Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Laporan Keuangan untuk Toko Kelontong

Webinar

logo-prakerja

Membuat Laporan Keuangan untuk Toko Kelontong

Oleh: LKP KCMI

logo-prakerja

Pelatihan di LKP KCMI

0

4.7(7)
16 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini ditujukan untuk para pedagang kelontong, sesuai dengan standar SKKNI Nomor 20 Tahun 2019 Ritel Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Peserta akan memperoleh kompetensi dalam mengelola keuangan gerai dan memastikan pencatatan penjualan serta mencapai target profitabilitas.

Tujuan utama pelatihan ini adalah agar peserta mampu membuat laporan keuangan sederhana dengan penguasaan materi minimal 80% saat unjuk keterampilan.

Tujuan khusus pelatihan: kemampuan menyusun laporan keuangan, mengukur kinerja keuangan untuk membuat keputusan strategis, memperbaiki arus kas, merancang sistem akuntansi sesuai ukuran toko kelontong, serta menyusun rencana keuangan jangka pendek dan mengelola risiko keuangan.

Materi pelatihan mencakup dasar keuangan untuk toko kelontong, analisis kinerja keuangan gerai, manajemen arus kas dan pengeluaran dan penyusunan rencana keuangan jangka pendek serta manajemen risiko keuangan.

Setelah pelatihan, peserta mampu menerapkan keterampilan baru di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan secara mandiri menyusun dan menganalisis laporan keuangan untuk mendukung keputusan bisnis mereka.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu membuat laporan keuangan sederhana dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

Di akhir pelatihan, peserta mampu:

1. Menyusun laporan keuangan berdasarkan unsur-unsur dan fungsi masing-masing

2. Mengukur kinerja keuangan untuk membuat keputusan strategis

3. Memperbaiki arus kas dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu

4. Merancang sistem akuntansi yang sesuai dengan ukuran toko kelontong

5. Menyusun rencana keuangan jangka pendek dan mengelola risiko keuangan


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pemahaman Konsep Laporan Keuangan

Analisis Kinerja Keuangan Toko

Strategi Pengelolaan Arus Kas

Penerapan Sistem Akuntansi Sederhana


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Menerapkan Analisis Kinerja Keuangan

Melakukan Pengelolaan Arus Kas Harian

Menerapkan Sistem Akuntansi Pada Bisnis


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Bersemangat Terhadap Pengelolaan Keuangan

Percaya Diri Dalam Menganalisis Kinerja

Tanggung Jawab Terhadap Pengelolaan Kas Antusias Terhadap

Optimis Terhadap Rencana Keuangan


Kelompok Sasaran

1. Umur minimal 18 dan maksimal 64 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SD


Syarat dan ketentuan lainnya

1. Memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
2. Memiliki laptop atau gadget pribadi
3. Mampu mengoperasikan komputer
4. Memiliki jaringan internet yang stabil
5. Memiliki ketertarikan dalam bidang keuangan
6. Memiliki kelengkapan alat praktik laptop/komputer yang bisa mengakses Microsoft Office/Google Workspace untuk mengerjakan aktivitas practice, tugas praktik mandiri dan unjuk keterampilan


Durasi Per Sesi

Sesi 1 - Dasar Keuangan untuk Toko Kelontong 180 menit

Sesi 2 - Menganalisis Kinerja Keuangan Gerai 180 menit

Sesi 3 - Mengelola Arus Kas dan Pengeluaran 180 menit

Sesi 4 - Menerapkan Sistem Akuntansi 180 menit

Sesi 5 - Menyusun Rencana Keuangan Jangka Pendek dan Manajemen Risiko Keuangan Sederhana 180 menit


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

100 orang


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta akan belajar membuat laporan keuangan sederhana untuk toko kelontong "Maju Bersama". Mereka akan fokus pada pendapatan, biaya, dan laba bersih.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

1.Sistia Ranti

Staff Finance Accounting berpengalaman di PT. OMA KITA SEMUA (Oma Elly Kitchen). Keahlian meliputi pajak, AR, AP, dan perencanaan keuangan. Pengalaman sebelumnya di PT. Quick Chicken Indonesia dan PT. Papindo Indonesia.


2.Angelina Eka Sari

Staf Keuangan di RSUD dr. M. Zein Painan, Pemkab Pesisir Selatan. Menangani admin laporan keuangan, gaji PNS, dan penatausahaan. Pengalaman sebelumnya sebagai kasir dan admin PPTK.


Cara Redem Kode Voucher

1. Kunjungi link https://lkpykcmi.eduqat.com/id/redeem-prakerja

sebelum melanjutkan, silakan login terlebih dahulu menggunakan email & password yang telah diberikan

Catatan: Gunakan nama lengkap dan email yang sesuai dengan ID Prakerja. Data tersebut akan ditampilkan pada sertifikat hingga kelas berakhir pastikan data diri dengan benar.

2. Input kode redeem

3. Input kode voucher yang telah diberikan.

4. Klik gunakan voucher untuk lanjut ke tahap verifikasi.

5. Setelah kode redeem diinput, peserta akan langsung diarahkan ke halaman login di website Prakerja untuk melakukan verifikasi wajah


Kontak Lembaga Pelatihan

Layanan Call Center Mitra:
Website : https://yayasan-kcmi.com/lembaga-kursus-dan-pelatihan/
Email : kcmindonesiaofficial@gmail.com
Cs : 082148763450

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(7 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000