Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Naskah Iklan atau Copywriting Produk UMKM bagi Spesialis Periklanan

Pembelajaran Mandiri

Membuat Naskah Iklan atau Copywriting Produk UMKM bagi Spesialis Periklanan

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(86)
98 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diikuti?

Dengan masifnya perkembangan teknologi saat ini, membuat Indonesia memasuki era ekonomi digital. Di mana semakin banyak kegiatan dan aktivitas ekonomi beralih menggunakan teknologi digital. Berbeda dengan gelombang ekonomi sebelumnya yang memiliki karakter lebih eksklusif, gelombang ekonomi digital berkembang dengan jenis topografi yang landai, inklusif, dan memberikan peluang yang lebih besar, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Dikarenakan perubahan gelombang bisnis ini, maka masyarakat memerlukan strategi baru untuk dapat beradaptasi dengan iklim ekonomi yang telah terbentuk. Dalam pelatihan kali ini yang berpusat pada UMKM, kemampuan untuk dapat memasarkan produk secara digital sangatlah penting. Dengan ini maka kemampuan menulis naskah iklan (Copywriting) menjadi krusial terutama bagi pegiat UMKM yang memerlukan publikasi sehingga usaha mereka dapat dikenal lebih luas dan menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat. Maka dari itu penting bagi para pegiat UMKM maupun orang yang akan berkarir di dunia perdagangan untuk memahami konsep menulis naskah iklan (Copywriting) karena akan sangat berguna saat melakukan promosi barang/jasa yang mereka jual.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah membuat naskah iklan (copywriting) untuk produk UMKM. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai seorang Copywriter/Spesialis Periklanan atau untuk meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Teknik-teknik dasar copywriting khususnya untuk produk UMKM, perencanaan naskah iklan, SEO copywriting, pembuatan naskah iklan, teknik storytelling untuk copywriting serta merancang strategi dan pembelian media. 

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam menulis naskah iklan dan bekerja dalam bidang periklanan seperti copywriter, maupun memulai bisnis sendiri dalam skala UMKM.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam membuat naskah iklan (Copywriting) produk UMKM sebagai Spesialis Periklanan sesuai dengan standar SKKNI Bidang Keahlian Periklanan serta prosedur yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu menjelaskan konsep usaha berbasis UMKM dan peran penting Copywriting untuk di bidang UMKM.

2. Peserta mampu mengklasifikasikan karakteristik Copywriting untuk produk UMKM.

3. Peserta mampu menunjukkan kompetensi khusus bagi Copywriter profesional.

4. Peserta mampu menjelaskan konteks dan elemen-elemen dalam teks Copywriting, serta mengidentifikasi macam-macam Copywriting.

5. Peserta mampu menerangkan kemampuan dasar menulis dalam Copywriting.

6. Peserta mampu mengklasifikasikan langkah- langkah serta strategi untuk dapat berpikir kreatif.

7. Peserta mampu menguraikan teknik mengidentifikasi kebutuhan iklan, menyimpulkan konsep kreatif dan pesan utama iklan, parameter evaluasi, dan teknik merancang strategi komunikasi dengan klien.

8. Peserta mampu mengidentifikasi faktor Demography dan Psychography, menerangkan cara merumuskan strategi berdasarkan kebutuhan klien, dan mampu mengimplementasikan parameter evaluasi.

9. Peserta mampu berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien serta mampu melakukan presentasi untuk mendapatkan persetujuan klien.

10. Peserta mampu bersikap teliti dalam proses perencanaan naskah, dan bersikap komunikatif saat bernegosiasi dengan klien.

11. Peserta mampu menyatakan konsep dasar SEO dan SEO dalam Copywriting, serta On Page dan Off Page pada SEO.

12. Peserta mampu memperagakan cara melakukan riset kata kunci dan melakukan penerapan SEO Copywriting untuk produk UMKM.

13. Peserta mampu bersikap cermat dan teliti dalam melakukan riset kata kunci.

14. Peserta mampu menerangkan cara membuat Headline, menyusun konsep formula AIDA untuk naskah iklan, dan konsep psikologi warna untuk desain visual Copywriting.

15. Peserta mampu menjelaskan langkah- langkah dalam menyusun naskah Copywriting dengan formula AIDA, menerangkan konsep eksekusi visual desain dalam Copywriting, menunjukkan pengaruh visual desain dalam copywriting, dan mampu mengevaluasi kesalahan pada naskah Copywriting.

16. Peserta mampu bersikap cermat dalam menyusun naskah iklan dan kreatif dalam membuat desain visual Copywriting.

17. Peserta mampu mengklasifikasikan konsep, komponen, dan perangkat Storytelling, serta konsep emosi dalam naskah iklan.

18. Peserta mampu menyusun strategi dalam melakukan pemasaran emosi (emotional marketing), mampu menggunakan teknik Storytelling, dan mampu menyusun strategi komunikasi Storytelling untuk produk UMKM.

19. Peserta mampu bersikap cermat dan kritis dalam menentukan strategi untuk menulis naskah iklan menggunakan teknik Storytelling atau Emotional Marketing.

20. Peserta mampu menjelaskan konteks UX Writing, menguraikan komponen-komponen dasar UX Writing, dan teknik-teknik yang digunakan dalam menyusun UX Writing.

21. Peserta mampu mengaplikasikan teknik UX Writing dan menganalisa hasil produk UX Writing.

22. Peserta mampu bersikap teliti dan mencermati komponen-komponen UX Writing, teknik-teknik untuk menyusun produk UX Writing dan bersikap kritis dalam menganalisa hasil produk UX Writing.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Konsep dasar Copywriting dan kaitannya langsung dengan program usaha UMKM

2. Kompetensi khusus seorang Copywriter

Ada pada materi: Copywriting untuk Produk UMKM

3. Bagian-bagian dari naskah Copywriting

4. Skill dasar menulis naskah Copywriting

5. Teknik berpikir kreatif

Ada pada materi: Konsep Dasar dalam Copywriting

6. Kebutuhan iklan dan UMKM

7. Faktor Demography dan Psychography

8. Konsep berpikir kreatif

9. Parameter Evaluasi

10. Strategi komunikasi dengan klien

Ada pada materi: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting) sesuai Kebutuhan UMKM

11. Konsep dasar SEO On Page dan SEO Off Page serta penerapannya pada UMKM

12. Teknik riset Keyword/kata kunci

Ada pada materi: SEO Copywriting

13. Strategi kreatif membangun headline

14. Formula AIDA

15. Psikologi warna dan visual desain

16. Evaluasi kesalahan penulisan

Ada pada materi: Menulis Naskah Iklan (Copywriting)

17. Konsep dasar, perangkat, teknik dan strategi komunikasi Storytelling untuk UMKM

18. Pemasaran emosi

Ada pada materi: Storytelling dalam Naskah Iklan (Copywriting)

19. Konteks, komponen-komponen dasar, teknik dalam menyusun dan analisa hasil produk UX writing

Ada pada materi: Menerapkan UX Writing


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mengidentifikasi peran dasar Copywriting dalam aktivitas usaha UMKM

2. Menganalisis skill khusus yang harus dikuasai untuk menjadi Copywriter

Ada pada materi: Copywriting untuk Produk UMKM

3. Mengidentifikasi konteks, komponen, dan jenis - jenis Copywriting

4. Menganalisis cara berpikir kreatif dan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk menulis naskah Copywriting

Ada pada materi: Konsep Dasar dalam Copywriting

5. Mengidentifikasi kebutuhan dasar UMKM dari iklan

6. Merumuskan strategi dan mulai menyusun konsep kreatif

7. Mengidentifikasi kebutuhan iklan produk UMKM

8. Melakukan parameter evaluasi

9. Berkomunikasi dengan klien

Ada pada materi: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting) sesuai Kebutuhan UMKM

