Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Manajemen Risiko untuk Menjadi Konsultan Bisnis

Pembelajaran Mandiri

Mengelola Manajemen Risiko untuk Menjadi Konsultan Bisnis

Oleh: Sertifikasiku -

Pelatihan di Sertifikasiku -

0

4.7(878)
1090 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Ketidakpastian merupakan sumber risiko bagi Lembaga Usaha yang dapat mengakibatkan kerugian bahkan kebangkrutan. Sehingga risiko harus dikelola untuk meminimalisir atau menghilangkan kerugian. Pengelolaan Manajemen Risiko tak lepas dari kemampuan sumber daya manusia (SDM). Sehingga penting bagi perusahaan memiliki SDM dengan kompetensi Manajemen Risiko yang memadai. Oleh karena itu Pelatihan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Lembaga Usaha akan SDM yang kompeten di bidang Manajemen Risiko.

Tujuan Umum Pelatihan
1. Peserta mampu melakukan evaluasi konteks internal dan eksternal sesuai dengan tujuan dan sasaran perusahaan sebanyak minimal 1 pencapaian
2. Peserta mampu mendefinisikan kriteria risiko sesuai dengan kerangka kerja manajemen risiko sebanyak minimal 1 kali proses manajemen risiko
3. Peserta mampu mendokumentasikan risiko-risiko sesuai dengan kebutuhan manajemen terhadap penggunaan informasi yang tersedia sebanyak minimal 1 kali proses manajemen risiko
4. Peserta mampu melakukan identifikasi risiko sesuai dengan sasaran bisnis dan proses yang terkait minimal sebanyak 1 fungsi/bisnis unit
5. Peserta mampu melakukan pengukuran probabilitas dan dampak sesuai dengan risiko yang telah diidentifikasi minimal 1 kali proses manajemen risiko
6. Peserta mampu melakukan penentuan skala prioritas terhadap risiko-risiko sesuai dengan penanganan yang dilakukan minimal 1 kali proses manajemen risiko
7. Peserta mampu menetapkan risiko-risiko sesuai dengan yang akan dilakukan penanganan selanjutnya minimal sebanyak 1 kali penanganan
8. Peserta mampu melaksananan penanganan sesuai dengan risiko-risiko yang dihadapi minimal sebanyak 1 kali proses manajemen risiko
9. Peserta mampu menyusun kerangka kerja untuk mengelola risiko sesuai dengan tujuan dan sasaran perusahaan minimal sebanyak 1 kali proses manajemen risiko
10. Peserta mampu melakukan pembaruan atas risk register secara periodik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan minimal sebanyak 1 kali pembaruan

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menentukan risk owner
2. Peserta mamou membuat risk register
3. Peserta mampu melakukan identifikasi risiko
4. Peserta mampu memahami jenis-jenis risiko
5. Peserta mampu mengetahui teknik identifikasi risiko
6. Peserta mampu mendefinisikan kriteria risiko
7. Peserta mampu menentukan skala prioritas terhadap risiko-risiko
8. Peserta mampu melakukan pengukuran probabilitas dan dampak dari setiap risiko
9. Peserta mampu melaksanakan penanganan risiko
10. Peserta mampu melakukan evaluasi konteks internal dan eksternal perusahaan
11. Peserta mampu melakukan perbaruan risk register

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Kriteria Risiko Perusahaan (Materi Bab 4 : Mendefinisikan Kriteria Risiko – Video 1-3)
2. Identifikasi Risiko (Materi Bab 3 : Melakukan Identifikasi Risiko Fungsi/Bisnis Unit – Video 1-3)
3. Konsep Risk Register (Materi Bab 2 : Mendokumentasikan Risiko-Risiko ke dalam Risk Register – Video 1)

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Melakukan analisis terhadap konteks Perusahaan (Materi Bab 9 : Melakukan Evaluasi Konteks Internal dan Eksternal Perusahaan – Video 1)
2. Melakukan dokumentasi risiko dengan menggunakan risk register yang berlaku dalam perusahaan (Materi Bab 2 : Mendokumentasikan Risiko-Risiko ke dalam Risk Register – Video 2-3)
3. Melaksanakan teknik-teknik identifikasi risiko dan Menuangkan hasil identifikasi risiko dalam bentuk daftar risiko yang telah diidentifikasi (Materi Bab 3 : Melakukan Identifikasi Risiko Fungsi/Bisnis Unit – Video 4)
4. Melaksanakan teknik-teknik pengukuran dampak dan probabilitas kejadian risiko dan menuangkan pemahaman dalam bentuk ukuran dampak dan probabilitas kejadian suatu risiko (Materi Bab 6 : Melakukan Pengukuran Probabilitas dan Dampak dari Setiap Risiko yang telah Diidentifikasi – Video 1-3)
5. Melaksanakan teknik-teknik penentuan skala prioritas risiko dan menuangkan pemahaman dalam bentuk hasil penentuan skala prioritas risiko (Materi Bab 5: Melakukan Penentuan Skala Prioritas Terhadap Risiko-Risiko – Video 1)
6. Melakukan analisis menggunakan hasil evaluasi risiko dan kriteria risiko (Materi Bab 3 : Melakukan Identifikasi Risiko Fungsi/Bisnis Unit – Video 1-4 dan Materi Bab 9 : Melakukan Evaluasi Konteks Internal dan Eksternal Perusahaan – Video 1)
7. Mengawasi dan mengontrol pelaksanaan penanganan risiko sesuai prosedur yang berlaku dan menuangkan pemahaman dalam bentuk rencana tindakan penanganan risiko (Materi Bab 8 : Melaksanakan Penanganan atas Risiko-Risiko – Video 1-2)
8. Melakukan analisis terhadap rencana strategis Perusahaan Melaksanakan prosedur update risk register (Materi Bab 10 : Melakukan Pembaruan atas Risk Register Secara Periodik – Video 1)

