Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Membuat Toko Online di Marketplace untuk Pedagang Melalui Internet

Pembelajaran Mandiri & Webinar

Membuat Toko Online di Marketplace untuk Pedagang Melalui Internet

Oleh: GETI Incubator

Pelatihan di GETI Incubator

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini merujuk pada KBJI-5244.02 Pedagang Melalui Internet dan SKKNI Nomor 16 Tahun 2018 dengan Kode Unit Kompetensi G.46RIT00.051.1 Menambah Pelanggan Ritel Daring. Melalui pelatihan ini, peserta akan dipandu untuk mampu menguasai teknik pemasaran melalui internet, khususnya pada platform marketplace. Dengan begitu, peserta pun akan siap dalam meniti karier sebagai tenaga kerja pemasaran daring di bidang marketplace untuk membantu perusahaan meningkatkan profit penjualan produk/jasa. Tenaga kerja yang menggeluti pemasaran digital di ranah marketplace diproyeksikan akan makin dibutuhkan di berbagai industri. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet indonesia (APJII) menyebutkan bahwa sampai pertengahan tahun 2020 terdapat lebih dari 196 juta orang sudah terhubung dengan internet. Artinya, pada era digital yang telah melahirkan banyak marketplace dari berbagai lini ini, secara langsung ratusan jutaan masyarakat Indonesia telah menjadi target konsumen banyak perusahaan yang bergerak di sistem daring sehingga diperlukan profesi pengelola pemasaran khusus marketplace yang andal untuk mendukung keberlangsungan penjualan perusahaan.

Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengembangkan strategi penjualan dan pelayanan elektronik, mengoptimalkan kehadiran bisnis ritel di internet (web), dan membangun hubungan dengan pelanggan daring sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis.

Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu mengembangkan strategi penjualan elektronik sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis

2. Peserta mampu mengembangkan strategi pelayanan elektronik sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis

3. Peserta mampu mengoptimalkan kehadiran bisnis ritel di internet (web) sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis

4. Peserta mampu membangun hubungan dengan pelanggan daring sesuai dengan standar SKKNI nomor 16 tahun 2018 minimal satu kali dalam simulasi dan mengerjakan evaluasi tertulis

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Strategi memperkuat pelayanan dan hubungan dengan pelanggan daring

1) Aspek pengetahuan ini bisa dilihat pada BAB 1 video 5 tentang Fundamental Skill Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) di menit ke 2-3.

2) Aspek pengetahuan ini dapat dilihat di BAB 2 Video 17 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:40.

3) Aspek pengetahuan ini dapat dilihat pada BAB 2 Video 18 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:07

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Melakukan analisa untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan daring.

1) Aspek keterampilan ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 1 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 1-1:34.

2) Aspek keterampilan ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 22 tentang "Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 0:40 - 3:15

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Kreatif menghasilkan ide-ide mendapatkan pelanggan daring secara optimal. Aspek sikap ini dapat ditemukan di BAB 2 Video 9 tentang " Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace)" di menit ke 5:35

Kelompok Sasaran

Persyaratan Umum :

1. Sehat jasmani dan rohani

Persyaratan Khusus

1. Pendidikan minimal SMP

2. Mampu mengoperasikan gawai / laptop / komputer dengan koneksi internet

Durasi Per Sesi

1. Fundamental Skill Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) 49 menit

2. Skill Operasional Pengelola Pemasaraan Melalui Internet (Marketplace) 177 menit

3. Strategi Menambah Pelanggan Daring Melalui Internet (Marketplace) 50 menit

4. Webinar Strategi Optimalisasi Marketplace 140 menit

Total Durasi

416 Menit

Kapasitas Peserta

500 Peserta

Profil Pengajar

1.    Divera Wicaksono S.Pt (Instruktur Utama)

Divera Wicaksono adalah seorang praktisi pemasaran digital, pemasaran konten, dan pengembangan blog yang juga merupakan asesor tersertifikasi BNSP di GeTI Incubator. Beliau telah mengantongi pengalaman yang komprehensif selama puluhan tahun di dunia jurnalisme, relasi media, dan e-commerce. Melalui rangkaian pengetahuan yang ekstensif dan gaya mengajar yang interaktif, beliau akan menyampaikan ilmu seputar pemasaran digital dan e-commerce untuk Anda secara menyenangkan. 

2.    Bayu Astha, S.Kom., M.M.

Bayu Astha Merupakan instruktur di GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Bayu adalah seorang entrepreneur sekaligus praktisi manajemen yang telah berpengalaman. Sudah banyak bisnis yang sukses dikembangkan olehnya, mulai dari bisnis rumah tangga hingga kuliner, salah satunya What's Up Cafe.

Meski sudah menjadi entrepreneur sejati, Bayu memiliki semangat tinggi untuk tetap membagikan ilmu dan keinginan menumbuhkan entrepreneur muda yang senang belajar serta ingin mengetahui suka duka menjadi seorang entrepreneur. Akan ada banyak ilmu yang siap dia bagikan, mulai dari persiapan menuju karier profesional, tips dan trik menjadi seorang digital entrepreneurship, creativepreneur, sociopreneur, dan kiat-kiat mengetahui peluang bisnis di era digital.

3.    Imam Sumantri, S.E., M.Sc.

Imam Sumantri adalah seorang praktisi yang berkecimpung di bidang e-commerce dan strategi marketing. Bidang pemasaran ditekuninya selama 8 tahun melalui pendidikan formal dalam negeri maupun luar negeri, yaitu di Leeds University, Inggris. Selain dari pendidikan formal, Imam juga memiliki segudang pengalaman berkat kariernya di salah satu e-commerce decacorn Indonesia, yaitu Tokopedia, selama 2 tahun. Capaiannya pun cukup cemerlang: Imam telah berhasil mengembangkan lebih dari 15 official store dan 75 power merchant di Tokopedia dan membawa usaha lokal beralih ke digital.
Kini, Imam Sumantri merupakan instruktur GeTI Incubator yang berperan sebagai praktisi profesional e-commerce dan strategi marketing dan telah tersertifikasi BNSP. Berbekal segudang pengalaman yang dimiliki, Ia berkeyakinan penuh untuk membantu usaha lokal agar bisa berkembang dan bersaing di dunia e-commerce.

4.    Dian Rizki Amalia, S.P.

Dian Rizki Amalia adalah salah satu instruktur pelatihan pengelolaan pemasaran digital GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Keahlian sebagai enabler, customer service, dan marketer telah Ia kuasai sejak mulai berkarier pada tahun 2016. Selama berkarier, Dian juga banyak mencetak prestasi. Brand terkemuka seperti Levi's, Eiger, KAO, Air Mancur, dan Brand's (FMCG) pernah Ia tangani. Saat ini, Ia menjabat sebagai Store Operation di GeTI Enabler dan sudah banyak usaha lokal yang dibantu untuk pengelolaan pemasaran digitalnya oleh Dian.

5.    Ikko Damayanti, S.Ikom.

Ikko Damayanti adalah salah satu instruktur GeTI Incubator yang telah tersertifikasi BNSP. Selain itu, Ikko adalah seorang digital marketer profesional yang menangani kegiatan pemasaran di media sosial dan juga marketplace.
Ketertarikannya dalam Industri kreatif dan agency sudah Ia tekuni sejak di bangku kuliah, Ia mengambil jurusan dan lulus sebagai sarjana untuk branding & advertising. Keahliannya terus Ia asah dan kembangkan selama berkarier di digital agency. Industri creative dan agency yang terus bertumbuh berpeluang bagi mereka yang menguasainya. Oleh karena itu, Ikko melihat peluang besar bagi mereka yang ingin belajar dan terus memberikan ilmunya sesuai kebutuhan lapangan pekerjaan saat ini. 

6.    Sofa Nutrima Rismawati, S.K.M.,

Supervisor customer service milenial satu ini memiliki online shop di Instagram dan marketplace selama 2 tahun. Adalah Sofa Nutrima Rismawati, S.K.M., instruktur GeTI Incubator bersertifikasi level K4 BNSP yang mempunyai trik-trik khusus pemasaran modern di era digital.
Berbicara pengalaman, Sofa pernah menjadi tenaga sales dan marketing di bank milik BUMN dan pernah menjabat sebagai digital marketing dan branding untuk produk food & beverage di Instagram. Mari gabung di kelas Sofa untuk siap menjadi pengusaha online di bagian marketplace. 

7.    Nur Hidayati, S.M.

Nur Hidayati atau akrab dipanggil Atiek adalah seorang merchandiser e-commerce berkompeten sekaligus instruktur yang telah tersertifikasi BNSP. Sertifikasi yang Ia tempuh adalah Sertifikasi level K4 BNSP dan Sertifikasi untuk BNSP Competence Operational Marketers Level 5. Keahlian Atiek adalah membantu perusahaan meningkatkan profit penjualan produk/jasa, bahkan Ia mampu mengoperasionalkan marketplace Shopee untuk dapat meningkatkan pengikut hingga 2 ribu orang dalam waktu cepat. Ia juga sebelumnya memiliki pengalaman menjadi seorang pengajar di suatu lembaga kursus dan secara privat untuk kalangan SD, SMA, serta mahasiswa.

Passion yang mendarah daging untuk menjadi seorang marketer membuat Atiek mempunyai usaha kuliner yang sudah dijalankan selama 6 tahun hingga sekarang. Kini bisnis Atiek menanjak naik dengan menjadi mitra resmi Go-food Indonesia dan Grab-Food Indonesia serta mempunyai reseller di kawasan Jakarta Selatan dan sekitar tempat tinggalnya.

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Hari: Jumat

Waktu: 13:30 - 14:30 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Masuk/login ke online.geti.id;

3.Setelah login, pada halaman depan website online.geti.id, pilih daftar kategori "Kartu PraKerja";

4. Pilih dan klik gelombang Program Kartu Prakerja yang kamu ikuti;

5. Masukkan kode voucher/ kupon yang sudah kamu peroleh dari marketplace;

6. Klik "Jelajahi Modul" untuk mulai pelatihan;

Kontak Lembaga Pelatihan

Whatsapp : 08119309114


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp335.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved