Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel

Webinar

Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel

Oleh: Binus Center

Pelatihan di Binus Center

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 50 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini mempelajari bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan sesuai kaidah akuntansi dan membuat laporan keuangan menggunakan rumus dan function pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Kompetensi ini berguna bagi posisi pembukuan maupun akuntansi, serta usahawan yang ingin melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan secara lebih mudah dan cepat.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menyusun laporan keuangan sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku umum bagi perusahaan jasa dan dagang menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan tingkat keakuratan 90% pada saat unjuk keterampilan

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
- Memahami fungsi Akuntansi, peran Akuntansi dalam mendukung organisasi, pengertian persamaan dasar Akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar Akuntansi
- Membuat Jurnal sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku
- Menggunakan toolbar, istilah-istilah, dan menu yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Menggunakan fungsi MID, LEFT, RIGHT dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Menggunakan fungsi AND, OR dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Membuat Neraca yang sesuai dengan kaidah Akuntansi
- Menghitung PPH 21 sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku
- Membuat Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel sesuai dengan kaidah Akuntansi yang telah dipelajari
- Membuat Jurnal Penutup

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Memiliki pengetahuan untuk menerapkan prinsip akuntansi ke dalam pembuatan laporan keuangan
Memiliki pemahaman fungsi rumus dan formula pada Microsoft Excel
Mampu memahami konsep merancang laporan keuangan yang tepat

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mampu membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi
Mampu menggunakan rumus dan formula Microsoft Excel yang sesuai dalam proses penghitungan
Mampu mengorganisasikan file, folder, dan pencatatan pembukuan lainnya
Mampu menghitung PPH 21 sesuai ketentuan yang telah dipelajari

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Pentingnya memiliki sikap cermat dan teliti dalam pembuatan laporan keuangan
Menyajikan laporan keuangan dengan rasa tanggung jawab
Kreatif dalam mengelola dan menyajikan data keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel

Kelompok Sasaran
1. Peserta tidak dapat membatalkan kelas.
2. Peserta wajib mengikuti dan hadir pada seluruh Kegiatan Belajar Mengajar sesuai jadwal yang ditentukan.
3. Peserta wajib menyelesaikan semua tugas yang diberikan.
4. Peserta wajib memiliki gawai/perangkat (handphone/laptop/PC) & software yang dapat menunjang pembelajaran.

Durasi Per Sesi
Sesi 1. Pemahaman Dasar Siklus Akuntansi : 180 menit
Sesi 2. Pengertian Jurnal Akuntansi dan Latihan : 180 menit
Sesi 3. Pengenalan Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 4. Fungsi Data & Tabel pada Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 5. Fungsi Logika (AND, OR) dan Latihan : 180 menit
Sesi 6. Pemahaman Laporan Neraca dan Latihan : 180 menit
Sesi 7. Teori PPH 21 & 26, Cara Penghitungan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 8. Menyusun Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 9. Jurnal Penutup dan Latihan : 180 menit

Total Durasi
1620 menit (27 jam)

Kapasitas Peserta
100 peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
- Instruksi Unjuk keterampilan akan di infokan di LMS Lembaga Pelatihan dan akan di infokan oleh tenaga pada saat webinar berlangsung
- Peserta wajib mengerjakan unjuk keterampilan dengan batas pengumpulan max 3 x 24 jam setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan
- Pemeriksaan hasil dan pemberian nilai unjuk keterampilan dilakukan dari Lembaga Pelatihan maksimal 2 x 24 jam setelah tenggat maksimal dari Penyertaan Hasil Unjuk Keterampilan oleh Peserta.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Jadwal Pelatihan
13-02-2023 s.d. 23-02-2023
27-02-2023 s.d. 08-03-2023
13-03-2023 s.d. 25-03-2023
23-03-2023 s.d. 03-04-2023
27-03-2023 s.d. 06-04 2023
03-04-2023 s.d. 14-04-2023
03-04-2023 s.d. 15-04-2023
08-04-2023 s.d. 19-04-2023
08-05-2023 s.d. 19-05-2023
08-05-2023 s.d. 20-05-2023
22-05-2023 s.d. 01-06-2023

Profil Pengajar
Mohamad Toha
Muhammad Toha, tahun 2016 memulai karirnya sebagai profesional di sebuah perusahaan swasta di Jakarta dan mengajar pelatihan Tax & Accounting di BINUS CENTER. Tahun 2010 - 2020, M. Toha bekerja sebagai auditor internal & Finance Manager di PT Asix Sejahtera Indonesia. M. Toha juga telah memiliki Microsoft Certified Professional & Specialist sebagai bukti kompetensi profesional.

Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Lakukan redeem voucher/daftar ulang melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/ dan ikuti seluruh langkah prosesnya.
3. Apakah Anda Pemegang Kartu Prakerja? Silakan pilih, Iya/Tidak.
4. Apakah Anda merupakan Pemegang Kartu Prakerja Tahun 2023 atau setelahnya?
5. Pilih Type Pelatihan yang sesuai dengan yang Anda pilih di Digital Platform.
6. Pilih Digital Platform tempat Anda melakukan pembelian voucher
7. Jika Type Pelatihan Online (Daring), masukkan Kode Voucher dan Redemption Code yang sudah Anda dapatkan di Digital Platform dan Akun Kartu Prakerja Anda.
8. Centang “I’m not a robot”, lalu ikuti langkahnya.
9. Jika validasi berhasil, pilih “Jadwal Pelatihan” sesuai dengan yang Anda pilih di Digital Platform, kemudian masukkan alamat email aktif Anda.
10. Klik “Cek Status Kepesertaan Anda”.
11. Isi data diri dengan lengkap.
12. Centang check box di akhir kolom isian lalu klik “KIRIM”.
13. Anda akan mendapatkan email notifikasi detail keikutsertaan Pelatihan di BINUS CENTER dan email notifikasi username dan password untuk akses LMS BINUS CENTER.

Kontak Lembaga Pelatihan
https://binuscenter.com/prakerja/hubungi-kami/


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000