Pembelajaran Mandiri
Menerapkan Strategi Pemasaran di Media Sosial sebagai Digital Marketer
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Berada di dalam era Revolusi Industri 4.0 yang merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama, membuat para pelaku usaha berbondong-bondong melakukan transformasi, seperti contohnya di bidang pemasaran, dari dilakukannya pemasaran offline menuju pemasaran online atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Dilansir dariwww.europeanbusinessreview.com Digital marketing sendiri pada dasarnya adalah sebuah masa depan baru, dengan adanya revolusi di internet, media sosial dan teknologi dapat dikatakan digital marketing adalah sebuah hal yang sangat baik dan dapat membawa perubahan positif di dalam suatu usaha. World Economic Forum (WEF) (2020) juga merilis laporan berjudul The Future Jobsyang memperkirakan karier Digital Marketeradalah salah satu karier yang bakal naik daun 5 tahun mendatang.Meskipun demikian, untuk menjadi seorang Digital Marketer yang profesional dibutuhkan beberapa kemampuan atau kompetensi di antaranya adalah mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan, melakukan analisis lingkungan bisnis, menyusun rencana pemasaran (marketing plan), menggunakan aplikasi media sosial, mengolah data riset, serta mampu mengelola program loyalitas pelanggan.Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Digital Marketer yang mampu untuk menerapkan strategi pemasaran yang paling sesuai untuk pengembangan suatu produk maupun brand. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, studi kasus,demonstrasi dari pemateri, serta refleksi pembelajaran, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi Digital Marketeryang mampu untuk menerapkan strategi pemasaran yang paling sesuai untuk pengembang suatu produk maupun brand. Peserta dapat memahami pengetahuan dasar strategi pemasaran terlebih dahulu sebelum mempelajari praktik Digital Marketing lebih dalam, karena Digital Marketing merupakan salah satu dari bagian upaya kegiatan pemasaran yang bersifat dinamis namun tidak terlepas dari prinsip-prinsip dasar marketing.Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Digital Marketeratau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Digital Marketer.Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang konsep Bauran Promosi (Marketing Mix) 4P dan 7P, Strategi STP dalam Pemasaran, Konsep dan Perangkat (Tools) IMC, Tren Perubahan Teknologi dan Perubahan Pasar, Analisis SWOT, Membuat Digital Marketing Plan, Social Media Maintenance dan Content Plan, Beriklan di Media Sosial Facebook dan Instagram, Analisis laporan iklan Facebook dan Instagram, dan juga mengenai CRM (Customer Relationship Management). Dengan mempelajari topik- topik tersebut peserta dapat meningkatkan atau menambah kompetensi dan keterampilan sebagai seorang Digital Marketer.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Digital Marketing Executive, Digital Strategist, Marketing Executive, Growth Marketing Executive, Performance Marketing Executive, PPC Specialist, Internet Marketing Specialist, Digital Advertising Executive/Consultant
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial sebagai Digital Marketer dengan standar nasional (SKKNI bidang pemasaran) dan prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan bauran promosi (marketing mix 4P dan 7P)
2. Peserta mampu menjelaskan macam-macam target segmen dalam digital marketing
3. Peserta mampu menyebutkan konsep IMC dan 8 alatnya
4. Peserta mampu menjelaskan perkembangan media dalam digital marketing selama beberapa tahun terakhir
5. Peserta mampu melakukan analisis perkembangan pemasaran yang dilakukan kompetitor melalui media sosial
6. Peserta mampu mengidentifikasi perilaku calon pelanggan atau target pasar dalam mengonsumsi produk
7. Peserta mampu melakukan analisis SWOT produk sebelum melakukan pemasaran digital
8. Peserta mampu menentukan objektif pemasaran sesuai dengan produk yang akan dipasarkan
9. Peserta mampu menyusun digital marketing plan sesuai dengan tujuan pemasaran
10. Peserta mampu menjelaskan format dan tipe konten yang berguna untuk pemasaran pada Facebook
11. Peserta mampu menjelaskan format dan tipe konten yang berguna untuk pemasaran pada Instagram
12. Peserta mampu menyebutkan tiga objektif konten pemasaran
13. Peserta mampu mencontohkan konten yang menarik untuk pemasaran pada Instagram dan Facebook berdasarkan objektif pemasaran dan target segmen
14. Peserta mampu menunjukkan sikap kreatif dalam mencontohkan konten untuk Instagram dan Facebook
15. Peserta mampu menyusun jadwal sederhana untuk pembuatan konten media sosial
16. Peserta mampu menjelaskan variabel metrik pada laporan media sosial
17. Peserta mampu melakukan analisis data laporan iklan yang diperoleh dari media sosial
18. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti dalam melakukan analisis laporan iklan yang diperoleh dari media sosial
19. Peserta mampu menyebutkan tipe/jenis konsumen berdasarkan loyalitasnya
20. Peserta mampu menerapkan loyalty program kepada customer yang telah berlangganan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Konsep bauran promosi (marketing mix 4P dan 7P)
2. Strategi STP dalam pemasaran
3. Konsep dan alat-alat tools IMC
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menentukan segmentasi pasar dengan konsep STP
2. Mencari data pemasaran kompetitor melalui media sosial
3. Melakukan analisis terhadap perkembangan kompetitor dan perusahaan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Teliti dalam melakukan analisis SWOT
2. Kreatif dalam membuat konten pemasaran untuk Facebook dan Instagram
3. Disiplin dalam mengikuti jadwal pembuatan konten yang telah disusun
Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan kriteria:
1. Peserta dengan minimal pendidikan D3
2. Memiliki akun Facebook & Instagram
3. Memiliki latar belakang/ketertarikan di bidang pemasaran
4. Memiliki perangkat & akses internet
5. Memiliki dan mampu mengoperasikan Ms. Excel
Durasi Per Sesi
TOPIK 1: Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan :62 menit 36 detik
TOPIK 2: Menganalisis Lingkungan Bisnis : 42 menit 45 detik
TOPIK 3: Menyusun Rencana Pemasaran (Marketing Plan) : 72 menit 16 detik
TOPIK 4: Menggunakan Aplikasi Media Sosial : 94 menit 41 detik
TOPIK 5: Mengolah data Riset : 87 menit 23 detik
TOPIK 6: Mengelola Program Loyalitas Pelanggan : 38 menit 31 detik
Total Durasi
398 menit 12 detik
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Rabu 19.00-20.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Mode Penyampaian
Self Paced Learning
Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Wulan Suci Handayani
Wulan Suci Handayani adalah seorang praktisi pemasaran dengan spesialisasi di bidang Digital Marketing dan Advertising sejak tahun 2015. Saat ini ia bekerja sebagai Senior Digital Marketing di Akseleran yang merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial berbasis peer-to-peer lending.Selama 3 tahun bekerja di Akseleran, ia berkontribusi untuk memasarkan produk-produk Akseleran melalui iklan digital mulai dari tahap peluncuran mobile app Akseleran, akuisisi pengguna baru, optimisasi kampanye di media sosial dan Google platform, hingga kegiatan customer engagement. Sebelum bergabung di Akseleran, ia memiliki pengalaman bekerja sebagai konsultan media planning di advertising agency dengan berbagai macam klien, khususnya dengan klien di bidang industri consumer goods.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.8
/5
(442 Rating)
0
0
0
0
0
Rp500.000