Webinar
Mengelola Operasional untuk Staf Kantor Umum
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Tenaga Perkantoran Umum
Rujukan Okupasi: Indotask 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari dasar membuat materi presentasi, cara penggunaan aplikasi komputer untuk membantu aktivitas operasional, cara mengelola peralatan kantor, meminimalisir pencurian dan tahapan menerapkan prosedur K3 dalam kantor.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti membuat materi presentasi perkenalan diri, mengaplikasikan fitur aplikasi komputer dalam membuat materi presentasi, membuat sebuah surat pemberitahuan untuk mengelola peralatan kantor, membuat email pengumuman untuk update password email kantor dan surat pemberitahuan cara penggunaan sebuah peralatan kantor.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat membuat materi presentasi, menggunakan aplikasi untuk aktivitas operasional dan administrasi, mengelola peralatan kantor, melakukan aktivitas peminimalisiran pencurian, dan menerapkan prosedur K3 sesuai SOP perusahaan sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang staf umum kantor yang kompeten.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menganalisa prosedur pemakaian peralatan kantor (B) untuk membuat surat pemberitahuan dengan aplikasi komputer dengan jelas dan terstruktur (C) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri (D).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu membuat materi presentasi
Peserta mampu menggunakan aplikasi untuk aktivitas operasional dan administrasi
Peserta mampu mengelola peralatan kantor
Peserta mampu melakukan aktivitas peminimalisiran pencurian
Peserta mampu melakukan prosedur K3 sesuai SOP perusahaan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Jenis Materi Presentasi
Langkah - Langkah Membuat Materi Presentasi
Hal - Hal Yang Diperhatikan Dalam Membuat Presentasi
Teknik Visualisasi Untuk Materi Presentasi
Ciri-Ciri Materi Presentasi Yang Baik dan Benar
Tujuan Penggunaan Aplikasi Dalam Operasional
Langkah Memilih Aplikasi Yang Tepat Untuk Operasional
Jenis Aplikasi Untuk Operasional
Metode Penggunaan Aplikasi yang Efektif
Langkah Meningkatkan Keterampilan Penggunaan Aplikasi
Langkah Memelihara Peralatan Kantor
Strategi Dalam Manajemen Inventaris Peralatan Kantor
Langkah Memfasilitasi Sarana dan Prasarana Kantor
Manfaat dari Penggunaan Peralatan Kantor sesuai Fungsi
Pemahaman Tentang Peralatan Kantor
Penerapan Sistem Keamanan Yang Rutin
Langkah Untuk Mencegah Pencurian
Pengertian Keamanan Siber
Komponen Sistem Keamanan
Perencanaan dan Latihan Terhadap Insiden Keamanan
Pengertian K3 di Perkantoran
Tujuan K3 di Perkantoran
Penerapan K3 di Perkantoran
Prosedur Keamanan Peralatan dan Tempat Kerja
Peran Teknologi Dalam Menjaga Kebersihan Tempat Kerja
Peralatan K3 di Kantor Bagi Karyawan
Manfaat Kebijakan K3 di Kantor Bagi Karyawan
Prosedur Kebersihan Peralatan dan Tempat Kerja
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menerapkan prosedur K3 perkantoran dengan tepat
Memproduksi materi presentasi
Melakukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan
Mengimplementasikan teknik dan strategi untuk meminimalisir pencurian
Mendemonstrasikan teknik dan pengetahuan untuk mengelola peralatan kantor
Menerapkan cara dan teknik penggunaan aplikasi komputer untuk mengelola operasional
Menganalisa permasalahan yang disajikan dengan argumen yang jelas dan analitis
Mendemonstrasikan teknik dalam aktivitas peminimalisiran pencurian.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Detail dalam membuat materi presentasi
Percaya diri dalam menggunakan aplikasi komputer untuk aktivitas operasional
Tepat dalam mengelola peralatan kantor
Memiliki sikap antusias saat berkomunikasi untuk menjalankan prosedur K3
Cermat dalam menggunakan aplikasi komputer untuk membuat dokumen
Teliti dalam mengerjakan administrasi dan operasional untuk meminimalisir pencurian
Mengadopsi sikap analitis dalam membuat materi presentasi
Tepat menyampaikan pesan saat mengelola operasional untuk audiens yang tepat
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SD
Syarat dan Ketentuan lainnya
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengelolaan dan administrasi kantor
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Durasi Per Sesi
Sesi 1. Dasar Membuat Materi Presentasi : 180 menit
Sesi 2. Menggunakan Aplikasi untuk Aktivitas Operasional : 180 menit
Sesi 3. Mengelola Peralatan Kantor : 180 menit
Sesi 4. Meminimalisir Pencurian : 180 menit
Sesi 5. Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran : 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan membuat surat pemberitahuan cara penggunaan sebuah peralatan kantor yang jelas dan tepat dengan menggunakan aplikasi komputer
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Nuriyah Nury adalah seorang profesional yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang administrasi dan operasional di berbagai industri seperti perbankan dan manufaktur.
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000