Pembelajaran Mandiri & Webinar
Membuat Toko Online di Marketplace untuk Pedagang Melalui Internet
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini merujuk pada KBJI-5244.02 Pedagang Melalui Internet dan SKKNI Nomor 16 Tahun 2018 dengan Kode Unit Kompetensi G.46RIT00.051.1 Menambah Pelanggan Ritel Daring. Melalui pelatihan ini, peserta akan dipandu untuk mampu menguasai teknik pemasaran melalui internet, khususnya pada platform marketplace. Dengan begitu, peserta pun akan siap dalam meniti karier sebagai tenaga kerja pemasaran daring di bidang marketplace untuk membantu perusahaan meningkatkan profit penjualan produk/jasa. Tenaga kerja yang menggeluti pemasaran digital di ranah marketplace diproyeksikan akan makin dibutuhkan di berbagai industri. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet indonesia (APJII) menyebutkan bahwa sampai pertengahan tahun 2020 terdapat lebih dari 196 juta orang sudah terhubung dengan internet. Artinya, pada era digital yang telah melahirkan banyak marketplace dari berbagai lini ini, secara langsung ratusan jutaan masyarakat Indonesia telah menjadi target konsumen banyak perusahaan yang bergerak di sistem daring sehingga diperlukan profesi pengelola pemasaran khusus marketplace yang andal untuk mendukung keberlangsungan penjualan perusahaan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengembangkan strategi penjualan dan pelayanan elektronik, mengoptimalkan kehadiran bisnis ritel di internet (web), dan membangun hubungan dengan pelanggan daring sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mengembangkan strategi penjualan elektronik sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis
2. Peserta mampu mengembangkan strategi pelayanan elektronik sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis
3. Peserta mampu mengoptimalkan kehadiran bisnis ritel di internet (web) sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis
4. Peserta mampu membangun hubungan dengan pelanggan daring sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Strategi memperkuat pelayanan dan hubungan dengan pelanggan daring
1) Aspek pengetahuan ini bisa dilihat pada BAB 1 video 5 tentang Fundamental Skill Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) di menit ke 2-3.
2) Aspek pengetahuan ini dapat dilihat di BAB 2 Video 17 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:40.
3) Aspek pengetahuan ini dapat dilihat pada BAB 2 Video 18 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:07
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melakukan analisa untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan daring.
1) Aspek keterampilan ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 1 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 1-1:34.
2) Aspek keterampilan ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 22 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:40 - 3:15
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Kreatif menghasilkan ide-ide mendapatkan pelanggan daring secara optimal. Aspek sikap ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 9 tentang " Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 5:35
Kelompok Sasaran
Persyaratan Umum :
1. Sehat jasmani dan rohani
Persyaratan Khusus
1. Pendidikan minimal SMP
2. Mampu mengoperasikan gawai / laptop / komputer dengan koneksi internet
Durasi Per Sesi
1. Fundamental Skill Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) 49 menit
2. Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) 177 menit
3. Strategi Menambah Pelanggan Daring Melalui Internet (Marketplace) 50 menit
4. Webinar Strategi Optimalisasi Marketplace 140 menit
Total Durasi
416 Menit
Kapasitas Peserta
500 Peserta
Profil Pengajar
1. Divera Wicaksono S.Pt (Instruktur Utama)
Divera Wicaksono adalah seorang praktisi pemasaran digital, pemasaran konten, dan pengembangan blog yang juga merupakan asesor tersertifikasi BNSP di GeTI Incubator. Beliau telah mengantongi pengalaman yang komprehensif selama puluhan tahun di dunia jurnalisme, relasi media, dan e-commerce. Melalui rangkaian pengetahuan yang ekstensif dan gaya mengajar yang interaktif, beliau akan menyampaikan ilmu seputar pemasaran digital dan e-commerce untuk Anda secara menyenangkan.
2. Bayu Astha, S.Kom., M.M.
Bayu Astha Merupakan
instruktur di GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Bayu adalah
seorang entrepreneur sekaligus praktisi manajemen yang telah berpengalaman.
Sudah banyak bisnis yang sukses dikembangkan olehnya, mulai dari bisnis rumah
tangga hingga kuliner, salah satunya What's Up Cafe.
Meski sudah menjadi entrepreneur sejati, Bayu memiliki semangat tinggi untuk
tetap membagikan ilmu dan keinginan menumbuhkan entrepreneur muda yang senang
belajar serta ingin mengetahui suka duka menjadi seorang entrepreneur. Akan ada
banyak ilmu yang siap dia bagikan, mulai dari persiapan menuju karier
profesional, tips dan trik menjadi seorang digital entrepreneurship,
creativepreneur, sociopreneur, dan kiat-kiat mengetahui peluang bisnis di era
digital.
