Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Pelayanan Perjamuan untuk Tamu Hotel sebagai Pramusaji

Pembelajaran Mandiri

Menerapkan Pelayanan Perjamuan untuk Tamu Hotel sebagai Pramusaji

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Dalam industri perhotelan, terdapat departemen-departemen yang sangat besar perannya dalam perkembangan bisnis suatu hotel. Selain sarana akomodasi, terdapat pelayanan yang diberikan dari departemen Banquet. Keberadaan Banquet sangat penting karena di samping penyuplai bermacam-macam pelayanan makanan dan minuman yang dibutuhkan tamu juga perlu penampilan khusus dan perencanaan acara (function) baik untuk event domestik maupun internasional. Untuk itu perlu diketahui bahwa pekerjaan di Banquet department perlu staf yang benar-benar profesional, mengingat yang dilayani adalah pelayanan makanan & minuman serta penanganan persiapan tempat. Pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Banquet Team di di industri perhotelan. Dengan metode pengajaran yang interaktif, demonstrasi dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga dapat membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi seorang Banquet Team yang mampu untuk melayani pelanggan dengan baik di sebuah hotel. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karir sebagai seorang Banquet Team atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir sebagai seorang Banquet Team maupun di divisi Food & Beverage Department.

Apa saja yang diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan mempelajari bagaimana merencanakan dan menyiapkan makanan untuk Buffet, menyajikan makanan, mengangkut dan menyimpan makanan dengan cara yang aman, menyediakan layanan makanan dan minuman, menyajikan minuman non-alkohol, memperbaharui pengetahuan makanan dan minuman, melakukan kerja sama dengan kolega dan pelanggan, mengelola persediaan dan membersihkan lokasi/area dan peralatan.Dengan mempelajari topik-topik tersebut peserta dapat meningkatkan atau menambah kompetensi dan keterampilan sebagai seorang Banquet Team.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan divisi Food & Beverage Department di industri perhotelan.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam melayani tamu hotel untuk Banquet Team dengan standar nasional (SKKNI Bidang Hotel dan Restoran) serta prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan tugas dan tanggung jawab Banquet Team, pengetahuan dasar Buffet serta jenis-jenis Buffet.
2. Peserta mampu menjelaskan kualitas dan mutu produk Buffet, metode memasak yang tepat untuk Buffet serta pengaturan tampilan meja untuk makanan Buffet. 
3. Peserta mampu bersikap cermat ketika merencanakan Buffet dan tema Buffet serta penyajian makanan dan minuman untuk Buffet.
4. Peserta mampu menjelaskan tata cara penyajian makanan, cara menghitung porsi serta hidangan makanan serta alur kerja dalam mempersiapkan makanan.
5. Peserta mampu menyajikan makanan, menampilkan makanan dan bekerjasama dengan tim untuk layanan makanan berkualitas sesuai dengan standar yang berlaku.
6. Peserta mampu menjelaskan jenis-jenis, tata cara penyimpanan dan pengangkutan makanan.
7. Peserta mampu bersikap disiplin terhadap aturan yang berlaku untuk menjaga kualitas makanan.
8. Peserta mampu menjelaskan prosedur menyiapkan hidangan/area restoran, prosedur pengaturan meja makanan dan minuman serta alur pelayanan dan pengantaran hidangan.
9. Peserta mampu menyambut pelanggan dengan sopan serta teliti ketika mengambil pesanan.
10. Peserta mampu menjelaskan macam-macam minuman teh, kopi dan minuman dingin, perlengkapan atau mesin yang dibutuhkan serta cara mempersiapkannya.
11. Peserta mampu menyajikan minuman non-alkohol sesuai prosedur yang berlaku.
12. Peserta mampu menjelaskan prosedur riset informasi makanan dan minuman serta penyampaian informasi tersebut kepada pelanggan.
13. Peserta mampu memberikan informasi makanan dan minuman kepada pelanggan sesuai dengan aturan yang berlaku. 
14. Peserta mampu menjelaskan tata cara berkomunikasi di tempat kerja, memberikan bantuan untuk tamu, menjaga standar kinerja serta bekerjasama dalam tim.
15. Peserta mampu bersikap ramah dan sopan ketika melakukan kerja sama dan berkomunikasi dengan kolega maupun pelanggan.
16. Peserta mampu menjelaskan spesifikasi persediaan, sistem pengawasan persediaan serta SOP Pengelolaan persediaan. 
17. Peserta mampu mengelola persediaan dengan teliti, efektif, dan efisien.
18. Peserta mampu menjelaskan tata cara membersihkan lokasi/area dan peralatan serta jenis-jenis peralatan yang digunakan.
19. Peserta mampu membersihkan lokasi/area dan peralatan dengan cekatan sesuai prosedur yang berlaku.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)