10. Merumuskan SEO dalam Copywriting

11. Melakukan riset Keyword

12. Mengidentifikasi cara kerja SEO On Page dan SEO Off Page

13. Melakukan penerapan SEO untuk produk UMKM

Ada pada materi: SEO Copywriting

14. Menyusun headline menggunakan formula AIDA

15. Memanfaatkan psikologi warna dan visual desain dalam iklan

16. Melakukan evaluasi mandiri pada kesalahan dalam naskah iklan

Ada pada materi: Menulis Naskah Iklan (Copywriting)

17. Merumuskan dan menggunakan konsep dasar, dan teknik komponen Storytelling

18. Menganalisis konsep emosi dalam Copywriting

19. Menjalankan strategi komunikasi Storytelling

Ada pada materi: Storytelling dalam Naskah Iklan (Copywriting)

20. Menerapkan konteks dasar UX Writing

21. Mengaplikasikan teknik penyusunan produk UX Writing

22. Menganalisa hasil produk UX Writing

Ada pada materi: Menerapkan UX Writing


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Detail dalam memperhatikan urgensi Copywriting dalam aktivitas kegiatan UMKM

Ada pada materi: Copywriting untuk Produk UMKM

2. Teliti dalam memastikan komponen, jenis- jenis, kemampuan dasar menulis Copywriting

3. Kreatif dalam penyusunan konsep copywriting

Ada pada materi: Konsep Dasar dalam Copywriting

4. Teliti dalam memastikan proses perencanaan naskah Copywriting

5. Komunikatif ketika bernegosiasi dengan klien

Ada pada materi: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting) sesuai Kebutuhan UMKM

6. Teliti dalam konsep dasar SEO, teknik melakukan riset kunci, hingga pentingnya mengetahui SEO On Page dan SEO Off Page

Ada pada materi: SEO Copywriting

7. Cermat dan teliti dalam menulis naskah Copywriting. Mulai dari menyusun strategi kreatif, menggunakan rumus AIDA, memanfaatkan psikologi warna, hingga mempertimbangkan pengaruh desain visual.

Ada pada materi: Menulis Naskah Iklan (Copywriting)

8. Cermat dan kritis dalam mengaplikasikan teknik Storytelling, dan pemasaran emosi

Ada pada materi: Storytelling dalam Naskah Iklan (Copywriting)

9. Teliti dalam memastikan setiap langkah dalam merancang produk UX Writing, serta analisa produk UX Writing.

Ada pada materi: Menerapkan UX Writing


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan jenjang pendidikan minimal SMA/SMK.

2. Peserta yang memiliki ketertarikan dengan penulisan naskah iklan (Copywriting).

3. Peserta yang memiliki latar belakang bidang periklanan.

4. Peserta yang menggiati UMKM dan membutuhkan ilmu dasar penulisan iklan.

5. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet memadai.


Durasi Per Sesi

TOPIK 1: Copywriting untuk Produk UMKM (35 menit 53 detik)

TOPIK 2: Konsep Dasar dalam Copywriting (40 menit 47 detik)

TOPIK 3: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting) sesuai Kebutuhan UMKM (82 menit 56 detik)

TOPIK 4: SEO Copywriting (65 menit 41 detik)

TOPIK 5: Menulis Naskah Iklan (Copywriting) (69 menit 30 detik)

TOPIK 6: Storytelling dalam Naskah Iklan (Copywriting) (52 menit 43 detik)

TOPIK 7: Menerapkan UX Writing (64 menit 45 detik)


Total Durasi
411 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Rabu pukul 19.00 – 20.00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Eva Christy Veronica. S

Eva Christy Veronica. S merupakan seorang profesional di bidang Copywriting sejak tahun 2017. Ia merupakan lulusan S1 London School of Public Relation dengan gelar Bachelor of Arts - BA, Digital Communication/Multimedia. Selama 5 tahun terakhir menjalankan karir di bidang teknik penulisan iklan/Copywriting di berbagai perusahaan seperti Neuborn Media, Big In Digital Indonesia, dan saat ini berstatus sebagai Copywriter di Cakap.


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(86 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000