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Teliti (Materi Bab 2 : Mendokumentasikan Risiko-Risiko ke Dalam Risk Register – Video 3)
2. Cermat (Materi Bab 4 : Mendefinisikan kriteria Risiko – Video 1-3)
3. Hati-hati (Materi Bab 1 : Menentukan Risk Owner dan Fungsi terkait untuk Setiap Kejadian Risiko – Video 1 dan Materi Bab 8 : Melaksanakan Penanganan atas Risiko-Risiko – Video 1-2)
4. Interaktif dan komunikatif (Materi Bab 10 : Melakukan Pembaruan atas Risk Register Secara Periodik – Video 1)
5. Disiplin dan direktif ((Materi Bab 10 : Melakukan Pembaruan atas Risk Register Secara Periodik – Video 1)

Kelompok Sasaran
1. Minimal lulusan SMA/SMK sederajat, atau:
2. Mahasiswa semua jurusan, dan
3. Memiliki keterampilan menggunakan aplikasi Microsoft Office

Durasi Per Sesi
1. Menentukan risk owner dan fungsi terkait untuk setiap kejadi risiko 06:06

2. Mendokumentasikan Risiko-Risiko ke Dalam Risk Register 16:13

3. Melakukan Identifikasi Risiko Fungsi/Bisnis Unit 22:07

4. Mendefinisikan Kriteria Risiko 19:19

5. Melakukan Penentuan Skala Prioritas Terhadap Risiko-Risiko 05:18

6. Melakukan Pengukuran Probabilitas dan Dampak dari Setiap Risiko yang telah Diidentifikasi 13:59

7. Menetapkan Risiko-Risiko yang Akan Dilakukan Tindakan Penanganan Selanjutnya 15:16

8. Melaksanakan Penanganan atas Risiko-Risiko 11:44

9. Melakukan Evaluasi Konteks Internal dan Eksternal Perusahaan 07:47

10. Melakukan Pembaruan atas Risk Register Secara Periodik 08:30

11. Pertanyaan Seputar Mengelola Manajemen Risiko untuk Konsultan Bisnis 116:38

12. Modul

Total Durasi
400 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Profil Pengajar
Deden Wahyudianto
Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina (2020 - ...)
Program Sarjana, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Jenderal Soedirman (1994 – 1999)

Ferry Hermansyah
Ferry Hermansyah SH, MBA, CRP, CIB, FRM adalah founder dari Leadership Nasional yang merupakan konsultan bisnis yang berbasis solusi teknologi di Indonesia yang juga berpartner dengan BMSR dan LSPPM. Ferry bahkan ikut terlibat dalam penyusunan berbagai Blueprint Manajemen Risiko, Blueprint Human Capital, Corporate Plan berbasis Risiko, berbagai SOP serta Kajian Investasi di Bank dan Perusahaan dengan ukuran bisnis dari 10 – 150 juta USD. Selain itu, sejak tahun 2010 sampai sekarang Ferry telah mengajar sekitar 10.000 orang dalam persiapan sertifikasi uji kompetensi manajemen risiko tingkat 1 sampai tingkat 5. Pengalaman ini melengkapi karir Ferry sebelumnya di 5 besar konsultan dunia, bursa berjangka dan perusahaan telekomunikasi.

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Setiap Hari Jumat : 16.00-17.00 WIB

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah interaktif, peragaan (demonstration), video animasi dan putar video.

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Buka website Sertifikasiku.com dan lakukan "Register/Sign Up".
3. Klik menu produk lalu klik Program Prakerja dan pilih Produk Kartu Pra Kerja sesuai yang telah dibeli di platform digital, dan Klik "Add to Cart".
4. Masukan "Kode Voucher" yang sudah didapat dari akun platform digital di bagian “Click here to enter your code” diatas tulisan Billing Details, lalu klik "Apply Coupon", kemudian klik "Proceed to Checkout".
5. Lengkapi "Billing Details" dan Klik "Place Order". (Pastikan harga sudah berubah menjadi Rp.0,-)
6. Kursus Sudah Dapat Dimulai

Kontak Lembaga Pelatihan
Whatsapp : 08119692024
Email : infoprakerja@sertifikasiku.com

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.7

/5

(878 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp399.000