3. Imam Sumantri, S.E., M.Sc.
Imam Sumantri adalah seorang
praktisi yang berkecimpung di bidang e-commerce dan strategi marketing. Bidang
pemasaran ditekuninya selama 8 tahun melalui pendidikan formal dalam negeri
maupun luar negeri, yaitu di Leeds University, Inggris. Selain dari pendidikan
formal, Imam juga memiliki segudang pengalaman berkat kariernya di salah satu
e-commerce decacorn Indonesia, yaitu Tokopedia, selama 2 tahun. Capaiannya pun
cukup cemerlang: Imam telah berhasil mengembangkan lebih dari 15 official store
dan 75 power merchant di Tokopedia dan membawa usaha lokal beralih ke digital.
Kini, Imam Sumantri merupakan instruktur GeTI Incubator yang berperan sebagai
praktisi profesional e-commerce dan strategi marketing dan telah tersertifikasi
BNSP. Berbekal segudang pengalaman yang dimiliki, Ia berkeyakinan penuh untuk
membantu usaha lokal agar bisa berkembang dan bersaing di dunia e-commerce.
4. Dian Rizki Amalia, S.P.
Dian Rizki Amalia adalah salah satu instruktur pelatihan pengelolaan pemasaran digital GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Keahlian sebagai enabler, customer service, dan marketer telah Ia kuasai sejak mulai berkarier pada tahun 2016. Selama berkarier, Dian juga banyak mencetak prestasi. Brand terkemuka seperti Levi's, Eiger, KAO, Air Mancur, dan Brand's (FMCG) pernah Ia tangani. Saat ini, Ia menjabat sebagai Store Operation di GeTI Enabler dan sudah banyak usaha lokal yang dibantu untuk pengelolaan pemasaran digitalnya oleh Dian.
5. Ikko Damayanti, S.Ikom.
Ikko Damayanti adalah
salah satu instruktur GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Selain
itu, Ikko adalah seorang digital marketer profesional yang menangani kegiatan
pemasaran di media sosial dan juga marketplace.
Ketertarikannya dalam Industri kreatif dan agency sudah Ia tekuni sejak di
bangku kuliah, Ia mengambil jurusan dan lulus sebagai sarjana untuk branding
& advertising. Keahliannya terus Ia asah dan kembangkan selama berkarier di
digital agency. Industri creative dan agency yang terus bertumbuh berpeluang
bagi mereka yang menguasainya. Oleh karena itu, Ikko melihat peluang besar bagi
mereka yang ingin belajar dan terus memberikan ilmunya sesuai kebutuhan
lapangan pekerjaan saat ini.
6. Sofa Nutrima Rismawati, S.K.M.,
Supervisor customer
service milenial satu ini memiliki online shop di Instagram dan marketplace
selama 2 tahun. Adalah Sofa Nutrima Rismawati, S.K.M., instruktur GeTI
Incubator bersertifikasi level K4 BNSP yang mempunyai trik-trik khusus
pemasaran modern di era digital.
Berbicara pengalaman, Sofa pernah menjadi tenaga sales dan marketing di bank
milik BUMN dan pernah menjabat sebagai digital marketing dan branding untuk
produk food & beverage di Instagram. Mari gabung di kelas Sofa untuk siap
menjadi pengusaha online di bagian marketplace.
7. Nur Hidayati, S.M.
Nur Hidayati atau akrab
dipanggil Atiek adalah seorang merchandiser e-commerce berkompeten sekaligus
instruktur yang telah tersertifikasi BNSP. Sertifikasi yang Ia tempuh adalah
Sertifikasi level K4 BNSP dan Sertifikasi untuk BNSP Competence Operational
Marketers Level 5. Keahlian Atiek adalah membantu perusahaan meningkatkan
profit penjualan produk/jasa, bahkan Ia mampu mengoperasionalkan marketplace
Shopee untuk dapat meningkatkan pengikut hingga 2 ribu orang dalam waktu cepat.
Ia juga sebelumnya memiliki pengalaman menjadi seorang pengajar di suatu
lembaga kursus dan secara privat untuk kalangan SD, SMA, serta mahasiswa.
Passion yang mendarah daging untuk menjadi seorang marketer membuat Atiek
mempunyai usaha kuliner yang sudah dijalankan selama 6 tahun hingga sekarang.
Kini bisnis Atiek menanjak naik dengan menjadi mitra resmi Go-food Indonesia
dan Grab-Food Indonesia serta mempunyai reseller di kawasan Jakarta Selatan dan
sekitar tempat tinggalnya.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Hari: Jumat
Waktu: 13:30 - 14:30 WIB
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Masuk/login ke online.geti.id;
3.Setelah login, pada halaman depan website online.geti.id, pilih daftar kategori "Kartu PraKerja";
4. Pilih dan klik gelombang Program Kartu Prakerja yang kamu ikuti;
5. Masukkan kode voucher/ kupon yang sudah kamu peroleh dari marketplace;
6. Klik "Jelajahi Modul" untuk mulai pelatihan;
Kontak Lembaga Pelatihan
Whatsapp : 08119309114
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp335.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian