Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mempelajari Potensi Bisnis Ritel Daring untuk Pemilik Toko UMKM

Pembelajaran Mandiri

Mempelajari Potensi Bisnis Ritel Daring untuk Pemilik Toko UMKM

Oleh: Pijar Mahir

Pelatihan di Pijar Mahir

0

4.0(1)
3 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, pastinya ada banyak peluang bisnis secara daring yang dapat dieksplorasi.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mengupas tuntas dasa-dasar dan tata cara untuk menjalankan sebuah bisnis ritel daring  dengan 

1. Mengidentifikasi ide bisnis dan tren dan macam-macam model bisnis ritel daring

2. Daring yang menghasilkan efisiensi operasional, penjualan, dan pelayanan serta kelayakan dari berbagai aplikasi dan sistem bisnis daring

3. Mengidentifikasi kegiatan utama dalam menjalankan bisnis ritel daring

4. Memiliki pengetahuan mengenai dasar-dasar membangun bisnis ritel daring.

5. Pentingnya dan tata cara berjualan secara daring dengan efektif

6. Menentukan  target market, memilih produk yang akan dijual, menetapkan harga jual, dan mengetahui berbagai sarana yang ada untuk memulai berjualan.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu menyusun strategi dan menerapkan model bisnis ritel daring sesuai standar SKKNI Nomor 20 tahun 2019, khususnya untuk UMKM dan pemilik toko.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta memiliki pengetahuan cara menilai potensi pengembangan bisnis ritel daring

2. Peserta memiliki pengetahuan mengenai analisis strategi bisnis daring yang menghasilkan efisiensi operasional, penjualan, dan pelayanan kelayakan dari berbagai aplikasi dan sistem bisnis daring.

3. Peserta memiliki pengetahuan mengenai penerapan pemasaran digital  melalui perangkat lunak (WhatsApp dan Marketplace). 

4. Peserta mampu menyusun dan menentukan strategi bisnis ritel daring

5. Peserta mampu meneliti ide bisnis, tren, target  market, dan macam-macam model bisnis ritel daring

6. Peserta mampu memanfaatkan WhatsApp dan marketplace

7. Perlunya sikap cermat dalam memastikan kesiapan sarana operasional perdagangan ritel daring

8. Perlunya kecermatan dalam mengelola hubungan dengan pembeli

9. Perlunya sikap kreatif dan cermat dalam melakukan merchandising barang dagangan secara daring


Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)

1. Peserta memiliki pengetahuan mengenai dasar-dasar membangun bisnis ritel daring

2. Peserta memiliki pengetahuan dasar dalam pembentukan aspek pemasaran digital

3. Peserta memiliki pengetahuan mengenai macam-macam model bisnis ritel daring


Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)

1. Peserta mampu menyusun strategi bisnis ritel daring

2. Peserta mampu menerapkan  pemasaran digital dalam berjualan

3. Peserta mampu untuk menentukan model bisnis ritel daring yang sesuai


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Peserta memiliki sikap cermat ketika menyusun strategi bisnis ritel daring seperti

2. Peserta memiliki sikap disiplin ketika menerapkan dasar-dasar pemasaran digita

3. Peserta memiliki sikap  cermat ketika merencanakan model bisnis yang dilakukan


Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA/Sederajat

2. Memiliki gadget dengan internet

3. ​​Memiliki kemampuan bahasa inggris (minimal pasif)

4. Memiliki kemauan dan kerangka berpikir untuk menjadi wirausaha


Durasi Per Sesi

1. Mengapa Mulai Jualan Online Sekarang? : (39:27 menit)
2. Kuasai 6 Hal Penting Marketing Online Untuk Menuju Sukses : (28:53 menit)
3. Apakah Saya Harus Menjadi Supplier, Reseller, atau Dropshipper? : (36:56 menit)
4. Kepada Siapa Saya Harus Menjual Produk Saya? (Target Market) : (23:40 menit)
5. Produk Apa yang Sebaiknya Saya Jual? : (22:59 menit)
6. Cara Menentukan Harga Jual yang Tepat : (24:56 menit)
7. Cara Mulai Berjualan di WhatsApp : (35:56 menit)
8. Cara Mulai Berjualan di Marketplace : (22:27 menit)
9. Belajar Copywriting, Dasar untuk Jualan : (52:08 menit)
10. Membuat Photo produk yang Menjual : (45:54 menit)
11. Tips Promosi yang Efektif untuk Berjualan Online : (33:48 menit)


Total Durasi

367 Menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Level Pelatihan 

Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Kompetensi Kelulusan dan Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Setiap Jumat jam 16:00 - 17.00 WIB


Profil Pengajar

M. B. Sandhi Pratama
Profesional di industri teknologi dan mendalami digital marketing lebih dari 10 tahun. Juga berpengalaman di bidang edukasi sebagai praktisi dan mentor  lebih dari 5 tahun terutama dalam bidang kewirausahaan.

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.0

/5

(1 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp650.000