Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengelola Penjualan Produk dan Jasa Kecantikan untuk Calon Manajer Penjualan

Pembelajaran Mandiri

Mengelola Penjualan Produk dan Jasa Kecantikan untuk Calon Manajer Penjualan

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.8(113)
120 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Mengapa program ini penting untuk diikuti?

Kini, produk atau treatment (jasa) kecantikan sudah menjadi kebutuhan yang penting khususnya bagi kalangan wanita. Produk dan treatment kecantikan yang sesuai membantu pemakainya untuk tampil lebih menarik. Akibat kebutuhan dan perkembangan produk kecantikan yang tinggi maka bisnis kecantikan pun semakin meningkat. Dilansir https://kemenperin.go.id/ di era teknologi perkembangan industri kecantikan akan semakin, maka banyak tumbuh klinik kecantikan yang menyediakan beragam perawatan kulit dan tubuh. Sehingga, dengan peluang tersebut sangat baik dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis kecantikan. Namun, kini dengan perkembangan bisnis kecantikan yang semakin meningkat, kompetisi antar bisnis kecantikan pun semakin sengit. Sehingga, tentu tantangan yang akan dihadapi akan semakin berat. Meskipun demikian, untuk mengelola bisnis kecantikan yang berhasil, manajer penjualan tidak cukup hanya memiliki pengetahuan tentang kecantikan saja. Keberhasilan bisnis kecantikan sendiri tergantung dari bagaimana mengelola dan menjalankannya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Manajer penjualan perlu menguasai kompetensi untuk menentukan dan mengelola anggaran dengan akurat, mengenali dan bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan, serta mengelola dan mengevaluasi kegiatan operasional, penjualan, dan pemasaran dengan cermat. Akan tetapi, tidak semua manajer penjualan mengenal dan menguasai kemampuan tersebut. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang manajer penjualan yang mampu untuk mengelola bisnis kecantikan. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi dari pemateri, serta refleksi pembelajaran, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Apa tujuan dari program ini?

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah- langkah menjadi manajer penjualan pada bisnis kecantikan. Pengetahuan dan keterampilan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi peserta yang ingin memulai karir sebagai manajer penjualan pada bisnis kecantikan atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarir di bidang tersebut.

Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?

Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk mempelajari penentuan dan pengelolaan anggaran dengan akurat, cara mengidentifikasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan, serta mengelola dan mengevaluasi kegiatan operasional, penjualan, dan pemasaran dengan cermat.

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan program ini?

Peserta yang mengikuti program ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori aplikatif dalam pekerjaan yang berhubungan dengan manajerial pengelolaan penjualan di bisnis kecantikan atau lainnya.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengelola bisnis produk kecantikan untuk Manajer Penjualan sesuai dengan standar nasional (SKKNI Bidang Kecantikan) dan SOP perusahaan.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu mendefinisikan, peran, tanggung jawab, dan prospek karir Manajer Penjualan

2. Peserta mampu menjelaskan keterampilan, pengetahuan, dan karakter yang harus dimiliki seorang Manajer Penjualan

3. Peserta mampu menguraikan cakupan industri kecantikan, perkembangan dan peluangnya di Indonesia

4. Peserta mampu menguraikan tantangan profesi manajer penjualan di bisnis kecantikan

5. Peserta mampu menunjukan sikap reflektif diri untuk memiliki keterampilan, pengetahuan dan kepribadian manajer penjualan yang berhasil"

6. Peserta mampu menjelaskan definisi, konsep, dan fungsi diskon penjualan

7. Peserta mampu menguraikan strategi untuk menentukan diskon penjualan

8. Peserta mampu menjelaskan karakteristik dan demografi customer

9. Peserta mampu menguraikan definisi, kekurangan, kelebihan, dan fungsi promosi offline dan online dalam penjualan

10. Peserta mampu menjelaskan definisi, fungsi, dan cara menentukan reward dan punishment

11. Peserta mampu menjelaskan berbagai strategi dalam menentukan anggaran promosi dalam penjualan

12. Peserta mampu menerapkan berbagai strategi dalam menyusun dan mengelola anggaran serta mengendalikan pengeluaran di bisnis kecantikan

13. Peserta mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan strategi dalam menentukan anggaran promosi dalam penjualan, menyusun dan mengelola anggaran serta mengendalikan pengeluaran di bisnis kecantikan

14. Peserta mampu menjelaskan definisi komponen, dan fungsi product knowledge

15. Peserta mampu menjelaskan berbagai berbagai tipe pelanggan dan strategi pendekatan yang tepat

16. Peserta mampu menjelaskan teknik dan metode penjualan yang efektif

17. Peserta mampu menjelaskan konsep pendekatan Plan Do Check Act (PDCA)

18. Peserta mampu mendemonstrasikan cara berinteraksi untuk merekomendasikan produk dan jasa kecantikan kepada klien berdasarkan kebutuhan customer

