Mengajar Kelas Bahasa Korea secara Daring untuk Guru Kursus Bahasa Korea
Pembelajaran Mandiri
Mengajar Kelas Bahasa Korea secara Daring untuk Guru Kursus Bahasa Korea
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Mengapa program ini penting untuk diikuti?
Saat ini bahasa Korea merupakan salah satu bahasa asing yang diminati oleh banyak orang jika melihat dari tren dan fenomena budaya Korea yang merambah ke dalam negeri. Hal ini tentunya akan membuka peluang dan kesempatan baru bagi guru bahasa asing khususnya bahasa korea untuk membuka pengajaran bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa negeri ginseng tersebut. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan dampak dari pandemi, membuat beberapa kegiatan tatap muka bertransformasi menjadi online, salah satunya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru kursus bahasa. Mereka memerlukan kompetensi pendukung untuk tetap bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Maka dari itu, penting bagi guru bahasa asing untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dengan mempelajari pengajaran secara daring meliputi aspek dan keterampilan yang perlu mereka kuasai untuk membuat pengajaran daring lebih menarik, variatif, dan interaktif. Tentunya pengajaran bahasa asing secara daring akan membuka kesempatan lebih luas karena fleksibel dan lebih efisien.
Apa tujuan dari program ini?
Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah mengajar kelas bahasa korea secara daring. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karier sebagai guru bahasa Korea daring atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier di bidang tersebut.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari tentang karier sebagai guru daring bahasa asing, kurikulum pengajaran kursus bahasa Korea daring, merancang rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Korea daring, mempelajari media pembelajaran yang digunakan untuk pengajaran bahasa korea daring, menyusun modul pembelajaran bahasa Korea daring, tantangan dalam pembelajaran bahasa Korea daring, evaluasi pembelajaran bahasa Korea daring, dan belajar bahasa Korea secara daring.
Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?
Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pengajaran kelas bahasa Korea secara daring khususnya bagi guru kursus bahasa asing.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengajar kelas bahasa korea secara daring untuk guru kursus bahasa sesuai dengan standar nasional (SKKNI Kategori Pendidikan Golongan Pokok Pendidikan Bidang Bahasa Korea dan SKKNI Pengoperasian Komputer) serta prosedur yang berlaku.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar dan esensi dari pembelajaran bahasa Korea serta mampu menjelaskan peran guru bahasa Korea
2. Peserta mampu menganalisis kemampuan awal siswa dan kebutuhan pembelajaran daring dengan teliti, hati-hati, dan penuh tanggung jawab
3. Peserta mampu menjelaskan konsep dasar, komponen, dan aspek penting dalam penyusunan kurikulum untuk pengajaran kursus bahasa korea daring
4. Peserta mampu menjelaskan komponen dan elemen yang terdapat di rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa korea daring
5. Peserta mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa korea daring dengan memperhatikan detail komponen RPP yang sesuai dengan ketentuan dan kaidah yang berlaku
6. Peserta mampu menjelaskan jenis-jenis, kegunaan serta cara pengaplikasian media pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran bahasa korea secara daring
7. Peserta mampu mengaplikasikan penggunaan berbagai media pembelajaran dalam pengajaran bahasa korea secara daring
8. Peserta mampu menjelaskan konsep modul meliputi karakteristik dan komponen modul serta sistematika dalam penyusunan modul pembelajaran bahasa korea daring
9. Peserta mampu menyusun modul pembelajaran bahasa korea daring dengan memperhatikan komponen yang terdapat pada modul
10. Peserta mampu menunjukkan sikap kreatif, teliti, dan tanggung jawab dalam penyusunan modul pembelajaran bahasa korea daring
11. Peserta mampu menunjukkan sikap teliti, analitis, dam hati-hati dalam menganalisis dan memecahkan masalah berupa kendala dalam pembelajaran bahasa korea daring
12. Peserta mampu menerapkan strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa korea daring
13. Peserta mampu mengimplementasikan aspek penting dalam mengembangkan kualitas pengajaran daring
14. Peserta mampu menjelaskan konsep dan persiapan dalam evaluasi pembelajaran daring
15. Peserta mampu melakukan evaluasi pembelajaran daring dengan menunjukkan sikap cermat dan teliti
16. Peserta mampu menjelaskan dan melafalkan gramatika bahasa korea dengan tepat
17. Peserta mampu melakukan pengajaran terkait percakapan dasar bahasa korea meliputi perkenalan diri, mendeskripsikan orang, dan kegiatan sehari-hari dalam bahasa korea dengan menggunakan media pembelajaran daring serta menunjukkan sikap komunikatif dan melafalkannya dengan tepat
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Konsep dasar pembelajaran bahasa korea
2. Perbedaan peran guru daring bahasa asing dengan guru luring dan prospek karier guru bahasa korea daring
3. Tahapan dalam menilai kemampuan awal siswa dalam berbahasa korea dan menganalisis kebutuhan pembelajaran daring
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengidentifikasi urgensi pembelajaran bahasa korea serta prospek karier dan peran guru bahasa Korea
2. Menganalisis kemampuan awal siswa dan kebutuhan pembelajaran daring dalam berbahasa korea
3. Mengidentifikasi konsep dasar kurikulum pengajaran kursus bahasa korea daring termasuk tujuan, fungsi, dan komponen dalam penyusunan kurikulum
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Memerhatikan dengan saksama terkait urgensi pembelajaran bahasa korea, prospek karier serta peran dan tanggung jawab guru bahasa korea
2. Teliti, hati-hati dan penuh rasa tanggung jawab dalam menilai kemampuan awal siswa serta menganalisis kebutuhan pembelajaran daring
3. Memerhatikan dengan detail tujuan, fungsi, aspek dan komponen dalam penyusunan kurikulum kursus bahasa korea daring
Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh :
1. Peserta dengan jenjang pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Korea/S1 Sastra Korea
2. Peserta yang memiliki ketertarikan menjadi guru daring bahasa Korea
3. Peserta yang memiliki kemampuan bahasa Korea tingkat menengah
4. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet
Durasi Per Sesi
1. TOPIK 1: Berkarier sebagai Guru Bahasa Korea Daring17 menit
2. TOPIK 2: Kurikulum Pengajaran Bahasa Korea Daring 25 menit
3. TOPIK 3: Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Korea Daring 52 menit
4. TOPIK 4: Media Pembelajaran Bahasa Korea Daring 87 menit
5. TOPIK 5: Menyusun Modul Pembelajaran Bahasa Korea Daring 40 menit
6. TOPIK 6: Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Korea Daring 23 menit
7. TOPIK 7: Evaluasi Pembelajaran Bahasa Korea Daring 28 menit
8. TOPIK 8: Belajar Bahasa Korea Daring 100 menit
Total Durasi
375 Menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jum’at pukul 16.00-17.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Mode Penyampaian
Self Paced Learning : Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan simulasi.
Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Verhuny Vianda Kharidini
Verhuny Vianda Kharidini adalah seorang instruktur bahasa Korea. Beliau merupakan lulusan magister di Ewha Woman University dan Ph.D candidate di Seoul National University, Korea. Beliau sudah berkecimpung dalam pengajaran bahasa Korea selama lebih dari 3 tahun. Saat ini beliau juga merupakan Course Manager khusus pengajaran bahasa Korea di salah satu perusahaan start-up edutech. Selain menjadi seorang instruktur bahasa Korea, beliau juga berpengalaman sebagai penerjemah dan juga interpreter.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar
2. Registrasikan dirimu
3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu
4. Klik tombol "Tukar Kode"
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"
Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat
menghubungi tim support kami di +62 812-8716-0055
Website Lembaga : https://cakap.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.6
/5
(5 Rating)
0
0
0
0
0
Rp250.000