Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis untuk Spesialis Pemasaran

Pembelajaran Mandiri

Menerapkan Komunikasi Pemasaran dalam Bisnis untuk Spesialis Pemasaran

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(69)
80 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti? 
Sebagai calon pelaku usaha, maupun orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia usaha, maka perlu memahami bahwa peran komunikasi dalam suatu proses pemasaran produk, baik barang maupun jasa sangatlah penting. Terutama di tengah masa pandemi, di mana banyak orang beralih mengubah strategi usaha mereka, menggunakan strategi digital. Maka persaingan dalam dunia usaha menjadi semakin ketat. Para pelaku bisnis dituntut untuk menguasai kemampuan baru, untuk memastikan usaha mereka memiliki nama dan identitas yang kuat. Sehingga mudah dikenali masyarakat, dan memastikan produk yang dijual tetap memiliki pasar yang stabil. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka pelatihan ini hadir dan menjadi kesempatan besar untuk peserta dapat mengembangkan kompetensinya dalam membangun komunikasi publik baik secara langsung maupun tak langsung, dalam upaya mempromosikan produk yang mereka jual.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk fokus pada mengembangkan kemampuan strategi komunikasi pemasaran bagi skala bisnis menengah. Peserta akan diajak untuk mengenali potensi-potensi di sekitar mereka yang dapat dimanfaatkan secara baik dan maksimal bagi pengembangan bisnis mereka maupun bisnis dalam suatu perusahaan. 
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program ini, peserta akan mempelajari konsep dasar komunikasi pemasaran, media komunikasi, level bisnis, komunikasi pemasaran terpadu, strategi budget dan promosi, public relations, persuasi, etika dan risiko dalam komunikasi pemasaran.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berkaitan dengan Strategi Komunikasi Pemasaran khususnya sebagai Spesialis Komunikasi Pemasaran maupun bidang Marketing pada umumnya.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis sebagai Spesialis Pemasaran sesuai dengan SKKNI bidang pemasaran dan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan pengertian dan komponen komunikasi pemasaran, elemen-elemen komunikasi pemasaran., prinsip dasar dan strategi komunikasi pemasaran.
2. Peserta mampu menerapkan strategi komunikasi pemasaran.
3. Peserta mampu bersikap teliti, dan detail dalam memperhatikan lingkungan usaha serta bersikap koordinatif dengan tim di fungsi kerja yang sama. 
4. Peserta mampu menguraikan konteks dasar media komunikasi, konsep pemasaran modern, jenis-jenis media komunikasi beserta karakteristiknya, dan pemasaran melalui media massa.
5. Peserta mampu mengimplementasikan strategi dalam memilih saluran komunikasi, dan menganalisis pemasaran modern.
6. Peserta mampu beradaptasi dengan gaya komunikasi tiap konsumen dan bersikap giat dalam menjalankan tugas harian di bidang penjualan.
7. Peserta mampu menampilkan konsep pemasaran level individual, kelompok, massa dan global serta mampu menjelaskan teknik berkomunikasi dan bernegosiasi dalam bisnis.
8. Peserta mampu menyusun konsep pemasaran dalam berbagai level bisnis, menganalisis lingkungan bisnis serta mampu berkomunikasi dan bernegosiasi dalam bisnis sesuai prosedur yang berlaku.
9. Peserta mampu bersikap ulet dalam melakukan analisis lingkungan bisnis, baik kebutuhan jalur distribusi, pesaing usaha, ataupun proposisi perusahaan dalam menyesuaikan diri terhadap konteks persaingan yang sedang dihadapi. 
10. Peserta mampu menjelaskan konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu/Integrated Marketing Communications (IMC) dan teknik pengelolaan lingkungan layanan. 
11. Peserta mampu mengidentifikasi manfaat IMC dalam bisnis dan bagaimana mengimplementasikannya secara online dan offline.
12. Peserta mampu bersikap profesional dan memaksimalkan upaya IMC dalam bisnis dengan kemampuan strategis dan komunikasi terpadu.
13. Peserta mampu memperhatikan secara detail elemen-elemen dalam lingkungan layanan serta cermat dalam membuat perencanaan pengadaan elemen pembentuk lingkungan layanan.
14. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar promosi, budget/anggaran, dan strategi promotion mix.
15. Peserta mampu melaksanakan rencana aktivitas penjualan, dan menyusun formulasi prediksi serta target penjualan.
16. Peserta mampu bersikap teliti pada detail elemen-elemen pembentuk rencana penjualan.
17. Peserta mampu mengklasifikasikan konsep dasar Public Relations, Marketing Public Relations, dan Strategi Portofolio Merek. 
18. Peserta mampu mengonsepkan strategi portofolio/merek.
19. Peserta mampu bersikap perhatian pada detail komunikasi merek agar dapat menciptakan komunikasi terintegrasi.
20. Peserta mampu menyebutkan dan menyimpulkan pengertian, manfaat serta macam-macam penulisan konten marketing.
21. Peserta mampu mengidentifikasi jenis konten marketing yang akan diimplementasikan dan mampu menyusun kerangka konten pemasaran.
22. Peserta mampu menempatkan diri sebagai konsumen dan memiliki kepekaan untuk tidak menggunakan pendekatan yang menyinggung SARA.
23. Peserta mampu menerangkan etika dalam komunikasi pemasaran dan mampu menentukan serta menyebutkan pihak yang harus terlibat dalam upaya marketing terintegrasi.
24. Peserta mampu mengatasi dan mengantisipasi risiko komunikasi pemasaran dalam bisnis serta mengidentifikasi stakeholdersdi dalam dan di luar perusahaan.
25. Peserta mampu bertanggung jawab dalam pelaksanaan kampanye marketing untuk kebaikan perusahaan jangka panjang.
26. Peserta mampu bersikap perhatian detail terhadap konsep PCS (People, Customer, Stakeholder).