19. Peserta mampu menerapkan strategi dan action plan bisnis guna mencapai target penjualan dengan pendekatan PDCA

20. Peserta mampu menerapkan berbagai strategi memaksimalkan kesempatan penjualan di bisnis kecantikan

21. Peserta menunjukkan sikap ramah dan komunikatif dalam berinteraksi untuk merekomendasikan produk dan jasa kecantikan kepada klien berdasarkan kebutuhan customer

22. Peserta terampil dalam membuat review strategi bisnis dan strategis dalam menentukan action plan bisnis guna mencapai target penjualan dengan pendekatan PDCA

23. Peserta cermat menerapkan berbagai strategi memaksimalkan kesempatan penjualan di bisnis kecantikan

24. Peserta mampu mengkonsepkan definisi, komponen, dan fungsi service excellence dan engagement dengan customer

25. Peserta mampu menerapkan cara identifikasi faktor faktor operasional yang mempengaruhi minat bisnis

26. Peserta mampu menerapkan jenis jenis program penjualan dan pemasaran yang efektif

27. Peserta mampu menjelaskan berbagai strategi manajemen tim yang efektif

28. Peserta mampu mengimplementasikan Key Performance Indicator (KPI) untuk menilai kinerja karyawan

29. Peserta mampu mengimplementasikan strategi untuk berinteraksi dalam menangani keluhan dan menjaga hubungan baik dengan dokter kecantikan dan klien

30. Peserta mampu menerapkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan alat medis Peserta mampu mengimplementasikan aspek legal dan urgensinya di bisnis kecantikan

31. Peserta mampu menerapkan tata cara menetapkan dan mengarahkan prosedur operasional dan administrasi di bisnis kecantikan

32. Peserta mampu mengaplikasikan langkah- langkah efektif untuk menangani dan menindaklanjuti keluhan pelanggan

33. Peserta mampu membuat laporan penjualan untuk Head Office dan District Manager

34. Peserta menunjukkan sikap sigap dan empati dalam menangani dan menindaklanjuti keluhan pelanggan

35. Peserta menunjukkan sikap terampil dalam membuat laporan penjualan untuk Head Office dan District Manager

36. Peserta mampu menjelaskan strategi pengembangan bisnis dan menilai kualitas pelayan bisnis produk dan jasa kecantikan

37. Peserta mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan strategi operasional dan pelayanan serta program penjualan dan pemasaran di bisnis kecantikan

38. Peserta mampu mengevaluasi kelebihan dan menghindari kekurangan strategi operasional dan pelayanan serta program penjualan dan pemasaran di bisnis kecantikan

39. Peserta menunjukkan sikap teliti dalam menjalankan strategi operasional dan pelayanan serta program penjualan dan pemasaran berdasarkan hasil evaluasi

40. Peserta mampu mengimplementasikan forecasting kebutuhan penjualan produk dan jasa kecantikan


Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)

1. Definisi, Peran, Tanggung jawab, serta Prospek Karir Manajer Penjualan Produk Kecantikan

2. Daftar Keterampilan, Pengetahuan, dan Karakter yang harus Dikuasai Manajer Penjualan

3. Berbagai Tantangan Profesi Manajer Penjualan dan Cara Menghadapinya

4. Cakupan tentang Industri Kecantikan, Perkembangan, dan Peluang Usahanya di Indonesia

5. Definisi, Konsep, dan Fungsi Diskon Berbagai Strategi untuk Menentukan Diskon Penjualan

6. Definisi, Kekurangan, Kelebihan, Fungsi Promosi Offline dan Online dalam Penjualan

7. Karakteristik dan Demografi Customer

8. Berbagai Strategi Menentukan Anggaran Promosi dalam Penjualan

9. Reward dan Punishment

10. Berbagai Strategi Menyusun dan Mengelola

11. Anggaran serta Mengendalikan Pengeluaran di Bisnis Kecantikan

12. Definisi, Komponen, dan Fungsi Product Knowledge

13. Berbagai Tipe Pelanggan dan Strategi Pendekatannya

14. Teknik dan Metode Penjualan

15. Konsep Pendekatan Plan Do Check Act (PDCA)

16. Berbagai Strategi Memaksimalkan Kesempatan Penjualan

17. Definisi, Komponen, dan Fungsi Service Excellence dan Engagement dengan Customer

18. Faktor-Faktor Operasional yang Mempengaruhi Minat Bisnis

19. Jenis- Jenis Program Penjualan dan Pemasaran yang Efektif

20. Strategi Manajemen Tim yang Efektif

21. Key Performance Indicator (KPI)

22. Cara Berinteraksi dalam Menangani dan Menindaklanjuti Keluhan Pelanggan

23. Strategi Menjaga Hubungan Baik dengan Dokter Kecantikan dan Klien

24. Laporan Penjualan

25. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Alat Medis

26. Aspek Legal dan Urgensinya dalam Bisnis Kecantikan

27. Strategi Pengembangan Bisnis

28. Kualitas pelayanan bisnis

29. Kelebihan dan Kekurangan Strategi Operasional dan Pelayanan Terhadap Klien Kecantikan

30. Kekurangan dan Kelebihan Strategi Program Penjualan dan Pemasaran


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Peserta mampu menunjukkan tantangan profesi manajer penjualan di bisnis kecantikan

