Pembelajaran Mandiri
Menangani Peminjam Bermasalah dalam Perbankan
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Asinkronus / Pembelajaran MandiriOkupasi Pelatihan: Debt Collectors and Related Workers
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020
Gambaran Pelatihan
Program pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam mengenai peran dan tanggung jawab seorang debt collector perbankan, khususnya dalam menangani peminjam bermasalah. Mencakup keterampilan identifikasi potensi nasabah kredit, komunikasi dan negosiasi dengan nasabah, pengelolaan stres dan empati, hingga strategi perkreditan.
Kompetensi yang Dilatih
Program pelatihan ini membekali peserta dengan kompetensi manajemen pelayanan nasabah secara responsif dan terbuka, strategi pendekatan dengan nasabah, etika penagihan, manajemen waktu dan penetapan prioritas, hingga rancangan strategi dan adopsi teknologi dalam perkreditan.
Tujuan Pembelajaran
Peserta pelatihan mampu membuat strategi perkreditan untuk debitur yang memiliki masalah kredit macet dan memanfaatkan teknologi dalam strategi perkreditan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat strategi perkreditan untuk debitur yang memiliki masalah kredit macet dan memanfaatkan teknologi dalam strategi perkreditan dengan menunjukkan 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu :
Menunjukkan pemahaman dalam konsep identifikasi kebijakan, sistem dan prosedur kredit.
Mempraktikkan peningkatan pelayanan nasabah dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami, responsif, ramah, dan terbuka.
Menunjukkan cara negosiasi dan penyelesaian masalah dengan prosedur khusus, strategi pendekatan yang efektif, hingga kebijakan dan kode etik penagihan.
Mempraktikkan teknik pengelolaan stres dalam pemeliharaan nasabah kredit dengan manajemen waktu, penetapan prioritas, dan pengaturan jadwal.
Menunjukkan rancangan strategi perkreditan dengan pertimbangan sejarah kredit, kapasitas pembayaran, karakter peminjam, hingga adopsi teknologi dalam perkreditan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan dasar tentang pengenalan potensi nasabah kredit oleh bank
Pelayanan nasabah dan penagihan pinjaman dengan komunikasi yang efektif
Teknik negosiasi dan penyelesaian masalah dalam konteks penagihan hutang
Pengelolaan stres dan empati dalam penagihan hutang
Perancangan strategi perkreditan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan pemahaman konsep identifikasi potensi nasabah kredit.
Mempraktikkan peningkatan pelayanan nasabah dengan prinsip dasar komunikasi efektif
Menunjukkan cara negosiasi dan penyelesaian masalah
Mempraktikkan teknik pengelolaan stres dan empati dalam pemeliharaan nasabah kredit
Menunjukkan langkah kunci dalam strategi perkreditan yang efektif
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Jujur dan teliti
Komunikatif dan visioner
Komunikatif dan solutif
Berpikir dan bertindak positif
Kreatif dan cermat
Syarat dan Ketentuan Lainnya
Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas
Syarat pendidikan peserta adalah minimal SD sederajat
Peserta yang sedang mengemban profesi debt collector atau penagih hutang / yang sudah mengemban profesi sebagai debt collector atau penagih hutang serta ingin mengupgrade skill dan kemampuannya
Peserta tertarik dalam dunia kredit perbankan
Memiliki gawai / perangkat elektronik untuk mengikuti pelatihan, mengerjakan Tugas Praktik Mandiri, dan Unjuk Keterampilan
Durasi per Sesi
Pengenalan Penagihan Pinjaman 117 menit
Komunikasi Efektif dalam Penagihan Pinjaman 92 menit
Teknik Negosiasi dan Penyelesaian Masalah 118 menit
Pengelolaan Stres dan Empati 118 menit
Merancang Strategi Perkreditan 101 menit
Total Durasi
545 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Metode Pembelajaran
Self Paced Learning
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan, peserta diminta untuk membuat strategi perkreditan untuk debitur yang memiliki masalah kredit macet dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu, dengan memperhatikan alat atau platform teknologi yang akan diterapkan, cara memanfaatkan teknologi dalam merancang strategi perkreditan, manfaat dan tantangan yang mungkin timbul, dan langkah-langkah yang diambil untuk melaksanakan strategi perkreditan tersebut.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Gunawan Riyanto merupakan debt/field collector yang sudah melalangbuana di bidang collecting selama belasan tahun di salah satu perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar di Indonesia.Langkah Redeem Voucher
1. Buka link http://www.kelas.com/2. Lakukan login atau daftar akun (apabila kamu belum memiliki akun kelas.com)
3. Masuk ke katalog prakerja
4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem
5. Pilih tombol redeem kelas
6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja
7. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms8. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja.
9. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)
*Note : untuk 1 kode voucher hanya dapat ditukarkan 1x
Kontak Lembaga Pelatihan
Whatsapp : 085881486280Email : support@kelas.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.000.000