Webinar
Mengelola Aktivitas Penjualan untuk Pegawai Ritel
Oleh: Satu Edukasi Cerdas
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Penjaga Toko
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar menjual produk dan layanan ritel, mengelola penjualan dan layanan, dan merekomendasikan produk kepada pelanggan untuk meningkatkan jumlah dan nilai transaksi, dan menerapkan prosedur penanganan dan menyelesaikan transaksi pelanggan pada terminal penjualan.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti menjual produk ritel, melakukan cross selling produk, merekomendasikan produk, mengelola POS dan membuat program bundling untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan penjualan produk ritel, meningkatkan jumlah transaksi pelanggan, merekomendasikan produk, melakukan prosedur penanganan dan menyelesaikan transaksi pada terminal penjualan sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang pegawai ritel yang kompeten.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu membuat program bundling dan mengelola POS (B) untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu melakukan penjualan produk dan layanan ritel
Peserta mampu melakukan aktivitas untuk meningkatkan jumlah transaksi
Peserta mampu melakukan rekomendasi produk
Peserta mampu melakukan prosedur penanganan terminal penjualan
Peserta mampu melakukan penyelesaian transaksi pada terminal penjualan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Dasar Menjual Produk dan Layanan Ritel
Langkah Menjual Produk
Aspek Dalam Menjual Produk
Keterampilan Dalam Menjual Produk
Langkah Melakukan Pelayanan Ritel
Komponen Informasi Pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melakukan aktivitas mengembangkan pengetahuan produk dengan tepat
Melakukan aktivitas merekomendasikan produk ke pelanggan
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik mengoperasikan terminal penjualan
Mendemonstrasikan teknik penjualan kepada pelanggan
Menerapkan teknik penjualan untuk meningkatkan jumlah transaksi pelanggan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Detail dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan
Percaya diri dalam berkomunikasi dengan pelanggan
Tepat dalam merekomendasikan produk untuk pelanggan
Memiliki sikap antusias saat memberikan informasi kepada pelanggan
Cermat dalam mengelola transaksi penjualan pelanggan
Teliti dalam menyelesaikan transaksi pada terminal penjualan
Syarat dan Ketentuan lainnya
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.2. Minat peserta tertuju pada penerapan teknik komunikasi ritel
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Durasi Per Sesi
Dasar Menjual Produk dan Layanan Ritel 180 menit
Mengelola Penjualan dan Layanan untuk Meningkatkan Jumlah Transaksi Pelanggan 180 menit
Merekomendasikan Produk dan Jasa untuk Meningkatkan Nilai Transaksi Pelanggan 180 menit
Menerapkan Prosedur Penanganan Terminal Penjualan (Point Of Sale) 180 menit
Menyelesaikan Transaksi pada Terminal Penjualan (Point Of Sale) 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan membuat program bundling dan mengelola terminal penjualan gerai untuk meningkatkan nilai transaksi pelanggan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Francini Gracia adalah seorang profesional yang memiliki pengalaman manajerial dan operasional ritel lebih dari 5 tahun di perusahaan ternama di Indonesia seperti Uniqlo dan Sociolla.Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000