Webinar
•Menerapkan Teknik Komunikasi untuk Pegawai Ritel
Oleh: Satu Edukasi Cerdas
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Penjaga Toko
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar berkomunikasi dengan supplier, menerapkan teknik komunikasi dengan kolega, berinteraksi aktif dengan pelanggan, merekomendasikan produk ke pelanggan dan dasar membangun perilaku kerja ritel yang efektif.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti mengaplikasikan keterampilan numerasi untuk berkomunikasi dengan supplier, membuat email pemberitahuan ke kolega, menyelesaikan komplain pelanggan, merekomendasikan produk dan melakukan aktivitas kerja ritel.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan komunikasi dengan supplier, kolega dan pelanggan, melakukan rekomendasi produk untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan dan melakukan aktivitas kerja ritel yang efektif sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang pegawai ritel yang kompeten.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu melakukan rekomendasi produk dan menerapkan teknik komunikasi (B) untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui email (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan supplier
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan kolega
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan pelanggan
Peserta mampu melakukan rekomendasi produk untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan
Peserta mampu melakukan aktivitas kerja ritel dengan efektif
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Langkah Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Manfaat Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier dalam Ritel
Aspek Dasar Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Mengidentifikasi Kebutuhan Berbahasa dan Literasi Dengan Supplier
Langkah Menerapkan Teknik Komunikasi Aktif dengan Kolega
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Melakukan aktivitas mengembangkan pengetahuan produk dengan tepat
Melakukan aktivitas merekomendasikan produk ke pelanggan
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik komunikasi dengan pelanggan
Mendemonstrasikan komunikasi yang efektif dengan supplier
Menerapkan teknik komunikasi kepada supplier, kolega dan pelanggan dengan tepat
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Detail dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan
Percaya diri dalam berkomunikasi dengan pelanggan
Tepat dalam merekomendasikan produk untuk pelanggan
Memiliki sikap antusias saat memberikan informasi kepada pelanggan
Cermat dalam berkomunikasi dengan supplier
Teliti dalam melakukan aktivitas kerja ritel
Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengelolaan dan administrasi dokumen
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Durasi Per Sesi
Dasar Mengembangkan Pengetahuan Produk: 180 menit
Menerapkan Teknik Komunikasi Aktif dengan Kolega dalam Ritel: 180 menit
Berinteraksi Aktif untuk Membantu Pelanggan Berbelanja: 180 menit
Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan dengan Melakukan Rekomendasi Produk: 180 menit
Dasar Membangun Perilaku Kerja Ritel yang Efektif: 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan berkomunikasi melalui email untuk menyelesaikan komplain pelanggan dengan merekomendasikan produk pengganti.
Tata Cara Akses Instruksi Unjuk Keterampilan
Buka www.pijarmahir.id
Klik "Icon Akun Saya/Profile" pada pojok kanan atas website
Klik "Kursus Saya"
Klik "Mulai Kursus" pada judul pelatihan
Klik Sub Menu "Unjuk Keterampilan dan Reflective Journal" pada pojok kiri website
Klik "Upload file"
Upload file unjuk keterampilan yang sudah kamu buat dalam format file .pdf
Pelaksanaan Unjuk Keterampilan dan tata cara akses Unjuk Keterampilan
Unjuk keterampilan dilakukan diluar sesi webinar dan merupakan tugas rumah peserta pelatihan
Unjuk keterampilan dilakukan secara mandiri oleh peserta pelatihan pada hari terakhir pelatihan setelah pengerjaan Post Test
Pengumpulan hasil unjuk keterampilan dikumpulkan di LMS Pijar Mahir
Batas Pengerjaan unjuk keterampilan adalah 3x24 jam setelah sesi unjuk keterampilan diberikan (setelah jadwal terakhir pelatihan), jika melebihi waktu yang ditentukan kamu tidak bisa mengumpulkan unjuk keterampilan dan tidak lulus pelatihan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Ogintiara Fajri Annisa adalah seorang profesional administrasi dan business development dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang ritel dan berbagai industri di Indonesia.
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.9
/5
(99 Rating)
0
0
0
0
0