Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Area Layanan Restoran untuk Pramusaji

Webinar

Mengelola Area Layanan Restoran untuk Pramusaji

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan, Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman, Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan, Mengelola Operasional Layanan Makanan, Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan cara yang Aman, Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja, Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengelola area layanan restoran (B) sesuai dengan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan layanan yang baik (C) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi saat uji praktik. (D)


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:

- Peserta mampu memahami sikap profesionalisme seorang pramusaji

- Peserta mampu mengaplikasikan prinsip dalam mengelola area layanan restoran

- Peserta mampu mengaplikasikan prosedur dalam mengelola area layanan restoran.

- Peserta mampu mengaplikasikan sikap profesional mengelola layanan restoran.

- Peserta mampu menerapkan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan area layanan restoran yang baik.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Konsep dasar pramusaji

- Tugas dan tanggung jawab pramusaji 

- Kriteria seorang pramusaji

- Area restoran dan fasilitas pelanggan dengan pengaturan yang sesuai dengan prosedur yang ada

- Alat  pembayaran yang digunakan oleh tamu restoran

- Jenis layanan restoran

- Prosedur penyiapan meja dan kursi 

- Penyiapan peralatan hidangan untuk tamu restoran


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Menunjukkan ketentuan penampilan dari seorang pramusaji

- Mendeskripsikan jenis-jenis pelayan restoran

- Menata display makanan dan minuman sesuai arahan tim

- Menunjukkan cara dalam menyajikan pesanan tamu

- memilih bahan makanan yang harus disimpan dan dibuang 

- Melakukan debriefing untuk menutup area restoran

- Melakukan handover task untuk keperluan menutup area restoran


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Tepat

- Baik & Komunikatif 

- Rapi

- Hati-hati

- Ramah

- Sopan

- Teliti

 

Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK

2. Usia 18-60 tahun

3. Peserta yang memiliki ketertarikan untuk menjadi pramusaji

4. Peserta yang memiliki peralatan makan sederhana termasuk napkin

5. Peserta yang memiliki akses internet dan HP/Laptop


Durasi Per Sesi 

Hari Pertama (Senin) 09.00 - 12.00 WIB Pengenalan Ruang Lingkup Pramusaji Restoran 180 menit

Hari Kedua (Selasa) 09.00 - 12.00 WIB Mempersiapkan Area Restoran 180 menit

Hari Ketiga (Rabu) 09.00 - 12.00 WIB Mempersiapkan dan Membersihkan Minuman dan Makanan 180 menit

Hari Keempat (Kamis) 09.00 - 12.00 WIB Membersihkan Area Layanan Makanan 180 menit

Hari Kelima (Jum’at) 09.00 - 12.00 WIB Menutup Area Restoran 180 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

50


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta membuat video yang mendemonstrasikan bagaimana proses membersihkan meja (crumbing down) setelah pelanggan selesai menghabiskan hidangannya dan meninggalkan area makan.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.


Jadwal Pelatihan

19-06-2023 s.d 23-06-2023, 
03-07-2023 s.d 07-07-20 23,
10-07-2023 s.d 14-07-2023,
17-07-2023 s.d 21-07-2023,
24-07-2023 s.d
28-07-2023


Profil Pengajar

Rama Supriyadi 

Rama merupakan seorang praktisi di bidang perhotelan dan salah satunya khusus di bidang pramusaji. Saat ini menjabat sebagai instruktur untuk pelayanan FnB di salah satu perusahaan pelatihan perhotelan di Indonesia. Memiliki pengalaman sejak 2003 hingga saat ini di bidang perhotelan dan memberikan pelatihan serta merancang program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke website upskill.cakap.com
2. Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data kamu
3. Kamu akan menemukan button tukar kode pada homepage upskill.cakap.com, masukan kode belajar dan klik "Tukarkan / Redeem"
4. Kode belajar berhasil ditukar, selanjutnya kamu bisa memilih jadwal kelas sesuai dengan kebutuhan kamu (batch)
5. Setelah memilih jadwal belajar, silahkan masukkan kode redeem/kode prakerja yang terdapat pada dashboard prakerja kamu
6. Kode redeem/prakerja berhasil ditukar, silahkan akses kursus saya untuk melihat detail kelas yang telah kamu beli
7. Silahkan masukkan kode redeem/kode prakerja yang terdapat pada dashboard prakerja kamu
8. Kode redeem/prakerja berhasil ditukar, silahkan akses kursus saya untuk melihat detail kelas yang telah kamu beli
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Masuk ke Menu Cakap Upskill
4. Jika sudah masuk ke menu Cakap Upskill, masukan kode belajar dan klik "Tukarkan / Redeem"
5. Konfirmasi batch kamu
6. Kode belajar berhasil di redeem.  Langkah selanjutnya masukkan kode redeem/kode prakerja
7. Kode redeem/prakerja berhasil ditukar, silahkan akses kursus saya untuk melihat detail kelas yang telah kamu beli


Panduan Redem Code Redem

- Cek Redem kamu di dashboard Prakerja/email kamu
- Redem, redem code tersebut di platform Cakap


Kontak Lembaga Pelatihan

https://cakap.com/prakerja/

Hotline: +6281287160055

Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)



Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.400.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved