Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Kedai Minuman Kopi Susu Kekinian Secara Profesional

Webinar

Mengelola Kedai Minuman Kopi Susu Kekinian Secara Profesional

Oleh: The Bencoolen Coffee

Pelatihan di The Bencoolen Coffee

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Peningkatan konsumsi minuman kopi dan menjamurnya kedai kopi di Indonesia menjadi eluang & potensi usaha yang dapat dikembangkan di bidang kedai minuman kopi susu kekinian. 

The Bencoolen Coffee memberikan pelatihan bagaimana cara menjadi pengelola kedai minuman kopi mulai dari pengetahuan jenis-jenis kopi, membuat menu kopi kekinian hingga dengan pelatihan ini diharapkan peserta mampu membuat laporan keuangan dengan standar operasional prosedur (SOP) cafe.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu menunjukkan minimal 60 persen penguasaan langkah-langkah pengelolaan kedai minuman kopi pada saat praktik mandiri


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu: 

  • Memahami Manajemen Kedai, meliputi: pemahaman usaha kedai kopi dan jenis manajemen produksi 

  • Memahami cara untuk merencanakan dan mengoperasikan coffee shop, meliputi: pengetahuan dasar kopi, jenis-jenis & karakteristik kopi di Indonesia, Info kebutuhan kopi nasional, penentuan target konsumen untuk coffee shop, pemilihan lokasi tempat yang ideal untuk coffee shop, membuat konsep tema coffee shop, kebutuhan barang & peralatan untuk coffee shop, kebutuhan modal dengan contoh paket barang dan peralatan, menentukan jam operasional coffee shop, membuat perencanaan promosi coffee shop, membuat standart operasional prosedur coffee shop

  • Memahami cara untuk merencanakan penentuan seragam karyawan, meliputi: pentingnya seragam karyawan, pemilihan warna & karakter seragam karyawan penempatan logo seragam karyawan, pembuatan identitas diri karyawan, menentukan model, kualitas bahan dan jasa konveksi seragam 

  • Memahami manajemen pemasaran, meliputi: Strategi Pemasaran Kedai Kopi, Membuat rencana pemasaran akurat untuk menghadapi persaingan, Merancang strategi pemasaran berbasis digital on-line

  • Memahami Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan meliputi: Keselamatan dan kecelakaan kerja, Api dan kebakaran, Alat pelindung diri, Kesehatan kerja, Penyakit akibat kerja, Hygiene dan sanitasi makanan dan Resiko hygiene (kerusakan makanan )

  • Melayani dan menangani pelanggan secara profesional, meliputi: pemahaman keluhan pelanggan, bentuk penyampaian keluhan pelanggan, proses penanganan keluhan pelanggan, menentukan standar pelayanan, konsep pelayanan secara umum, pencegahan terjadinya keluhan pelanggan di masa depan

  • Melayani serta menganalisis cara untuk menangani situasi konflik pelanggan secara profesional, meliputi: definisi konflik, ciri-ciri dan factor konflik, akibat-akibat konflik, cara anlisis ketidakpuasan pelanggan, penyelesaian konflik, cara menanggapi komplain pelanggan, tips & trik mendapatkan review yang baik

  • Merancang menu untuk memenuhi kebutuhan pasar, meliputi: pengantar latte art, sejarah latte art, macam-macam latte art, Teknik pembuatan latte art, Teknik pembuatan capucino

  • Merancang cara yang tepat untuk mempersiapkan laporan keuangan, meliputi: Pengertian menurut PSAK No 1 tahun 2015 dan langkah membuat laporan keuangan bagi pemula, Pemanfaatan Aplikasi Keuangan¸ Membuat laporan keuangan dan laporan laba rugi, Penyusunan anggaran investasi dan modal kerja untuk keperluan operasional usaha, Kalkulasi harga pokok seduhan per cangkir atas dasar biaya langsung, biaya tidak langsung, biaya operasional dan biaya overhead, Kalkulasi penerimaan dan perhitungan neraca kas [laba rugi] dan pengendalian anggaran dan Aplikasi laporan keuangan

  • Mempraktekkan cara untuk mengoperasikan bar, meliputi: menyajikan minuman kopi tubruk, menyajikan minuman kopi tubruk susu, menyajikan minuman kopi dengan alat French press, menyajikan minuman kopi alat V60, menyajikan minuman kopi alat espresso dan mokapot, menyajikan minuman kopi americano, menyajikan minuman kopi es kopi susu kekinian 

  • Mempraktekkan cara untuk membersihkan dan merapikan area bar, meliputi: pengenalan tentang area bar, pembagian area bar, membersihkan area counter bar, membersihkan area hall guest area, membersihkan cashier deck, membersihkan side board/side stand, pengenalan peralatan bar, macam-macam peralatan bar, membersihkan perlengkapan bar, pembersihan perlengkapan bar jenis mesin, pembersihan perlengkapan bar jenis glass ware, pembersihan perlengkapan bar jenis iron ware


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami dan merancang bagaimana pengelolaan kedai kopi

2. Mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam mengelola kedai

3. Mengenali peralatan dan perlengkapan kopi yang diperlukan.

4. Memahami meracik kopi 

5. Memiliki pengetahuan dalam melayani pelanggan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Memilih dan menyusun kebutuhan operasional kedai kopi

