Webinar
Mengelola Peralatan Kantor untuk Staf Administrasi
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda daring
Okupasi Pelatihan: Staf administrasi kantor
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari cara melakukan pengadaan, pemeliharaan, pengoperasian dan meminimalisir pencurian peralatan kantor.
Peserta akan mengimplementasikan materi yang telah dipelajari melalui tugas mandiri dan uji keterampilan seperti membuat rekomendasi vendor untuk pengadaan peralatan kantor, email pemeliharaan akses komputer, membuat narasi komunikasi untuk mengoperasikan printer, mengoperasikan komputer untuk membuat dokumen dan mengelola pengadaan peralatan kantor .
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat melakukan pengadaan peralatan kantor, mengelola peralatan kantor, mengoperasikan peralatan kantor seperti printer, scanner, komputer dan mesin fotocopy, dan melakukan aktivitas meminimalisir pencurian peralatan kantor sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta untuk menjadi seorang staf administrasi yang kompeten.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu melakukan aktivitas pengelolaan peralatan kantor berupa membuat rekomendasi vendor untuk pengadaan peralatan kantor dan mengoperasikan peralatan kantor untuk berkomunikasi (B) dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Peserta mampu melakukan pengadaan peralatan kantor
2. Peserta mampu mengelola peralatan kantor
3. Peserta mampu mengoperasikan printer dan scanner
4. Peserta mampu mengoperasikan komputer dan mesin fotocopy
5. Peserta mampu melakukan aktivitas meminimalisir pencurian peralatan kantor
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Langkah Pengadaan Peralatan Kantor
Aspek Pengadaan Peralatan Kantor
Prosedur Memilih Vendor
Pengelolaan Anggaran
Kriteria Pemilihan Peralatan
Proses Lelang Pengadaan Peralatan Kantor
Kegiatan Memelihara Peralatan Kantor
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Mengembangkan pengetahuan penggunaan peralatan kantor
Berkomunikasi dengan efektif di lingkungan kerja ritel
Mengoperasikan peralatan kantor
Melakukan aktivitas meminimalisir pencurian peralatan kantor
Mengimplementasikan teknik komunikasi untuk mengadakan peralatan kantor
Mengembangkan pengetahuan penggunaan peralatan kantor
Berkomunikasi dengan efektif di lingkungan kerja ritel
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Detail dalam mengelola peralatan kantor
Percaya diri dalam mengadakan peralatan kantor
Tepat dalam mengoperasikan peralatan kantor sesuai petunjuk dan prosedur
Memiliki sikap antusias saat berkomunikasi di lingkungan ritel
Cermat dalam meminimalisir pencurian peralatan kerja
Teliti dalam menggunakan peralatan kerja
Bersikap informatif saat berkomunikasi di lingkungan ritel
Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SD atau setara.
2. Minat peserta tertuju pada pengelolaan dan administrasi dokumen
3. Peserta dilengkapi dengan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet secara memadai.
4. Peserta diharapkan memiliki akun Zoom atau Google Meet untuk mengikuti sesi pelatihan.
Durasi Per Sesi
1. Melakukan Pengadaan Peralatan Kantor: 180 menit
2. Dasar Memelihara Peralatan Kantor: 180 menit
3. Dasar Mengoperasikan Printer dan Scanner: 180 menit
4. Dasar Mengoperasikan Komputer dan Mesin Fotocopy: 180 menit
5. Meminimalisir Pencurian Peralatan Kantor: 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dengan membuat rekomendasi vendor dan melakukan komunikasi dengan komputer untuk melakukan pengadaan komputer kantor. Pengumpulan unjuk keterampilan max 3x24 jam setelah instruksi diberikan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test
Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat
Profil Pengajar
Manar Fathulhanifah Sutisna adalah seorang profesional yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang administrasi dan marketing di perusahaan ternama seperti Mamikos
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-9436-0363
Email: satuedukasi.cerdas@gmail.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000