS CENTER dan email notifikasi username dan password untuk akses platform BINUS
Kontak Lembaga Pelatihan
https://binuscenter.com/prakerja/hubungi-kami/
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp3.000.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian