Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menerapkan Teknik Komunikasi untuk Pegawai Ritel

Webinar

logo-prakerja

Menerapkan Teknik Komunikasi untuk Pegawai Ritel

Oleh: Satu Edukasi Cerdas

logo-prakerja

Pelatihan di Pijar Mahir

0

4.9(99)
188 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Penjaga Toko
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar berkomunikasi dengan supplier, menerapkan teknik komunikasi dengan kolega, berinteraksi aktif dengan pelanggan, merekomendasikan produk ke pelanggan dan dasar membangun perilaku kerja ritel yang efektif.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti mengaplikasikan keterampilan numerasi untuk berkomunikasi dengan supplier, membuat email pemberitahuan ke kolega, menyelesaikan komplain pelanggan, merekomendasikan produk dan melakukan aktivitas kerja ritel.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan komunikasi dengan supplier, kolega dan pelanggan, melakukan rekomendasi produk untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan dan melakukan aktivitas kerja ritel yang efektif sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang pegawai ritel yang kompeten.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu melakukan rekomendasi produk dan menerapkan teknik komunikasi (B) untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui email (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan supplier
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan kolega
Peserta mampu melakukan komunikasi dengan pelanggan
Peserta mampu melakukan rekomendasi produk untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan
Peserta mampu melakukan aktivitas kerja ritel dengan efektif

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Langkah Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Manfaat Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier dalam Ritel
Aspek Dasar Menerapkan Kemampuan Berbahasa dan Literasi dengan Supplier
Mengidentifikasi Kebutuhan Berbahasa dan Literasi Dengan Supplier
Langkah Menerapkan Teknik Komunikasi Aktif dengan Kolega

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Melakukan aktivitas mengembangkan pengetahuan produk dengan tepat
Melakukan aktivitas merekomendasikan produk ke pelanggan
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan 
Mengimplementasikan teknik komunikasi dengan pelanggan
Mendemonstrasikan komunikasi yang efektif dengan supplier
Menerapkan teknik komunikasi kepada supplier, kolega dan pelanggan dengan tepat

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Detail dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan
Percaya diri dalam berkomunikasi dengan pelanggan
Tepat dalam merekomendasikan produk untuk pelanggan
Memiliki sikap antusias saat memberikan informasi kepada pelanggan
Cermat dalam berkomunikasi dengan supplier
Teliti dalam melakukan aktivitas kerja ritel

Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengelolaan dan administrasi dokumen
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.

Durasi Per Sesi
Dasar Mengembangkan Pengetahuan Produk: 180 menit
Menerapkan Teknik Komunikasi Aktif dengan Kolega dalam Ritel: 180 menit
Berinteraksi Aktif untuk Membantu Pelanggan Berbelanja: 180 menit
Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan dengan Melakukan Rekomendasi Produk: 180 menit
Dasar Membangun Perilaku Kerja Ritel yang Efektif: 180 menit

Total Durasi
900 menit

Kapasitas Peserta
50 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan berkomunikasi melalui email untuk menyelesaikan komplain pelanggan dengan merekomendasikan produk pengganti.

Tata Cara Akses Instruksi Unjuk Keterampilan
Buka www.pijarmahir.id
Klik "Icon Akun Saya/Profile" pada pojok kanan atas website
Klik "Kursus Saya"
Klik "Mulai Kursus" pada judul pelatihan
Klik Sub Menu "Unjuk Keterampilan dan Reflective Journal" pada pojok kiri website
Klik "Upload file"
Upload file unjuk keterampilan yang sudah kamu buat dalam format file .pdf

Pelaksanaan Unjuk Keterampilan dan tata cara akses Unjuk Keterampilan
Unjuk keterampilan dilakukan diluar sesi webinar dan merupakan tugas rumah peserta pelatihan
Unjuk keterampilan dilakukan secara mandiri oleh peserta pelatihan pada hari terakhir pelatihan setelah pengerjaan Post Test
Pengumpulan hasil unjuk keterampilan dikumpulkan di LMS Pijar Mahir
Batas Pengerjaan unjuk keterampilan adalah 3x24 jam setelah sesi unjuk keterampilan diberikan (setelah jadwal terakhir pelatihan), jika melebihi waktu yang ditentukan kamu tidak bisa mengumpulkan unjuk keterampilan dan tidak lulus pelatihan

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Ogintiara Fajri Annisa adalah seorang profesional administrasi dan business development dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang ritel dan berbagai industri di Indonesia.

Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(99 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000