Mengembangkan Kemampuan Berinisiatif dalam Bekerja sebagai Tenaga Perkantoran Umum
Pembelajaran Mandiri
Mengembangkan Kemampuan Berinisiatif dalam Bekerja sebagai Tenaga Perkantoran Umum
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Banyak orang kehilangan kesempatan untuk sukses, bukan karena mereka tidak mampu, namun sering kali hanya karena mereka menunggu. Kemampuan dan potensi Anda bisa tenggelam begitu saja, jika tidak berani berinisiatif mengambil sebuah tindakan. Kemampuan berinisiatif dalam bekerja, khususnya sebagai tenaga perkantoran umum, penting dan akan signifikan dampaknya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja. Sesuai dengan SKKNI, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, bidang softskills, kompetensi ini perlu dimiliki oleh seorang pekerja pada semua tingkatan. Mengembangkan kompetensi ini dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan di tempat kerja, melakukan tindakan, membiasakan mengambil tindakan secara mandiri, hingga melakukan evaluasi.
Tujuan umum
Peserta memiliki kemampuan berinisiatif dalam bekerja sebagai tenaga perkantoran umum untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Memahami profesi tenaga perkantoran umum dan tanggung jawabnya
2. Menyebutkan sikap kerja tenaga perkantoran umum yang dibutuhkan perusahaan
3. Menjelaskan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki tenaga perkantoran umum
4. Menjelaskan pengertian kemampuan berinisiatif dalam bekerja
5. Mengidentifikasi kebutuhan kemampuan berinisiatif dalam bekerja
6. Menjelaskan pentingnya kemampuan berinisiatif sebagai tenaga perkantoran umum
7. Siap menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan berinisiatif di tempat kerja
8. Menerapkan prinsip-prinsip kemampuan berinisiatif dalam bekerja
9. Menjelaskan pentingnya inisiatif untuk bersinergi dengan atasan
10. Menyebutkan teknik bersinergi dengan atasan (managing up) yang efektif
11. Menyebutkan tips mengatasi kesulitan bersinergi dengan atasan
12. Menjelaskan pentingnya berinisiatif sebagai team player
13. Menjalankan inisiatif sebagai team player yang efektif
14. Mengembangkan disiplin diri dalam menjalankan inisiatif di tempat kerja
15. Mengukur risiko dan berani menghadapinya saat menjalankan inisiatif
16. Mengembangkan mentalitas seorang pemenang yang konsisten
17. Menyederhanakan persoalan supaya lebih mudah dan cepat dalam bertindak
18. Mengembangkan growth mindset dalam mengembangkan kemampuan berinisiatif
19. Melakukan tindakan kunci untuk menjalankan inisiatif
20. Membiasakan mengambil tindakan secara mandiri dalam bekerj
21. Mempraktikkan kemampuan berinisiatif dengan proaktif
22. Melakukan evaluasi dan rencana pengembangan dalam upaya bertindak secara mandiri
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Profesi tenaga perkantoran umum dan tanggung jawabnya
2. Prinsip-prinsip kemampuan berinisiatif dalam bekerja
3. Sikap kerja tenaga perkantoran yang dibutuhkan perusahaan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengembangkan disiplin diri dalam menjalankan inisiatif di tempat kerja
2. Mengukur risiko dan berani menghadapinya saat menjalankan inisiatif
3. Mengembangkan mentalitas seorang pemenang yang konsisten
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan berinisiatif di tempat kerja
2. Disiplin diri dalam menjalankan inisiatif di tempat kerja
3. Berani ambil risiko saat menjalankan inisiatif
Kelompok Sasaran
1. Tenaga perkantoran umum semua tingkatan (staf, pemimpin, manajer, dan seterusnya)
2. Semua karyawan di berbagai bidang
3. Pengusaha yang hendak mengembangkan ide-ide inovatif secara mandiri
4. Pencari kerja yang ingin memperkuat kemampuan berinisiatif dalam bekerja
Durasi Per Sesi
Section 1: Menjadi Tenaga Perkantoran Umum : 33 menit
Section 2: Keterampilan yang Harus Dimiliki Tenaga Perkantoran Umum : 93 menit
Section 3: Mengidentifikasi Kebutuhan untuk Melakukan Kegiatan di Tempat Kerja : 111 menit
Section 4: Menjalankan Inisiatif untuk Bersinergi dengan Atasan : 89 menit
Section 5: Menjalankan Inisiatif sebagai Team Player : 118 menit
Section 6: Melakukan Tindakan Sesuai dengan Prioritas dan Tahapan Kerja : 156 menit
Section 7: Membiasakan Mengambil Tindakan secara Mandiri : 19 menit
Section 8: Mempraktikkan Kemampuan Berinisiatif dengan Proaktif : 27 menit
Section 9: Melakukan Evaluasi : 89 menit
Total Durasi
735 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Selasa, 13.00 - 14.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Profil Pengajar
Ike Widyawati, S. T.*
Terlahir dengan nama lengkap Ike Widyawati Riyaningrum, atau lebih dikenal dengan Ike Widya, adalah seorang sarjana Teknik Kimia dariUniversitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Pengalamannya sebagai penulis mengajarkannya untuk menuangkan ide-ide segar sehingga mudah dikomunikasikan dan diterima orang lain. Tak hanya itu, sebagai seorang yang aktif dan passionate, semasa studi pun sudah mulai berkecimpung di bidang presenting dengan membawakan sebuah acara otomotif di salah satu stasiun televisi. Keinginannya untuk berbagi membawanya ke dunia pendidik selama lebih dari 15 tahun. Melanjutkan kariernya, sebelum bergabung di STUDiLMU BusinessGrowth, tak jauh dari dunia Edukasi, yaitu di Service Education Dept. PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. selama kurang lebih 6 tahun. Di sini, selain merancang materi, Ike juga berperan sebagai instructor dengan spesialisasi bidang Customer Satisfaction, untuk para teknisi senior dan service advisor, serta facilitator untuk Yamaha Engineering School. *Kemampuan berinisiatif sebagai tenaga perkantoran tentulah wajib dimiliki ketika harus memberikan ide-ide inovasi di setiap proyek yang dijalankannya. Ike juga certified Master Trainer for WILEY’s Everything DiSC®, USA. Lisensi mengajar untuk beberapa topik khusus juga diperolehnya dari Yamaha Riding Academy, Jepang. Pengalamannya dalam dunia training dan kecintaannya untuk berbagi selalu terpancar di setiap sesi yang dibawakannya. Ike dikenal sebagai facilitator yang ramah, resourceful, dan senang berbagi pengalaman dan ilmu-ilmu yang dimilikinya.
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Download aplikasi STUDiLMU for Business & Prakerja di Play Store/App Store. Silahkan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS)
3. Buka aplikasi STUDiLMU, pilih “PRAKERJA” lalu pilih “DAFTAR” untuk penukaran voucher pertama kali. Masukkan data-data yang diperlukan disana.
4. Masukkan kode voucher yang sudah dibeli. Salin tempel/copy paste langsung dari akun Anda disana ke kode voucher yang Anda isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, namun langsung copy paste dari sumber)
5. Anda dapat segera melihat pelatihan online yang dibeli di “Kursus tersedia”. Untuk memulainya, Anda tinggal klik gambar pelatihan dari jendela tersebut. Lalu klik di course content untuk memulai satu persatu bab secara berurutan
Kontak Lembaga Pelatihan
E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com
WhatsApp: 081338387750
Telegram: @STUDiLMU1
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp400.000