Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Administrasi Ritel untuk Pegawai Ritel

Webinar

Mengelola Administrasi Ritel untuk Pegawai Ritel

Oleh: Satu Edukasi Cerdas

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
44 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Penjaga Toko
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020

Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar mengelola administrasi gerai, dasar melakukan kegiatan pendukung administratif ritel, mencatat keuangan gerai, membuat korespondensi sederhana ritel dan mengelola aktivitas untuk merapikan area kerja. Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti membuat email pengumuman, membuat surat pemberitahuan internal, mencatat transaksi gerai, membuat korespondensi dengan supplier dan mengoperasikan aplikasi komputer untuk membuat laporan transaksi gerai.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan administrasi gerai, melakukan administrasi pendukung gerai, melakukan pencatatan keuangan gerai, melakukan korespondensi ritel dan melakukan aktivitas merapikan area kerja sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang pegawai ritel yang kompeten.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu melakukan narasi komunikasi dan membuat memo kerugian gerai (B) untuk mengelola insiden kerusakan sesuai prosedur di gerai (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan (D).

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu melakukan administrasi gerai
Peserta mampu melakukan administrasi pendukung gerai
Peserta mampu melakukan pencatatan keuangan gerai
Peserta mampu melakukan korespondensi ritel
Peserta mampu melakukan aktivitas merapikan area kerja

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Aspek Dasar Mengelola Administrasi Gerai
Langkah Mengelola Administrasi Gerai
Peran Teknologi Dalam Mengelola Administrasi Gerai
Prosedur Menjaga Sistem Pencatatan Dan Pengarsipan
Menjaga Keamanan Sistem Pengarsipan di Perangkat Elektronik
Langkah Melakukan Pekerjaan Pendukung Administratif Ritel

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Melakukan aktivitas merapikan area kerja
Melakukan aktivitas korespondensi sederhana
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik administrasi dalam gera
Mendemonstrasikan pencatatan keuangan gerai dengan tepat
Menerapkan teknik administrasi untuk melakukan kegiatan administrasi pendukung

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Detail dalam mencatat keuangan gerai
Percaya diri dalam melakukan korespondensi sederhana di lingkungan kerja ritel
Tepat dalam merapikan area kerja
Memiliki sikap antusias saat berkorespondensi dengan pelanggan dan kolega
Cermat dalam melakukan pencatatan keuangan gerai
Teliti dalam melakukan kegiatan pendukung administrasi

Syarat dan Ketentuan lainnya
1. Peserta memiliki latar belakang SMP atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada mengelola administrasi ritel.
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai dan memiliki aplikasi Microsoft Office atau Google Suite
4. Peserta sudah menguasai pemakaian aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel atau Google Doc dan Google Sheets.
5. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan

Durasi Per Sesi
Dasar Mengelola Administrasi Gerai dan Bisnis Ritel : 180 menit
Dasar Melakukan Pekerjaan Pendukung Administratif Ritel : 180 menit
Dasar Melakukan Pencatatan Keuangan pada Gerai Ritel : 180 menit
Membuat Korespondensi Ritel Sederhana 180 : menit
Mengelola Aktivitas untuk Merapikan Area Kerja dalam Ritel : 180 menit

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
50 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan melakukan analisis transaksi dan mengoperasikan microsoft excel untuk mencatat transaksi gerai ritel.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Maria Pesona adalah seorang profesional administrasi dan merchandising dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di perusahaan ritel ternama di Indonesia seperti Dagangan dan Indomaret.

Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000