Pembelajaran Mandiri
Menciptakan Karya Desain Digital untuk Perancang Grafis
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda pembelajaran mandiri
Okupasi Pelatihan: Perancang Grafis
Rujukan Okupasi: WEF Job Future 18. Graphic Design
Gambaran Pelatihan
Program pelatihan ini bertujuan untuk menunjukkan langkah-langkah penggunaan layout pada sebuah karya desain dengan menggunakan program Adobe Illustrator, dan membuat desain kemasan untuk membuat portofolio desain sesuai dengan standar nasional (SKKNI Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual) berlaku dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi saat Unjuk Keterampilan.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal terkait dengan menerapkan prinsip desain, menyusun design brief, merumuskan konsep desain, mengoperasikan perangkat lunak desain, menciptakan karya desain, mengevaluasi hasil karya desain, mempresentasikan karya desain.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Mengenal Konsep Desain dan Perancang Grafis
Sesi 2: Menyusun Design Brief
Sesi 3: Teknologi dan Perangkat Lunak Desain Grafis
Sesi 4: Menciptakan Karya Desain
Sesi 5: Mengevaluasi dan Menyusun Hasil Karya Desain
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan langkah-langkah penggunaan layout pada sebuah karya desain dengan menggunakan program Adobe Illustrator, dan membuat desain kemasan untuk membuat portofolio desain sesuai dengan standar nasional (SKKNI Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual) berlaku dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi saat Unjuk Keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
1. Peserta mampu mengimplementasikan layout pada karya desain
2. Peserta mampu mengimplementasikan tahapan dalam menyusun design brief
3. Peserta mampu menggunakan Adobe Illustrator untuk Menciptakan Karya Desain Grafis
4. Peserta mampu mengimplementasikan langkah-langkah karya desain
5. Peserta mampu mengidentifikasi konsep dasar evaluasi karya desain
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Konsep dasar desain grafis
- Skill, Pengetahuan, dan Karakter Perancang Grafis
- Tipografi pada Desain Grafis
- Jenis Satuan Ukuran Standar Sesuai Proyek
- Animasi dan logo
- Design brief
- Perangkat lunak dan keras yang digunakan untuk mendesain
- Editing Photo
- Proses evaluasi hasil desain
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Menggunakan dan menyusun desain brief
- Membuat/Menyusun waktu dan anggaran project design sesuai tahapan kerja
- Menggunakan tools pada Adobe Illustrator
- Mengimplementasikan teknik photo editing untuk desain kemasan
- Menampilkan karya desain grafis berupa desain kemasan makanan menggunakan Adobe Illustrator
- Melakukan evaluasi karya desain
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Tepat dalam membuat konsep layout untuk karya desain
- Cermat dalam mengenal gambar dua dan tiga dimensi
- Teliti dalam menyusun design brief
- Terampil dalam menentukan waktu dan anggaran project design sesuai tahapan kerja
- Bersikap kritis dalam memilih jenis-jenis perangkat lunak dan keras yang digunakan untuk mendesain
- Cermat dalam menyusun portofolio desain
- Bijak dalam mengidentifikasi keunggulan karya desain
- Detail dalam melakukan editing photo
- Aktif dalam membuat presentasi hasil karya desain kepada Klien dan Art Director
Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SD/SMP
2. Peserta yang memiliki berlatar belakang di bidang desain grafis
3. Peserta yang tertarik untuk mempelajari karya desain digital
4. Peserta yang memiliki smartphone dan laptop
5. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai
6. Peserta memiliki akun Google Meet
Durasi Per Sesi
Mengenal Konsep Desain dan Perancang Grafis 108 menit
Menyusun Design Brief 108 menit
Teknologi dan Perangkat Lunak Desain Grafis 108 menit
Menciptakan Karya Desain 108 menit
Mengevaluasi dan Menyusun Hasil Karya Desain 108 menit
Total Durasi
540 menit
Metode Pembelajaran
Self Paced Learning
Kapasitas Pelatihan
Unlimited
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta membuat desain kemasan makanan berdasarkan pilihan kemasan makanan yang terdapat di design kit (mock up kemasan, logo halal, variasi logo merk, dan variasi foto makanan: dapat berupa keripik buah, keripik sayur, aneka bumbu, atau snacks). Peserta mengkonversi hasil desain kemasan menjadi format .png dan .pdf serta membuat slide PPT sederhana yang berisi desain kemasan makanan, nama produk, dan alasan pemilihan warna pada desain tersebut.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Profil Pengajar
1. Dita Citra Prasasti : Seorang Desainer Grafis yang senang terlibat dalam semua aspek desain mulai dari tata letak, branding, dan konten kreatif hingga produksi dengan pengalaman lebih dari lima tahun
2. Wahyu Supriyanto
Seorang fotografer profesional dengan pengalaman di bidang animasi 2D
3. Jatmiko Wicaksono
Seorang desain grafis untuk industri hospitality dan memiliki pengalaman sebagai pengajar desain grafis selama 10 tahun
Panduan Redeem Voucher
1. Tukarkan kode belajar dan kode redeem (prakerja) kamu di sini. Lewati langkah ini jika sudah menukar kode dan hanya dapat dilakukan untuk kelas pertama saja.
2. Setelah penukaran Kode Prakerja berhasil, akses dashboard Cakap dan masuk kelas sesi pertama
3. Setelah Verifikasi Wajah berhasil dan kehadiran terverifikasi, maka kamu dapat mengikuti pembelajaran mandiri untuk sesi pertama
4. Untuk sesi kedua dan seterusnya, sesi dapat diakses 1x24 jam setelah sesi sebelumnya selesai. Contohnya, jika sesi selesai pada 3 Desember 2023 jam 15:05 WIB maka sesi selanjutnya bisa diakses 4 Desember 2023 jam 15:05 WIB
5. Lakukan Verifikasi Wajah pada tiap sesi pembelajaran agar kamu tercatat hadir
6. Kamu hanya bisa menyelesaikan 1 sesi per hari
7. Untuk melihat cara verifikasi wajah, akses tautan berikut https://upskill.cakap.com/informasi
Batas Waktu redem code Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB
Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap
Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Luring/Offline) :
- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.
Kontak Lembaga Pelatihan
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp850.000