Webinar
Mendesain Website bagi UI Designer
Oleh: Hacktiv8 .
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan mendesain User Interface (UI) yang menarik, menjadi faktor penentu daya tarik sebuah platform.
Tujuan umum pelatihan ini adalah mengajarkan peserta peran seorang Desainer UI dalam mengubah ide menjadi prototipe digital, dengan fokus pada UI. Peserta akan menggali dan mempelajari berbagai keterampilan dan teknik Desainer UI menggunakan Figma, termasuk desain prototipe digital dari rapid prototype (Lo-Fidelity/Hi-Fidelity). Dalam kelas ini, peserta tidak hanya akan memahami konsep-konsep dalam industri pemrograman, tetapi juga bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan pada berbagai industri di luar teknologi informasi. Program ini memberikan pengetahuan dan praktik yang memadai bagi mereka yang berminat mengejar profesi sebagai Desainer UI. Pembelajaran akan dilakukan selama 8 sesi melalui berbagai sarana, latihan praktis, dan proyek akhir, sehingga setelah menyelesaikan program, peserta memiliki kompetensi yang memadai untuk menjadi seorang Desainer UI yang sukses.
Tujuan Umum Pelatihan
Lulusan program ini mampu mendesain tampilan aplikasi sesuai dengan dasar interaksi manusia dengan komputer untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung aplikasi dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Memahami definisi dan mindset seorang Desainer Website yang berfokus pada User Interface
2. Memiliki pengetahuan mendalam tentang seluruh siklus hidup desain, mencakup proses, tujuan & alat bantu desain
3. Mempelajari tentang cara pengambilan keputusan berdasarkan pengguna dengan dasar interaksi manusia-komputer dan aspek psikologis.
4. Peserta peka terhadap desain User Interface yang baik bagi pengunjung dengan fokus melakukan riset
5. Menggunakan berbagai alat standar yang banyak digunakan di Industri dan hasil proyek yang ditampilkan untuk User Interface.
6. Mampu membuat tampilan aplikasi yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung
7. Mampu mengikuti standar yang diminta oleh klien dengan manajemen waktu yang baik
8. Mampu menjelaskan bagaimana pengambilan keputusan desain melalui presentasi dari latihan dan tugas akhir yang bisa dijadikan portofolio pribadi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Dasar desain dan tools UI/UX
- Pola pikir Desainer Website yang berfokus pada User Interface
- Design patterns
- Jenis istilah desain dan prototyping
- Jenis interaksi desain
- Digital prototype dari sample wireframe
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Menggunakan Figma untuk kebutuhan mendesain website
- Menentukan langkah-langkah mengubah wireframe menjadi digital prototype
- Melakukan tahapan Design Patterns dengan tools Figma
- Melakukan tahapan pembuatan Mock-up Web/Apps Based
- Membuat digital prototype dari sample wireframe
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Mampu bersikap fokus untuk melakukan riset sebagai seorang Desainer Website yang berfokus pada User Interface
- Mampu mengikuti standar requirement digital prototipe yang sudah ditentukan oleh klien
- Mampu mengatur waktu pengerjaan setiap tugas pada saat mendesain aplikasi
- Mampu berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah dalam pembuatan desain User Interface
Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA/sederajat
2. Berusia minimal 18 tahun.
3. Diperuntukkan bagi mereka yang memiliki latar belakang di industri teknologi (pengembang, desainer, pemilik/manajer produk, dll dan yang tidak memiliki latar belakang teknologi.
4. Apabila memiliki pengalaman dalam mengoperasikan Adobe Photoshop akan lebih baik.
5. Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB dan setidaknya ada 128GB storage available
Durasi Per Sesi
1. Perkenalan: Perbedaan antara UI dan UX Design, Platform/Tools UI Design, Figma 120 menit
2. Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UI Designer 120 menit
3. Design Patterns Utama untuk UI Designer 120 menit
4. Rapid Prototyping 120 menit
5. Digital Prototyping & Tools 120 menit
6. Interaction Design 120 menit
7. Design Sprints 120 menit
8. Langkah Awal Menjadi UI Designer 120 menit
Total Durasi
960 menit
Kapasitas Peserta
100 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Pada unjuk keterampilan, peserta akan diminta untuk membuat sebuah prototipe dalam bentuk Website/Aplikasi dari study case yang ada. Aspek yang akan dinilai dari prototipe buatan peserta adalah Digital Prototype, Mock Up, Trello, dan UI Pattern.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
1. Moh. Riansyah (utama)
Moh. Riansyah memiliki pengalaman yang kaya sebagai Supervisor Desain Produk di PT. Esensi Solusi Buana (ESB) sejak Desember 2021. Ia memimpin tim untuk mendesain produk teknologi F&B seperti POS (Internal & Starbucks), Backoffice, sistem pemesanan (esb order, kiosk), dan situs web keanggotaan dan food venture.
2. Rafiandra Widhiansyah
Rafiandra adalah seorang UX Designer dengan pengalaman 4 tahun yang mengkhususkan diri dalam menciptakan pengalaman digital yang luar biasa. Mahir berkolaborasi dengan tim multidisiplin untuk memberikan solusi berpusat pada pengguna. Terampil dalam menerjemahkan konsep-konsep kompleks menjadi antarmuka yang intuitif, saya berkomitmen untuk menciptakan desain yang berdampak dan resonan dengan pengguna.
Kontak Lembaga Pelatihan
Email: halo@hacktiv8.ac.id
WhatsApp: (021) 8067 5787
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000