Webinar
•Membuat Laporan Keuangan untuk Toko Kelontong
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini ditujukan untuk para pedagang kelontong, sesuai dengan standar SKKNI Nomor 20 Tahun 2019 Ritel Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Peserta akan memperoleh kompetensi dalam mengelola keuangan gerai dan memastikan pencatatan penjualan serta mencapai target profitabilitas.Tujuan utama pelatihan ini adalah agar peserta mampu membuat laporan keuangan sederhana dengan penguasaan materi minimal 80% saat unjuk keterampilan.
Tujuan khusus pelatihan: kemampuan menyusun laporan keuangan, mengukur kinerja keuangan untuk membuat keputusan strategis, memperbaiki arus kas, merancang sistem akuntansi sesuai ukuran toko kelontong, serta menyusun rencana keuangan jangka pendek dan mengelola risiko keuangan.
Materi pelatihan mencakup dasar keuangan untuk toko kelontong, analisis kinerja keuangan gerai, manajemen arus kas dan pengeluaran dan penyusunan rencana keuangan jangka pendek serta manajemen risiko keuangan.
Setelah pelatihan, peserta mampu menerapkan keterampilan baru di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan secara mandiri menyusun dan menganalisis laporan keuangan untuk mendukung keputusan bisnis mereka.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat laporan keuangan sederhana dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Di akhir pelatihan, peserta mampu:
1. Menyusun laporan keuangan berdasarkan unsur-unsur dan fungsi masing-masing
2. Mengukur kinerja keuangan untuk membuat keputusan strategis
3. Memperbaiki arus kas dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu
4. Merancang sistem akuntansi yang sesuai dengan ukuran toko kelontong
5. Menyusun rencana keuangan jangka pendek dan mengelola risiko keuangan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pemahaman Konsep Laporan Keuangan
Analisis Kinerja Keuangan Toko
Strategi Pengelolaan Arus Kas
Penerapan Sistem Akuntansi Sederhana
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Membuat Laporan Keuangan Sederhana
Menerapkan Analisis Kinerja Keuangan
Melakukan Pengelolaan Arus Kas Harian
Menerapkan Sistem Akuntansi Pada Bisnis
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Bersemangat Terhadap Pengelolaan Keuangan
Percaya Diri Dalam Menganalisis Kinerja
Tanggung Jawab Terhadap Pengelolaan Kas Antusias Terhadap
Optimis Terhadap Rencana Keuangan
Kelompok Sasaran
1. Umur minimal 18 dan maksimal 64 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SD
Syarat dan ketentuan lainnya
1. Memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
2. Memiliki laptop atau gadget pribadi
3. Mampu mengoperasikan komputer
4. Memiliki jaringan internet yang stabil
5. Memiliki ketertarikan dalam bidang keuangan
6. Memiliki kelengkapan alat praktik laptop/komputer yang bisa mengakses Microsoft Office/Google Workspace untuk mengerjakan aktivitas practice, tugas praktik mandiri dan unjuk keterampilan
Durasi Per Sesi
Sesi 1 - Dasar Keuangan untuk Toko Kelontong 180 menit
Sesi 2 - Menganalisis Kinerja Keuangan Gerai 180 menit
Sesi 3 - Mengelola Arus Kas dan Pengeluaran 180 menit
Sesi 4 - Menerapkan Sistem Akuntansi 180 menit
Sesi 5 - Menyusun Rencana Keuangan Jangka Pendek dan Manajemen Risiko Keuangan Sederhana 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
100 orang
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta akan belajar membuat laporan keuangan sederhana untuk toko kelontong "Maju Bersama". Mereka akan fokus pada pendapatan, biaya, dan laba bersih.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
1.Sistia Ranti
Staff Finance Accounting berpengalaman di PT. OMA KITA SEMUA (Oma Elly Kitchen). Keahlian meliputi pajak, AR, AP, dan perencanaan keuangan. Pengalaman sebelumnya di PT. Quick Chicken Indonesia dan PT. Papindo Indonesia.
2.Angelina Eka Sari
Staf Keuangan di RSUD dr. M. Zein Painan, Pemkab Pesisir Selatan. Menangani admin laporan keuangan, gaji PNS, dan penatausahaan. Pengalaman sebelumnya sebagai kasir dan admin PPTK.
Cara Redem Kode Voucher
1. Kunjungi link https://lkpykcmi.eduqat.com/id/redeem-prakerja
sebelum melanjutkan, silakan login terlebih dahulu menggunakan email & password yang telah diberikan
Catatan: Gunakan nama lengkap dan email yang sesuai dengan ID Prakerja. Data tersebut akan ditampilkan pada sertifikat hingga kelas berakhir pastikan data diri dengan benar.
2. Input kode redeem
3. Input kode voucher yang telah diberikan.
4. Klik gunakan voucher untuk lanjut ke tahap verifikasi.
5. Setelah kode redeem diinput, peserta akan langsung diarahkan ke halaman login di website Prakerja untuk melakukan verifikasi wajah
Kontak Lembaga Pelatihan
Website : https://yayasan-kcmi.com/lembaga-kursus-dan-pelatihan/
Email : kcmindonesiaofficial@gmail.com
Cs : 082148763450
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.7
/5
(7 Rating)
0
0
0
0
0