Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengatur Operasional Toko

Pembelajaran Mandiri

Mengatur Operasional Toko

Oleh: Kelas.com .

Pelatihan di Kelas.com .

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Asinkronus / Pembelajaran Mandiri

Okupasi Pelatihan: Manajer Area, Manajer Cabang dan Manajer Regional di Retail

Rujukan Okupasi: Indonesia’s Critical Occupations List (COL) 2018

Gambaran Pelatihan

Program pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam mengenai peran dan tanggung jawab seorang manajer toko, khususnya dalam bidang industri retail. Mencakup juga keterampilan mengelola operasional dan tata kelola toko, membuat strategi pemasaran, melaksanakan pelayanan prima, serta mengelola anggaran.

Kompetensi yang Dilatih

Program pelatihan ini membekali peserta dengan kompetensi manajemen dan kepemimpinan, pengaturan SDM, jam kerja, kebijakan kebersihan dan perawatan toko, merchandising, analisis pasar dan pesaing, serta memahami karakteristik konsumen. Pelatihan juga mencakup analisis pernyataan laba rugi dan arus kas.

Tujuan Pembelajaran
Peserta pelatihan mampu mempraktikkan perencanaan kegiatan operasional toko mulai dari analisis SWOT, pengelolaan SDM, strategi promosi, hingga perancangan anggaran.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu mempraktikkan perencanaan kegiatan operasional toko mulai dari analisis SWOT, pengelolaan SDM, strategi promosi, hingga perancangan anggaran dengan 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

Di akhir pelatihan peserta mampu :

Menunjukkan pemahaman dalam konsep dasar bisnis retail, serta hubungan industrial di toko retail untuk kinerja toko yang optimal.

Mengendalikan proses operasional dan tata kelola toko dengan fokus pada pengaturan SDM, jam kerja, kebijakan kebersihan, perawatan toko, dan tata letak produk.

Membuat strategi pemasaran yang terfokus untuk bisnis retail, dengan penekanan pada analisis pasar dan pesaing, kebutuhan konsumen, dan strategi diskon serta promosi.

Mempraktikkan pelayanan prima melalui pemahaman karakteristik konsumen yang baik, penerapan komunikasi yang efektif dan penanganan komplain dalam konteks bisnis retail.

Mempraktikkan pengelolaan keuangan pada bisnis retail dengan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar keuangan serta analisis pernyataan laba rugi dan arus kas.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pengenalan bisnis retail, pengelolaan hubungan industrial toko retail, pengenalan pekerjaan manajer toko, serta konsep dan karakter khas pada retailing.

Pengaturan SDM dan jam kerja, kebijakan kebersihan dan perawatan toko, penataan produk dan pengelompokkan barang, analisis penjualan produk, serta penggunaan data untuk merchandising.

Pengenalan strategi pemasaran dan strategi retail, analisis pasar dan pesaing, kebutuhan dan preferensi konsumen, serta strategi diskon dan promosi.

Pengenalan pelayanan prima, pemahaman perilaku konsumen, komunikasi dalam pelayanan pelanggan, penanganan komplain, serta teknologi POS (Point of Sale).

Dasar-dasar keuangan, pernyataan laba rugi dan arus kas, penganggaran dalam operasional toko, serta mengelola inventaris dan persediaan.


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Menunjukkan pemahaman konsep retailing yang merupakan dasar dari bisnis yang sukses. 

Mengendalikan aspek-aspek kunci dalam pengelolaan operasional dan tata kelola toko.

Membuat strategi pemasaran pada bisnis retail.

Mempraktikkan pelayanan prima dan mengetahui karakteristik konsumen pada bisnis retail.

Mempraktikkan pengelolaan keuangan pada bisnis retail.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Adaptif, konsisten, patuh

Disiplin, sigap, evaluatif

Negosiatif, terbuka, kreatif

Komunikatif, patuh, ramah

Cermat, terampil, inovatif


Syarat dan Ketentuan Lainnya

Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas

Syarat pendidikan peserta adalah minimal SD sederajat

Peserta yang sedang mengemban profesi sebagai manajer toko / yang sudah mengemban profesi sebagai manajer toko serta ingin mengupgrade skill dan kemampuannya

Peserta yang tertarik dalam dunia retail

Memiliki gawai / perangkat elektronik untuk mengikuti pelatihan, mengerjakan Tugas Praktik Mandiri, dan Unjuk Keterampilan


Durasi per Sesi

Pengenalan Bisnis Retail 117 menit

Operasional dan Tata Kelola Toko untuk Memikat Konsumen 113 menit

Strategi Pemasaran Bisnis Retail  105 menit

Pelayanan Prima pada Bisnis Retail 113 menit

Mengelola Keuangan Bisnis Retail 104 menit


Total Durasi

549 menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Pada sesi unjuk keterampilan, peserta akan diminta untuk memposisikan diri sebagai seorang manajer toko dan melakukan analisis SWOT terhadap bidang industri retail yang dipilih, membuat program pelatihan untuk karyawan toko, merencanakan kampanye pemasaran yang akan dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, iklan cetak, atau promosi di lingkungan setempat, serta membuat rancangan anggaran yang realistis untuk operasional dan pemasaran.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Ryan Aditya merupakan seorang profesional dalam bidang manajer toko. Dalam prosesi sebagai manajer toko beliau sudah mempunyai pengalaman lebih dari lima tahun. Saat ini Ryan Aditya bekerja sebagai manajer toko di perusahaan Metrox Fortuna. Beliau sering terlibat dalam memberikan pelatihan sales.


Langkah Redeem Voucher

1. Buka link http://www.kelas.com/  

2. Lakukan login atau daftar akun (apabila kamu belum memiliki akun kelas.com)

3. Masuk ke katalog prakerja

4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem

5. Pilih tombol redeem kelas

6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja

7. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms 

8. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja.

9. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)

*Note : untuk 1 kode voucher hanya dapat ditukarkan 1x


Kontak Lembaga Pelatihan

Whatsapp : 085881486280
Email : support@kelas.com

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.000.000