Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Strategi Pemasaran Media Sosial Digital

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Menerapkan Strategi Pemasaran Media Sosial Digital

Oleh: Cakap -

logo-prakerja

Pelatihan di Cakap -

0

4.7(62)
99 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Pembelajaran Mandiri
Okupasi Pelatihan: Digital Marketer
Rujukan Okupasi: The Future Jobs Report 2023 - Digital Marketing and Strategy Specialists
Gambaran Pelatihan
Pelatihan ini cocok untuk calon Digital Marketer. Tujuan dari pelatihan ini adalah peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial sebagai Digital Marketer dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi sesuai dengan standar nasional (SKKNI bidang pemasaran) dan prosedur yang berlaku. 
Kompetensi yang Dilatih
Peserta akan belajar bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan secara efektif. serta membahas tentang konsep dasar pemasaran media sosial, menentukan target audiens, memilih platform media sosial yang tepat.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan 
Sesi 2: Menganalisis Lingkungan Bisnis 
Sesi 3: Menyusun Rencana Pemasaran (Marketing Plan) 
Sesi 4: Menggunakan Aplikasi Media Sosial 
Sesi 5: Mengolah Data Riset 
Sesi 6: Mengelola Program Loyalitas Pelanggan
Peserta akan dimasukkan kedalam Whatsapp group. Mohon pastikan bahwa nomor Whatsapp bisa dihubungi

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial sebagai Digital Marketer (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) sesuai dengan standar nasional (SKKNI bidang pemasaran) dan prosedur yang berlaku pada saat unjuk keterampilan (C ).

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
1. Melakukan identifikasi fungsi masing-masing elemen pemasaran perusahaan dalam konteks digital marketing.
2. Membandingkan lingkungan bisnis untuk mengetahui dampak dan implikasi lingkungan bisnis terhadap operasional perusahaan.
3. Menyusun rencana pemasaran yang terinci dengan merinci langkah-langkah eksekusi, alokasi sumber daya, dan penilaian risiko untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.
4. Menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Tiktok dengan memilih yang paling sesuai untuk mencapai target audiens dan tujuan pemasaran.
5. Melakukan pengolahan dan analisa data riset untuk mendapatkan wawasan mendalam dan informasi yang relevan.
6. Melaksanakan program loyalitas pelanggan untuk menjaga hubungan positif dengan pelanggan

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Bauran Promosi (Marketing Mix) 4P
- Bauran Promosi (Marketing Mix) 7P
- Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning
- Konsep dan Alat Integrated Marketing Communication 
- Konsep dan Fungsi Digital Marketing

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Mengimplementasikan strategi promosi pada produk atau layanan yang ditetapkan.
- Melaksanakan integrasi elemen promosi sesuai dengan konsep 7P yang telah direncanakan.
- Menerapkan strategi STP yang sesuai untuk produk/layanan yang dipasarkan.
- Menerapkan teknik-teknik pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas merek.
- Melakukan analisis PESTEL dan SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi bisnis.

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Kreatif dalam merancang bauran promosi yang dapat memikat dan menarik perhatian konsumen.
- Kolaboratif untuk menyusun bauran promosi yang komprehensif dan terintegrasi dengan tujuan bisnis secara menyeluruh.
- Tanggap terhadap kebutuhan dan preferensi pasar, sehingga mampu mengidentifikasi segmen yang tepat untuk kemudian melakukan targeting dan positioning dengan efektif.
- Proaktif dalam memahami dan mengimplementasikan konsep serta fungsi digital marketing untuk menjawab dinamika perubahan teknologi dan perilaku konsumen.
- Analitis dalam menganalisis lingkungan bisnis dengan menggunakan PESTEL dan SWOT untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SLTA/SMA/SMK
2. Peserta yang memiliki akun facebook & instagram
3. Peserta yang tertarik menjadi seorang pemasaran
4. Peserta yang memiliki laptop atau komputer
5. Memiliki jaringan internet
6. Memiliki akun Zoom
7. Memiliki dan mampu mengoperasikan Ms.Excel

Total Durasi
617 menit

Metode Pembelajaran
Self Paced Learning

Kapasitas Pelatihan
Unlimited

Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk melakukan analisis SWOT terhadap suatu merek lokal buatan Indonesia. Peserta diberikan kebebasan untuk memilih merek untuk dianalisa lingkungan bisnis dan kompetitornya, kegiatan merek di media sosial, konten yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan kegiatan promosinya.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
1. Wulan Suci Handayani
Wulan merupakan seorang yang profesional dalam bidang fotografi dan digital marketing yang sekarang menjadi dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta sejak tahun 2008.
2. Kurnia Dessy
Kurnia Dessy merupakan seorang berpengalaman dalam bidang marketing diatas 5 tahun. mempunyai keahlian dalam bidang digital marketing, research, project management, project planning, email marketing, content marketing dll.
3. Sabhrina Salsabella
Sabhrina Salsabella adalah seorang praktisi di bidang media sosial di beberapa perusahaan dan memiliki pengalaman . Selain memiliki pengalaman di industri agency, Sabhrina juga memilki pengalaman di beberapa industri terkait sosial media

Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke website upskill.cakap.com
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data diri
3. Setelah berhasil, temukan tombol ‘tukar kode’ pada homepage upskill.cakap.com
4. Masukkan kode belajar (kode: BLJ) dan klik "Tukarkan / Redeem
5. Setelah penukaran kode belajar berhasil, masuk ke Kursus Saya untuk menukar kode Prakerja di kursus yang kamu punya
6. Setelah memasukkan kode dengan benar, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah
7. Untuk melihat cara menukar kode belajar & kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi 
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Pilih kategori Prakerja
4. Di beranda Cakap, pilih tab Upskill
5. Klik tukarkan kode belajar dan masukkan kode belajar (kode : BLJ) dan klik Tukarkan”
6. Setelah penukaran kode berhasil, masuk ke Kelas Saya dan tukarkan kode prakerja di kursus yang kamu punya.
7. Klik tukar kode dan masukkan “kode redeem” dari dasbor Prakerja
8. Untuk melihat cara menukar kode belajar &kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi

Kontak Lembaga Pelatihan
https://cakap.com/tentang-prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(62 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp850.000