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Komponen komunikasi pemasaran
2. Elemen-elemen komunikasi pemasaran
3. Prinsip dasar dan strategi komunikasi pemasaran

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menerapkan strategi komunikasi pemasaran
2. Mengimplementasikan strategi dalam memilih saluran komunikasi, dan menganalisis pemasaran modern
3. Beradaptasi dengan gaya komunikasi tiap konsumen

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Teliti dan detail dalam memperhatikan lingkungan usaha 
2. Koordinatif dengan tim di fungsi kerja yang sama
3. Giat dalam menjalankan tugas harian di bidang penjualan

Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan minimal pendidikan D3
2. Peserta yang memiliki ketertarikan di bidang komunikasi pemasaran
3. Peserta yang saat ini bekerja atau memiliki pengalaman di bidang pemasaran/marketing
4. Peserta yang memiliki bisnis skala menengah 
5. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet memadai

Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Konsep Dasar Komunikasi dan Pemasaran (27 menit 14 detik)
TOPIK 2: Media Komunikasi dalam Komunikasi Pemasaran (51 menit 32 detik)
TOPIK 3: Level Bisnis dalam Komunikasi Pemasaran (35 menit 33 detik)
TOPIK 4: Komunikasi Pemasaran Terpadu (58 menit 47 detik)
TOPIK 5: Strategi Budget dan Promosi (91 menit 9 detik)
TOPIK 6: Public Relations dalam Komunikasi Pemasaran (60 menit 39 detik)
TOPIK 7: Persuasi dalam Komunikasi Pemasaran (51 menit 19 detik)
TOPIK 8: Etika dan Risiko dalam Komunikasi Pemasaran (40 menit 50 detik)

Total Durasi
417 Minutes

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Minggu 16.00-17.00

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Mode Penyampaian

Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.


Metode Evaluasi

1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat 

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Zaneti Sugiharti 
Zaneti Sugiharti merupakan profesional di bidang Marketing Komunikasi sejak tahun 2011. Ia merupakan lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dengan predikat Cum Laude dan selama 10 tahun terakhir menjalani pekerjaan di bidang Marketing Communications di berbagai perusahaan multinasional seperti Pulse by Ogilvy PR, JW Marriott Hotel, Shangri-La Hotel, EF English First dan Pintaria.com. Saat ini ia menjabat sebagai Partnership Lead di sebuah perusahaan finansial multinasional.

Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(69 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000