1. Tugas dan tanggung jawab Banquet Team

2. Pengetahuan dasar menyiapkan Buffet

3. Jenis-jenis Buffet

4. Kualitas dan mutu produk Buffet sesuai SOP

5. Metode memasak yang tepat untuk Buffet

6. Pengaturan tampilan meja untuk makanan Buffet

7. Prinsip penyajian makanan untuk Buffet

8. Tata cara penyajian makanan

9. Cara menghitung porsi dan hidangan makanan

10. Prosedur persiapan awal dan penyajian hidangan makanan

11. Alur kerja dalam mempersiapkan makanan

12. Cara menyiapkan peralatan saji

13. Cara menampilkan makanan dalam suhu yang tepat dan menarik

14. Teknik bekerja sama dalam tim untuk layanan makanan

15. Jenis-jenis, tata cara penyimpanan dan pengangkutan makanan

16. Prosedur menyiapkan hidangan/area restoran

17. Tata cara pengaturan meja makanan dan minuman

18. Tata cara menyambut pelanggan dan mengambil pesanan

19. Alur pelayanan dan pengantaran hidangan

20. Macam-macam minuman teh, kopi dan minuman dingin serta cara mempersiapkannya

21. Perlengkapan atau mesin yang dibutuhkan

22. Jenis-jenis makanan dan minuman

23. Tata cara membagikan informasi makanan dan minuman kepada pelanggan

24. Teknik berkomunikasi dan melakukan kerja sama dengan kolega maupun pelanggan

25. Standar kinerja

26. Spesifikasi persediaan

27. Sistem pengawasan persediaan

28. SOP Pengelolaan persediaan

29. Tata cara membersihkan lokasi/area dan peralatan

30. Jenis-jenis peralatan yang digunakan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Merencanakan Buffet dan tema Buffet

2. Mengidentifikasi kualitas dan mutu produk Buffet sesuai SOP

3. Mengatur tampilan meja untuk makanan Buffet

4. Menyajikan makanan Buffet

5. Menghitung porsi dan hidangan makanan

6. Menampilkan makanan dalam suhu yang tepat dan menarik

7. Bekerja sama dengan tim untuk layanan makanan berkualitas

8. Menyajikan makanan sesuai prosedur yang berlaku

9. Mengangkut dan menyimpan makanan dengan cara yang aman dan higenis

10. Menyiapkan hidangan/area restoran

11. Mengatur meja makanan dan minuman

12. Menyambut pelanggan dan mengambil pesanan

13. Menyiapkan minuman teh, kopi dan minuman dingin

14. Melakukan riset informasi makanan dan minuman

15. Membagikan informasi makanan dan minuman kepada pelanggan

16. Memberikan bantuan untuk tamu internal dan eksternal

17. Berkomunikasi di tempat kerja

18. Bekerja sama dalam tim 

19. Mengelola persediaan sesuai SOP

20. Membersihkan lokasi/area dan peralatan

21. Menyimpan peralatan pembersih dan bahan kimia sesuai prosedur


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Cermat ketika merencanakan Buffet dan tema Buffet serta penyajian makanan dan minuman untuk Buffet

2. Disiplin terhadap aturan yang berlaku untuk menjaga kualitas makanan

3. Sopan ketika menyambut pelanggan

4. Teliti ketika mengambil pesanan

5. Ramah dan sopan ketika melakukan kerja sama dan berkomunikasi dengan kolega maupun pelanggan

6. Mengelola persediaan dengan teliti, efektif, dan efisien

7. Cekatan ketika membersihkan lokasi/area dan peralatan sesuai prosedur yang berlaku


Kelompok Sasaran

Pelatihan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan kriteria sebagai berikut.

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK
2. Memiliki perangkat dan jaringan internet

3. Memiliki ketertarikan dengan bidang pelayanan di industri perhotelan

4. Memiliki latar belakang bidang perhotelan khususnya divisi F&B


Durasi Per Sesi
TOPIK 1 : Merencanakan dan Menyiapkan Makanan untuk Buffet (81 Menit 16 detik)
TOPIK 2 : Menyajikan Makanan (78 Menit 21 detik)
TOPIK 3 : Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman (19 Menit 29 detik)
TOPIK 4 : Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman (43 Menit 54 detik)
TOPIK 5 : Menyajikan Minuman Non-Alkohol (27 Menit 50 detik)
TOPIK 6 : Memperbaharui Pengetahuan Makanan dan Minuman (20 Menit 51 detik)
TOPIK 7 : Melakukan Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan (42 Menit 27 detik)
TOPIK 8 : Mengelola Persediaan (31 Menit 33 detik)
TOPIK 9 : Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan (32 Menit 19 detik)


Total Durasi
378 Menit


Kapasitas Peserta
Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Setiap hari Sabtu pukul 09.30 - 10.30


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Profil Pengajar
Bandu Mardriarso

Bapak Bandu Mardriarso adalah seorang Hotel Business Consultant yang telah berkecimpung di bidang Perhotelan sejak tahun 2014. Beliau telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 7 tahun di berbagai hotel ternama di Indonesia. Beliau telah menempuh pendidikan di bidang perhotelan di Universitas STEIN dan diploma bidang International Cruise Ship.

Cara redeem voucher :
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"

Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat enghubungi tim support kami di +6281287160055


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000