2.Peserta mampu menerapkan berbagai strategi dalam menentukan anggaran promosi dalam penjualan

3. Peserta mampu menerapkan berbagai strategi dalam menyusun dan mengelola anggaran serta mengendalikan pengeluaran di bisnis kecantikan

4. Peserta mampu menerapkan cara berinteraksi untuk merekomendasikan produk dan jasa kecantikan kepada klien berdasarkan kebutuhan customer

5. Peserta mampu membuat review strategi dan action plan bisnis guna mencapai target penjualan dengan pendekatan PDCA

6. Peserta mampu menerapkan berbagai strategi memaksimalkan kesempatan penjualan di bisnis kecantikan

7. Peserta mampu menerapkan tata cara menetapkan dan mengarahkan prosedur operasional dan administrasi di bisnis kecantikan

8. Peserta mampu melakukan perencanaan dan pengaturan program penjualan dan pemasaran di bisnis kecantikan

9. Peserta mampu mengaplikasikan langkah- langkah efektif untuk menangani dan menindaklanjuti keluhan pelanggan

10. Peserta mampu membuat laporan penjualan untuk Head Office dan District Manager

11. Peserta mampu menerapkan kelebihan dan menghindari kekurangan strategi operasional dan pelayanan serta program penjualan dan pemasaran di bisnis kecantikan


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Reflektif diri untuk mempunyai keterampilan, pengetahuan dan kepribadian Manajer Penjualan produk kecantikan yang berhasil

2. Peserta mampu menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan strategi dalam menentukan anggaran promosi dalam penjualan, menyusun dan mengelola anggaran serta mengendalikan pengeluaran di bisnis kecantikan

3. Peserta menunjukkan sikap ramah dan komunikatif dalam berinteraksi untuk merekomendasikan produk dan jasa kecantikan kepada klien berdasarkan kebutuhan customer

4. Peserta terampil dalam membuat review strategi bisnis dan strategis dalam menentukan action plan bisnis guna mencapai target penjualan dengan pendekatan PDCA

5. Peserta cermat menerapkan berbagai strategi memaksimalkan kesempatan penjualan di bisnis kecantikan

6. Peserta menunjukkan sikap cermat dalam menetapkan dan mengarahkan prosedur operasional dan administrasi, merencanakan dan mengatur program penjualan dan pemasaran

7. Peserta menunjukkan sikap sigap dan empati dalam menangani dan menindaklanjuti keluhan pelanggan

8. Peserta menunjukkan sikap terampil dalam membuat laporan penjualan untuk Head Office dan District Manager

9. Peserta menunjukkan sikap teliti dalam menjalankan strategi operasional dan pelayanan serta program penjualan dan pemasaran berdasarkan hasil evaluasi


Kelompok Sasaran

1. Peserta yang memiliki ketertarikan tentang bisnis dan industri kecantikan

2. Peserta yang memiliki pengetahuan dasar tentang teknik dan metode penjualan

3. Peserta yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang bisnis dan ekonomi atau lainnya

4. Peserta yang memiliki perangkat dan jaringan internet

5. Peserta yang telah menempuh pendidikan minimal S1


Durasi Per Sesi

TOPIK 1 Menjadi Manajer Penjualan di Bisnis Kecantikan : 57 menit 15 detik

TOPIK 2 Menentukan dan Mengelola Anggaran di Bisnis Kecantikan : 82 menit 39 detik

TOPIK 3 Menjual Produk dan Jasa Kecantikan : 68 menit 24 detik

TOPIK 4 Mengelola Bisnis Produk dan Jasa Kecantikan : 120 menit 41 detik

TOPIK 5 Mengevaluasi Bisnis Produk dan Jasa Kecantikan : 56 menit 5 detik


Total Durasi
385 Menit 4 Detik

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Rabu pukul 17.00-18.00

Level Pelatihan
Intermediate / Tingkat Menengah

Metode Pembelajaran
Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah interaktif, peragaan (demonstration), video animasi dan putar video.

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar

Ant Bobby Ernanto Raharja

Ant Bobby Ernanto Raharja adalah Sales Manager dengan pengalaman selama lebih dari 7 tahun. Sejak tahun 2015 beliau telah menjabat sebagai Branch Clinic Manager cabang Erha Derma Center Yogyakarta di PT.Erha Clinic Indonesia. Sebagai seorang manajer, beliau bertanggung jawab untuk memimpin tim dan memastikan seluruh kegiatan operasional di klinik kecantikan berjalan dengan baik. Selain itu, beliau juga merencanakan dan mengembangkan manajemen penjualan dan strategi bisnis. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta pada 2009.


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055
Website Lembaga : https://cakap.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(113 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp800.000