Webinar
Mengelola Aktivitas Perkantoran bagi Staf Administrasi
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Kemampuan mengelola dan manajemen aktivitas perkantoran dibutuhkan seorang staf administrasi profesional untuk membantu efisiensi dan produktivitas organisasi.
Kelas ini bertujuan agar peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan aktivitas perkantoran. Peserta dapat menunjukkan keberhasilan 60% saat unjuk keterampilan. Setelah pelatihan ini, peserta juga diharapkan mampu memahami konsep dasar manajemen perkantoran, ruang lingkup, peran pekerjaan kantor, mengimplementasikan tata kerja, prosedur kerja, sistem kerja, menguasai cara menyusun jadwal, manajemen rapat, penggunaan e-mail dengan baik, mengimplementasikan etika dalam menerima tamu, mencatat identitas tamu, dan memberikan pelayanan yang ramah, menerapkan langkah-langkah dalam menangani surat masuk dan keluar, serta mengelola sistem pengarsipan.
Pelatihan ini merujuk pada okupasi IndoTask (2020) Tenaga Perkantoran Umum, pekerja akan mempelajari mengenai Pengantar Manajemen Administrasi Perkantoran, Tata Kerja, Prosedur Kerja, dan Sistem Kerja, Penyusunan Jadwal, Manajemen Rapat dan E-mail, Etika Menerima Tamu Dan Bertelepon, Manajemen Surat-Menyurat dan Pengarsipan. Yuk daftar Kelasnya!
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pengelolaan aktivitas perkantoran dengan menunjukkan keberhasilan minimal 60% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta dapat menjelaskan konsep dasar manajemen perkantoran, ruang lingkupnya, serta peran pekerjaan kantor.
Peserta dapat mengimplementasikan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja.
Peserta dapat menguasai cara menyusun jadwal, manajemen rapat, penggunaan e-mail dengan baik, termasuk cara mengirim, menjawab, dan menerapkan etika ber-e-mail.
Peserta dapat mengimplementasikan etika yang baik dalam menerima tamu, mencatat identitas tamu, dan memberikan pelayanan yang ramah
Peserta dapat menerapkan langkah-langkah dalam menangani surat masuk dan keluar, serta mengelola sistem pengarsipan.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Konsep dasar manajemen perkantoran, ruang lingkup, dan pekerjaan kantor.
Tata kerja, prosedur, dan sistem kerja
Penyusunan jadwal, manajemen rapat dan komunikasi elektronik, e-mail, dan fungsi komponennya.
Proses penerimaan tamu, catatan identitas, dan jenis-jenis tamu.
Tahap-tahap dalam manajemen surat-menyurat dan sistem pengarsipan.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Melakukan analisis dan pengorganisasian kantor berdasarkan azas-azas manajemen perkantoran.
Praktik perencanaan dan pengaturan jadwal kerja.
Praktik penulisan e-mail
Praktik menerima tamu dan menelepon dengan etika yang benar.
Melakukan praktik memproses surat masuk dan keluar, serta pengorganisasian pengarsipan.
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Membangun kesadaran akan
pentingnya manajemen perkantoran dan komunikasi elektronik.
Mengapresiasi nilai disiplin terhadap tata kerja, prosedur, dan sistem kerja.
Menumbuhkan sikap etika yang baik dalam penggunaan e-mail.
Membangun sikap ramah dan pelayanan yang baik terhadap tamu.
Membangun kesadaran akan pentingnya manajemen surat-menyurat yang efisien.
Syarat dan Ketentuan lainnya
Memiliki akses internet yang stabil
Memiliki smartphone atau laptop
Memiliki aplikasi zoom
Memiliki ketertarikan di bidang administrasi
Pengantar Manajemen Administrasi Perkantoran 180 menit Tata Kerja, Prosedur Kerja, dan Sistem Kerja 180 menit Jadwal, Manajemen Rapat dan E-mail 180 menit Etika Menerima Tamu Dan Bertelepon 180 menit Manajemen Surat-Menyurat dan Pengarsipan 180 menit
Durasi Pelatihan Per Sesi
Total Durasi
900 Menitt
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan peserta diminta untuk memilih suatu pekerjaan atau proses yang sering dilakukan dalam pekerjaan sehari-hari, lalu peserta diminta untuk merincikan langkah-langkah atau prosedur kerja yang biasa dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, meninjau proses-proses kerja, dan meninjau hasil implementasi langkah-langkah baru dan melakukan evaluasi efektifitasnya.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Dwi Setyawati
Dwi bekerja memiliki pengalaman bekerja di dunia administrasi kurang lebih selama 6 tahun.
Kontak Lembaga Pelatihan
Email: hallo@sertifikasiku.com
Whatsapp: 0813-1898-4005
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0