2. Mengoperasikan dan menyusun  tampilan bar kopi secara menarik.

3. Memanfaatkan dan merawat perlengkapan kedai kopi yang baik dan benar

4. Membuat variasi kopi dengan berbagai macam teknik dan metode seduh kopi

5. Mampu memberikan penjelasan dan menyelesaikan permasalahan pelanggan

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Mengidentifikasi kebutuhan dalam membangun usaha kedai kopi

2. Menata kebutuhan yang diperlukan dalam mengelola kedai kopi

3. Merancang peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam mengembangkan kedai kopi

4. Mengidentifikasi kebutuhan dalam bahan baku dalam meracik kopi

5. Kemampuan komunikasi dalam memberikan layananan


Kelompok Sasaran

Usia minimal 18 tahun

Usia maksimal 65 tahun

Pendidikan minimal SMA/SMK

Syarat lainnya :

1. Setiap peserta wajib membawa laptop dengan spesifikasi : - Memory RAM minimal 4Gb - Processor minimal Intel Petium 4, 2.8 Ghz atau setaranya - Ukuran layar minimal 14 Inch

2. Setiap peserta wajib memiliki sinyal internet yang stabil dengan kecepatan minimal 300kbps

3. Setiap peserta wajib memiliki alat-alat untuk kebutuhan praktek


Durasi Per Sesi

1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB 1/ 17.00 - 20.00 WIB (180 menit)

  • Pelatihan Manajemen Kedai Pelatihan 

  • Merencanakan dan mengoperasikan Coffee Shop

2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB 2/ 17.00 - 20.00 WIB (180 menit)

  • Pelatihan Merencanakan kebutuhan seragam karyawan 

  • Pelatihan membersihkan dan merapikan area bar 

3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB 3/ 17.00 - 20.00 WIB (180 menit)

  • Pelatihan Mengoperasikan Bar

  • Pelatihan Merancang Menu Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasar

4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB 4/ 17.00 - 20.00 WIB (180 menit)

  • Pelatihan Menangani pelanggan

  • Pelatihan menangani situasi konflik

5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB 5/ 17.00 - 20.00 WIB (180 menit)

  • Pelatihan mempersiapkan laporan keuangan 

  • Pelatihan manajemen pemasaran

  • Pelatihan Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

150


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

1. 13-02-2023 s.d. 17-02-2023

2. 20-02-2023 s.d. 24-02-2023

3. 27-02-2023 s.d. 03-03-2023

4. 06-03-2023 s.d. 10-03-2023

5. 13-03-2023 s.d. 17-03-2023

6. 20-03-2023 s.d. 24-03-2023

7. 27-03-2023 s.d. 31-03-2023

8. 03-04-2023 s.d. 07-04-2023

9. 10-04-2023 s.d. 14-04-2023

10. 17-04-2023 s.d. 21-04-2023

11. 24-04-2023 s.d. 28-04-2023

12. 01-05-2023 s.d. 05-05-2023

13. 08-05-2023 s.d. 12-05-2023

14. 15-05-2023 s.d. 19-05-2023

15. 22-05-2023 s.d. 26-05-2023

16. 29-05-2023 s.d. 02-06-2023


Profil Pengajar

Arvy Luqman Yafie

Berpengalaman lebih dari 5 tahun bekerja menjadi seorang Leader barista yang mampu dan menguasai bagaimana cara membuat berbagai macam menu kopi, salain itu juga menguasai bagaimana manajemen sebuah kedai minum dari menjaga SOP menu yang sudah ditentukan perusahaan, mengoperasikan mesin kopi, melakukan stock opname bahan baku hingga membuat laporan keuangan yang sederhana.


Cara Redeem Voucher

1. Setelah melakukan pembelian kelas peserta akan mendapatkan Redeem Code dan juga Kode Voucher.

2. Masuk pada website https://prakerja.cybersacademy.id/

3. Setelah Beranda website terbuka lakukan Pendaftaran dengan menekan tombol Daftar pada bagian kanan atas, isi lengkap kolom yang tersedia, lalu cheklis Saya setuju dengan ketentuan & persyaratan dan lanjut klik tombol Mendaftar pada bagian bawah form.

4. Atau anda bisa melakukan login langsung tanpa mendaftar menggunakan akun Google maupun akun Facebook pada halaman Login/Masuk

5. Setelah pendaftaran dan login berhasil Kembali ke halaman beranda dengan menekan logo Cybers Academy pada bagian atas website atau tombol beranda pada bagian menu. Lalu cari kelas dengan judul yang sesuai anda beli sebelumnya dengan cara mengisi kolom pencarian yang ada pada beranda website ataupun scroll halaman kebawah.

6. Setelah kelas ditemukan, cari tombol Masukan ke Keranjang. Jika Berhasil maka otomatis pada bagian kanan atas icon troli akan aktif.

7. Setelah masuk ke menu keranjang lakukan penukaran Kode Voucher pada bagian Kupon dan lanjut tekan tombol Mengesahkan untuk melakukan penukaran Kode Voucher.

8. Setelah Berhasil selanjutnya akan diarahkan ke halaman Profil/Panel buka menu Pelatihan > Pembelian Saya atau dapat langsung melalui link: https://prakerja.cybersacademy.id/panel/webinars/purchases pada bagian kelas akan ada kolom input untuk Redeem Code, masukan Redeem Code yang sudah didapat saat pembelian lalu tekan Masuk ke halaman belajar, bila Redeem Code valid dan penukaran sukses akan otomatis diarahkan pada halaman kelas berisi segment mengikuti webinar dan pengerjaan soal.


Kontak Lembaga Pelatihan

089630751495



Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved