Kelas Offline
Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel
Oleh: Binus Center
Pelatihan di Jakarta
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
- Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan Accounting Application System, dan Taxation)
Pelatihan ini mempelajari bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan sesuai kaidah akuntansi dan membuat laporan keuangan menggunakan rumus dan function pada aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Kompetensi ini berguna bagi posisi pembukuan maupun akuntansi, serta usahawan yang ingin melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan secara lebih mudah dan cepat.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menyusun laporan keuangan sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku umum bagi perusahaan jasa dan dagang sesuai menggunakan aplikasi Microsoft Excel dengan tingkat keakuratan 90 persen pada saat praktik mandiri
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
- Memahami fungsi Akuntansi, peran Akuntansi dalam mendukung organisasi, pengertian persamaan dasar Akuntansi dan menyelesaikan persamaan dasar Akuntansi
- Membuat Jurnal sesuai prinsip Akuntansi yang berlaku
- Menggunakan toolbar, istilah-istilah, menu, dan fungsi IF yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Menggunakan fungsi MID, LEFT, RIGHT dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Menggunakan fungsi AND, OR dan tools yang tersedia pada Microsoft Excel dalam proses penghitungan
- Membuat Neraca yang sesuai dengan kaidah Akuntansi
- Menghitung PPH 21 sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku
- Membuat Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel sesuai dengan kaidah Akuntansi yang telah dipelajari
- Membuat Jurnal Penutup
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mampu mengimplementasikan prinsip akuntansi ke dalam pembuatan laporan keuangan
- Mampu menggunakan rumus dan formula pada Microsoft Excel dalam pembuatan laporan keuangan
- Mampu merancang laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mampu membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi menggunakan Microsoft Excel
- Mampu menggunakan rumus dan formula Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan
- Mampu menyusun laporan yang sesuai dengan contoh kasus keuangan yang diberikan
- Mampu mengorganisasikan file, folder, dan pencatatan pembukuan lainnya
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Mampu membuat laporan keuangan secara detail dan akurat sesuai dengan prinsip akuntansi
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan Microsoft Excel dalam membuat laporan keuangan secara rapi dan benar
- Mampu mengkombinasikan penggunaan rumus dan formula Microsoft Excel dalam membuat laporan keuangan secara tepat
- Mampu menyelesaikan contoh kasus laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi dengan menggunakan Microsoft Excel secara cermat dan tepat
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 50 tahun
Syarat Peserta :
1. Peserta tidak dapat membatalkan kelas.
2. Peserta wajib mengikuti dan hadir pada seluruh Kegiatan Belajar Mengajar sesuai jadwal yang ditentukan.
3. Peserta wajib menyelesaikan semua tugas yang diberikan.
4. Peserta wajib memiliki gawai/perangkat (handphone/laptop/PC) & software yang dapat menunjang pembelajaran.
Durasi Per Sesi
Pembuka : 20 menit
Pre-test : 20 menit
Sesi 1. Pemahaman Dasar Siklus Akuntansi : 180 menit
Sesi 2. Pengertian Jurnal Akuntansi dan Latihan : 180 menit
Sesi 3. Pengenalan Microsoft Excel, Fungsi Dasar Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 4. Fungsi Data (MID, LEFT, RIGHT) dan Latihan : 180 menit
Sesi 5. Fungsi Logika (AND, OR) dan Latihan : 180 menit
Sesi 6. Pemahaman Laporan Neraca dan Latihan : 180 menit
Sesi 7. Teori PPH 21, Cara Penghitungan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 8. Menyusun Laporan Keuangan menggunakan Microsoft Excel dan Latihan : 180 menit
Sesi 9. Jurnal Penutup dan Latihan : 180 menit
Total Durasi
1620 menit
Kapasitas Peserta
20 Peserta
Metode Pembelajaran
Luring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Type A: Soal Praktek Keterampilan :
1. Buka file lampiran “Data Usaha Dagang” untuk melihat daftar transaksi
2. Kemudian buatlah laporan Keuangan di Microsoft Excel yang terdiri atas: ● Jurnal ● Neraca Saldo ● Buku besar
3. Buatlah tampilan yang terstruktur agar data mudah dibaca dan dipahami
4. Kerjakan dalam waktu maksimal 60 menit
5. Setelah selesai simpan hasil praktek dalam bentuk .xls atau .xlsx
6. Submit atau upload hasil pekerjaan melalui LMS pada bagian
TUGAS PRAKTEK KETERAMPILAN Type B: Soal Praktek Ketrampilan :
1. Buka file lampiran “Data Usaha Jasa” untuk melihat daftar transaksi
2. Kemudian buatlah laporan Keuangan di Microsoft Excel yang terdiri atas: ● Jurnal ● Neraca Saldo ● Buku besar
3. Buatlah tampilan yang terstruktur agar data mudah dibaca dan dipahami
4. Kerjakan dalam waktu maksimal 60 menit
5. Setelah selesai simpan hasil praktek dalam bentuk .xls atau .xlsx
6. Submit atau upload hasil pekerjaan melalui LMS pada bagian TUGAS PRAKTEK KETERAMPILAN
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
Jakarta
06-06-2023 s.d 10-06-2023
20-06-2023 s.d 24-06-2023
04-07-2023 s.d 08-07-2023
18-07-2023 s.d 24-07-2023
01-08-2023 s.d 05-08-2023
15-08-2023 s.d 21-08-2023
05-09-2023 s.d 09-09-2023
19-09-2023 s.d 23-09-2023
Profil Pengajar
1. Mega Amalia SE.,MM
Admin Support Risk Management - Standard Chartered Bank - 2008 s.d 2016 - Head of Administration - PT Tunas Dwipa Matra, Tbk (TUNAS GROUP) - 2017 s.d 2018 - melakukan kegiatan pembukuan dan pelaporan keuangan Ketua Program Studi - STIE Santa Ursula - 2018 s.d 2021 - merumuskan LO dan kegiatan lainnya untuk jurusan Akuntansi"
2. Jezelin Grace
Staff - Kurnia Abadi Mandiri, PT - 2017 s/d 2018 - Menyusun Laporan Keuangan
Instruktur - Binus Center - 2017 s/d sekarang - Menjadi instruktur Computerized Accounting (Financial Reporting,
Accounting Application System, dan Taxation)
Instruktur - Binus Center - 2017 s/d sekarang - Menjadi instruktur Computerized Accounting (Financial Reporting,
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Lakukan redeem voucher/daftar ulang melalui link berikut: https://binuscenter.com/prakerja/
3. Pilih "Pijar Mahir" sebagai Marketplace/Digital Platform tempat Anda melakukan pembelian voucher
4. Masukkan kode voucher yang sudah didapat sebelumnya pada pembelian di Tokopedia
5. Klik “Submit”
6. Pilih Jadwal yang sesuai dengan yang Anda pilih di Digital Platform
7. Isi alamat email
8. Konfirmasi email
9. Masukkan Redemption Code Anda
10. Isi Nama lengkap Anda
11. Klik “Cek Status Kepesertaan Anda”
12. Isi data diri dengan lengkap
13. Centang check box di akhir kolom isian lalu klik KIRIM
14. Anda akan mendapatkan email notifikasi detail keikutsertaan Pelatihan di BINUS CENTER dan email notifikasi username dan password untuk akses platform BINUS CENTER"
Kontak Lembaga Pelatihan
https://binuscenter.com/prakerja/hubungi-kami/
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Video Pelatihan
- Dokumen Pelatihan
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Mulai dari
Rp2.500.000
Benefit yang Didapat:
- Video Pelatihan
- Dokumen Pelatihan
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian