Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Bahasa Inggris dalam Kepemanduan Wisata untuk Tourist Guide

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Menerapkan Bahasa Inggris dalam Kepemanduan Wisata untuk Tourist Guide

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(116)
177 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Menurut Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tuntutan dan ekspektasi terhadap kualitas pelayanan pariwisata akan semakin tinggi mengikuti perubahan tren wisata dengan pola dan kebiasaan baru. Peningkatan kualitas pelayanan melalui interaksi yang baik dan komunikatif, serta dapat menciptakan kesan dan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan sangatlah diperlukan. Oleh sebab itu, kemampuan menerapkan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas interaksi dan komunikasi bagi seorang Tourist Guide dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Dengan mengikuti program pelatihan ini, para peserta dapat mempelajari kompetensi-kompetensi yang diperlukan untuk menjadi seorang Tourist Guide serta penerapan Bahasa Inggris dalam okupasi tersebut.

Apa tujuan dari program ini?
Tujuan program ini adalah memperbarui dan mengasah kemampuan pramuwisata (Tourist Guide) dalam penerapan bahasa Inggris praktis pada aktivitas memandu turis dan dasar-dasar konsep Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat menjadi Tourist Guide yang dapat diandalkan dan berdaya saing global.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Pada program ini, peserta akan mempelajari bagaimana menggunakan Bahasa Inggris pada proses pemanduan wisata mulai dari transfer in dan menyambut wisatawan, melakukan pemanduan wisata di objek wisata tertentu, hingga transfer out. Peserta juga akan diajarkan bagaimana berkorespondensi dalam Bahasa Inggris pada kondisi normal maupun dalam penanganan komplain dan kejadian tidak terduga selama kegiatan wisata berlangsung.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Pekerjaan yang relevan dengan program ini adalah pemandu wisata yang mencakup pendamping wisata, pemandu museum, dan pemandu wisata lainnya, pengusaha serta call center agen travel maupun penyedia jasa akomodasi pariwisata.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan Bahasa Inggris pada Kepemanduan Wisata untuk Tourist Guide dengan standar nasional (SKKNI) dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan prosedur dari persiapan tur (Tour Preparation) serta kebutuhan khusus turis.
2. Peserta mampu menerapkan langkah-langkah pada kegiatan Tour Preparation dan mengidentifikasi kebutuhan khusus turis dengan menerapkan bahasa Inggris sesuai prosedur yang berlaku.
3. Peserta mampu menjelaskan aspek kebahasaan (Bahasa Inggris) yang digunakan ketika melaksanakan Tour Preparation.
4. Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip dalam mengomunikasikan informasi secara umum serta dalam konteks Transfer In, Transfer Out dan Tour Schedule.
5. Peserta mampu menjelaskan aspek-aspek dalam bahasa Inggris yang digunakan ketika berkomunikasi sesuai dengan prosedur dan tahapan yang berlaku.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Prosedur persiapan tur
2. Kebutuhan khusus turis
3. Jenis-jenis dokumen wisata

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menerapkan langkah-langkah pada kegiatan Tour Preparation dan mengidentifikasi kebutuhan khusus turis dengan menerapkan bahasa Inggris sesuai prosedur yang berlaku
2. Menerapkan bahasa Inggris ketika melaksanakan prosedur Transfer In dan Transfer Out, menyampaikan jadwal perjalanan, menunjukkan arah, dan membuat papan penjemputan
3. Memberikan informasi yang berkaitan dengan makanan khas suatu daerah, lokasi tujuan wisata, serta kisah-kisah legenda lokal di Indonesia dalam bahasa Inggris

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Bertanggung jawab dalam memberikan informasi serta tepat waktu ketika melaksanakan tur
2. Sopan dan ramah ketika memandu turis dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.
3. Sopan, tegas, dan bertanggung jawab ketika memberikan peringatan maupun himbauan dalam bahasa Inggris

Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK
2. Memiliki perangkat dan jaringan internet
3. Memiliki ketertarikan dengan kepemanduan wisata serta penerapan Bahasa Inggris dalam bidang tersebut
4. Memiliki latar belakang bidang kepemanduan wisata

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Tour Preparation (56 menit 33 detik)
TOPIK 2: Practical English for Tourist Guide (111 menit 35 detik)
TOPIK 3: Guiding a Tour (48 menit 23 detik)
TOPIK 4: Health and Safety Procedures (37 menit 2 detik)
TOPIK 5: Customer's Complaint (32 menit 3 detik)
TOPIK 6: Handling Unexpected Events (39 menit 37 detik)
TOPIK 7: Correspondence Etiquette 44 menit 49 detik

Total Durasi
370 menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Setiap hari Kamis pukul 09.00-10.00 (Amel) dan hari Selasa pukul 16.00-17.00 (Alifa)

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
1. Ameliya Rosita
Ameliya Rosita merupakan Alumni Pascasarjana dari Universitas Gadjah Mada, dan Erasmus Grants dari WU Wien University, Vienna, Austria. Selain memiliki sertifikasi kompetensi BNSP untuk City Tour Guide, Overland Tourist Guide, Tour Leader, Museum Guide, Travel Consultant, beliau merupakan Founder dari Trex Tour serta telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang Kepemanduan.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(116 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved