Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Strategi Pemasaran Media Sosial Digital

Pembelajaran Mandiri

Menerapkan Strategi Pemasaran Media Sosial Digital

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini cocok untuk calon Digital Marketer. Tujuan dari pelatihan ini adalah peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial sebagai Digital Marketer dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi sesuai dengan standar nasional (SKKNI bidang pemasaran) dan prosedur yang berlaku. Peserta akan belajar bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan secara efektif. serta membahas tentang konsep dasar pemasaran media sosial, menentukan target audiens, memilih platform media sosial yang tepat.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam menerapkan strategi pemasaran di media sosial sebagai Digital Marketer (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) sesuai dengan standar nasional (SKKNI bidang pemasaran) dan prosedur yang berlaku pada saat unjuk keterampilan (C ).


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

1. Melakukan identifikasi fungsi masing-masing elemen pemasaran perusahaan dalam konteks digital marketing.

2. Membandingkan lingkungan bisnis untuk mengetahui dampak dan implikasi lingkungan bisnis terhadap operasional perusahaan.

3. Menyusun rencana pemasaran yang terinci dengan merinci langkah-langkah eksekusi, alokasi sumber daya, dan penilaian risiko untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

4. Menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Tiktok dengan memilih yang paling sesuai untuk mencapai target audiens dan tujuan pemasaran.

5. Melakukan pengolahan dan analisa data riset untuk mendapatkan wawasan mendalam dan informasi yang relevan.

6. Melaksanakan program loyalitas pelanggan untuk menjaga hubungan positif dengan pelanggan


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Bauran Promosi (Marketing Mix) 4P

- Bauran Promosi (Marketing Mix) 7P

- Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning

- Konsep dan Alat Integrated Marketing Communication 

- Konsep dan Fungsi Digital Marketing


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Mengimplementasikan strategi promosi pada produk atau layanan yang ditetapkan.

- Melaksanakan integrasi elemen promosi sesuai dengan konsep 7P yang telah direncanakan.

- Menerapkan strategi STP yang sesuai untuk produk/layanan yang dipasarkan.

- Menerapkan teknik-teknik pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas merek.

- Melakukan analisis PESTEL dan SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi bisnis.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Kreatif dalam merancang bauran promosi yang dapat memikat dan menarik perhatian konsumen.

- Kolaboratif untuk menyusun bauran promosi yang komprehensif dan terintegrasi dengan tujuan bisnis secara menyeluruh.

- Tanggap terhadap kebutuhan dan preferensi pasar, sehingga mampu mengidentifikasi segmen yang tepat untuk kemudian melakukan targeting dan positioning dengan efektif.

- Proaktif dalam memahami dan mengimplementasikan konsep serta fungsi digital marketing untuk menjawab dinamika perubahan teknologi dan perilaku konsumen.

- Analitis dalam menganalisis lingkungan bisnis dengan menggunakan PESTEL dan SWOT untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat.


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SLTA/SMA/SMK
2. Peserta yang memiliki akun facebook & instagram
3. Peserta yang tertarik menjadi seorang pemasaran
4. Peserta yang memiliki laptop atau komputer
5. Memiliki jaringan internet
6. Memiliki akun Zoom
7. Memiliki dan mampu mengoperasikan Ms.Excel


Durasi Per Sesi

1. Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan 97 menit

2. Menganalisis Lingkungan Bisnis 105 menit

3. Menyusun Rencana Pemasaran (Marketing Plan) 86 menit

4. Menggunakan Aplikasi Media Sosial 119 menit

5. Mengolah Data Riset 106 menit

6. Mengelola Program Loyalitas Pelanggan 100 menit


Total Durasi

617 menit


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning


Kapasitas Pelatihan

Unlimited


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk melakukan analisis SWOT terhadap suatu merek lokal buatan Indonesia. Peserta diberikan kebebasan untuk memilih merek untuk dianalisa lingkungan bisnis dan kompetitornya, kegiatan merek di media sosial, konten yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan kegiatan promosinya.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja

- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.

Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan : 
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.


Profil Pengajar

1. Wulan Suci Handayani
Wulan merupakan seorang yang profesional dalam bidang fotografi dan digital marketing yang sekarang menjadi dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta sejak tahun 2008.
2. Kurnia Dessy
Kurnia Dessy merupakan seorang berpengalaman dalam bidang marketing diatas 5 tahun. mempunyai keahlian dalam bidang digital marketing, research, project management, project planning, email marketing, content marketing dll.
3. Sabhrina Salsabella
Sabhrina Salsabella adalah seorang praktisi di bidang media sosial di beberapa perusahaan dan memiliki pengalaman . Selain memiliki pengalaman di industri agency, Sabhrina juga memilki pengalaman di beberapa industri terkait sosial media


Panduan Redeem Voucher

1. Tukarkan kode belajar dan kode redeem (prakerja) kamu di sini. Lewati langkah ini jika sudah menukar kode dan hanya dapat dilakukan untuk kelas pertama saja.

2. Setelah penukaran Kode Prakerja berhasil, akses dashboard Cakap dan masuk kelas sesi pertama

3. Setelah Verifikasi Wajah berhasil dan kehadiran terverifikasi, maka kamu dapat mengikuti pembelajaran mandiri untuk sesi pertama

4. Untuk sesi kedua dan seterusnya, sesi dapat diakses 1x24 jam setelah sesi sebelumnya selesai. Contohnya, jika sesi selesai pada 3 Desember 2023 jam 15:05 WIB maka sesi selanjutnya bisa diakses 4 Desember 2023 jam 15:05 WIB

5. Lakukan Verifikasi Wajah pada tiap sesi pembelajaran agar kamu tercatat hadir

6. Kamu hanya bisa menyelesaikan 1 sesi per hari

7. Untuk melihat cara verifikasi wajah, akses tautan berikut https://upskill.cakap.com/informasi


Batas Waktu redem code Prakerja :

1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :

- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Luring/Offline) :

- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.


Kontak Lembaga Pelatihan

https://cakap.com/tentang-prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp850.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved