Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Manajemen Toko Ritel bagi Penjaga Toko

Webinar

Mengelola Manajemen Toko Ritel bagi Penjaga Toko

Oleh: MBV Academy

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
43 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda webinar/daring
Okupasi Pelatihan: Shopkeepers
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 / Shopkeepers
Gambaran Pelatihan
Pelatihan ini cocok untuk calon shopkeepers/penjaga toko. Program pelatihan ini bertujuan agar peserta pelatihan mampu menyusun perencanaan pengelolaan manajemen toko ritel dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan..
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal terkait dengan fokus untuk mempelajari manajemen toko ritel, strategi melayani pelanggan, manajemen pengelolaan kas dan transaksi, manajemen inventor, dan pencegahan serta penanganan kehilangan produk di toko.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Dasar-dasar Pengelolaan Toko Ritel: 180 menit
Sesi 2: Strategi Melayani Pelanggan: 180 menit
Sesi 3: Pengelolaan Kas dan Transaksi: 180 menit
Sesi 4: Dasar-dasar Manajemen Stok dan Inventori: 180 menit
Sesi 5: Keamanan dan Pencegahan Kehilangan: 180 menit

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menyusun perencanaan pengelolaan manajemen toko ritel dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus Pelatihan
Mengimplementasikan etika kerja dan profesionalisme di tempat kerja
Mengorganisasi pelayanan pelanggan yang baik dan tepat
Menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada transaksi harian
Mengorganisasi manajemen stok toko
Menyelesaikan permasalahan keamanan toko dan pencegahanny

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Pengenalan toko ritel
Peran dan tanggung jawab penjaga toko
Etika kerja dan profesionalisme di tempat kerja
Teknik penataan produk yang menarik
Pentingnya kebersihan dan kerapian toko
Prinsip FIFO (First In, First Out) dalam pengelolaan stok
Kebutuhan dan ekspektasi pelanggan

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Menata produk dengan menarik di toko
Meniru prinsip FIFO dalam pengelolaan stok
Memperbaiki hubungan dan pelayanan dengan pelanggan toko
Bereaksi pada situasi sulit dengan pelanggan di toko
Merespons permasalahan terkait penipuan dalam transaksi non-tunai di toko
Mengonstruksi operasional mesin kasir
Mengonstruksi pengelolaan stok dan inventori di toko

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Teliti dalam mendemonstrasikan proses merchandising toko ritel
Cekatan dalam mengatur prinsip FIFO dalam pengelolaan stok
Cakap dalam menjelaskan langkah-langkah menangani keluhan pelanggan
Terampil dalam menunjukkan inisiatif saat membangun hubungan baik dengan pelanggan
Kritis dalam mengatur pengelolaan kas dan transaksi
Jelas dalam menjelaskan dasar-dasar operasional kasir
Tepat dalam mendemonstrasikan pencatatan dan pengecekan stok toko

Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 55 tahun 
Min pendidikan SMA/SMK sederajat

Syarat dan pendidikan lainnya
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SMA/SMK
2. Peserta yang tertarik menjadi seorang Pengembang Bisnis
3. Peserta yang memiliki perangkat (Smartphone / Laptop)
4. Peserta memiliki jaringan internet yang memadai

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
100 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Murtika, penjaga toko berpengalaman di Surabaya, mengelola toko ritel skincare dan make-up. Sebagai senior, ia mempersiapkan 4 rencana display produk yang menarik. Dia juga merancang 4 strategi layanan pelanggan untuk memastikan kepuasan pembeli. Selain itu, Murtika menetapkan 4 strategi untuk proses pembayaran yang lancar. Terakhir, dia menyusun 4 strategi keamanan toko untuk mencegah kehilangan barang.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test

Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat

Profil Pengajar
Yaffie Shahna, merupakan praktisi di bidang pertokoan dan ritel dengan pengalaman >5 tahun. Beragam pengalaman di beberapa perusahaan terkait pengelolaan toko ritel dan penjaga toko
Dio Rizkyandita, adalah seorang praktisi bisnis berpengalaman di bidang toko ritel baik F&B ataupun penyediaan barang ritel dengan pengalaman luas.

Kontak Lembaga Pelatihan
Phone: (021) 899 024 06
+62 852 1000 0389
Fax: (021) 899 024 05
Write us: admin@mbv.co.id


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved