Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis bagi Tenaga Penjual Ritel
Pembelajaran Mandiri
Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis bagi Tenaga Penjual Ritel
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Setiap orang, apapun profesinya, pasti memiliki masalah. Orang yang sukses bukanlah orang yang tidak punya masalah, melainkan orang yang berhasil menyelesaikan masalahnya. Berpikir kritis merupakan keahlian yang sangat diperlukan dalam proses penyelesaian masalah, sehingga kemampuan berpikir kritis menjadi sangat penting untuk dipelajari.
Menurut data yang dilansir oleh World Economic Forum pada laporan yang berjudul The Future Jobs Report tahun 2020, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu dari kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Dalam course ini, Anda akan belajar bagaimana konsep dan proses dalam berpikir kritis, serta bagaimana aplikasi berpikir kritis ini digunakan dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi.
Tujuan umum dari course ini adalah peserta mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi sebagai tenaga penjual ritel
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi sebagai tenaga penjual ritel.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Menyebutkan manfaat berpikir kritis
2. Menyebutkan karakteristik berpikir kritis
3. Menjelaskan kesalahan yang perlu dihindari dalam berpikir kritis
4. Menjelaskan proses berpikir kritis
5. Mengidentifikasi standar kualitas kerja di tempat kerja
6. Mengidentifikasi masalah yang terjadi di tempat kerja
7. Mendeskripsikan informasi dan data yang relevan dengan permasalahan di tempat kerja
8. Menggunakan metode 5 why untuk mencari penyebab inti permasalahan
9. Menggunakan metode fishbone diagram untuk mencari penyebab inti permasalahan
10. Menganalisis informasi dan data dalam pertimbangan solusi penyelesaian masalah
11. Menjelaskan teknik mengawasi hasil implementasi solusi dari permasalahan yang terjadi
12. Menjelaskan teknik membuat standar dan tindak lanjut dalam menghadapi permasalahan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Manfaat Berpikir kritis (materi “Manfaat berpikir kritis”)
2. Karakteristik berpikir kritis (materi “karakter berpikir kritis”)
3. Kesalahan yang perlu dihindari dalam berpikir kritis (materi “kesalahan yang perlu dihindari dalam berpikir kritis”)
4. Proses berpikir kritis (materi “proses berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi”)
5. Standar kualitas kerja di tempat kerja (materi “mengidentifikasi standar kualitas kerja di tempat kerja”)
6. Masalah yang terjadi di tempat kerja (materi “mengidentifikasi masalah di tempat kerja dan faktor-faktor penyebabnya”)
7. Informasi dan data yang relevan dengan permasalahan di tempat kerja (materi “mengidentifikasi dan mendeskripsikan data yang relevan dengan permasalahan”)
8. Informasi dan data dalam pertimbangan solusi penyelesaian masalah (materi “menganalisis data untuk menentukan penyebab inti permasalahan”)
9. Teknik mengawasi hasil implementasi solusi dari permasalahan yang terjadi (materi “mengimplementasi solusi permasalahan dan mengawasi hasilnya”)
10. Teknik membuat standar dan tindak lanjut dalam menghadapi permasalahan (materi “membuat standar dan tindak lanjut dalam menghadapi permasalahan”)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menggunakan metode 5 why untuk mencari penyebab inti permasalahan (materi “menganalisis data untuk menentukan penyebab inti permasalahan”)
2. Menggunakan metode fishbone diagram untuk mencari penyebab inti permasalahan (materi “menganalisis data untuk menentukan penyebab inti permasalahan”)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Teliti (materi “menganalisis data untuk menentukan penyebab inti permasalahan”)
2. Kritis (materi “proses berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi”)
3. Solutif (materi “membuat standar dan tindak lanjut dalam menghadapi permasalahan”)
Kelompok Sasaran
1. Tenaga penjual ritel
2. Staff
3. Supervisor
4. Manager
5. Setiap orang yang ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi
6. Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara
Durasi Per Sesi
Section 1: Mengenal Konsep Berpikir Kritis (57 menit)
Section 2: Proses Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah dan Mencari Solusi (64 menit)
Section 3: Mengenal Profesi Tenaga Penjual Ritel (39 menit)
Section 4: Berkomunikasi Efektif dengan Pelanggan sebagai Tenaga Penjual Ritel (55 menit)
Section 5: Menjual Barang dan Jasa sebagai Tenaga Penjual Ritel (116 menit)
Section 6: Mengatasi Keluhan Pelanggan sebagai Tenaga Penjual Ritel (44 menit)
Section 7: Melakukan Negosiasi dengan Pelanggan (34 menit)
Section 8: Kompetensi Tenaga Penjual Ritel Lainnya yang Wajib Dikuasai (73 menit)
Section 9: Mengidentifikasi Berbagai Masalah atau Informasi (43 menit)
Section 10: Mencari Informasi dan Data yang Dibutuhkan dalam Analisis Permasalahan (63 menit)
Section 11: Menganalisis Informasi dan Data (82 menit)
Section 12: Berpartisipasi Aktif dalam Proses Pengambilan Keputusan sesuai Kebutuhan di Tempat Kerja (78 menit)
Total Durasi
415 Menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat, pukul; 16.00-17.00
Profil Pengajar
1. Alberto Christopher, S.T.*
Dengan latar belakang pendidikan chemical engineering dari Universitas Indonesia ini, Berto adalah sosok yang aktif dan senang berkomunikasi. Semasa studi pun, Berto sudah aktif berbagi ilmu yang dimilikinya bersama para dosen di kampusnya. Tidak hanya itu, Berto juga sering membawakan acara pada beberapa event team building. Pengalamannya mengajar di depan kelas dan memimpin berbagai event team building membawa Berto untuk berkecimpung di bidang training and people development. Mengawali karirnya sebelum bergabung di Studilmu BusinessGrowth, Berto merupakan seorang leader pada lini produksi di PT CS2 Pola Sehat (Orang Tua Group). Tidak hanya berkutat dengan data dan laporan, pengalamannya sebagai leader pada lini produksi membuat Berto terbiasa untuk berkomunikasi dengan berbagai macam karyawan dan cukup familiar dengan kondisi lapangan. Semasa kerjanya pun Berto telah mengikuti berbagai macam pembelajaran leadership sehingga Berto memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan pola pikir problem solving yang luar biasa. Sebagai fasilitator Studilmu BusinessGrowth, Berto telah berpengalaman melayani berbagai kelas dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berto dikenal sebagai fasilitator yang energik dan lugas dalam memfasilitasi pembelajaran peserta di kelas melalui pengalaman-pengalaman yang pernah beliau jalani.
Penukaran Kode Voucher
1. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS dan dapat juga Kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com
2. Pilih Program "Prakerja" lalu “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun STUDiLMU atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun STUDiLMU
3. Kemudian silakan Anda isi formulir pendaftaran tersebut dengan data Anda. Setelah data berhasil di lengkapi, Silakan klik "Kirim Pendaftaran"
4. Setelah penukaran berhasil, kursus Anda berada di halaman depan atau klik "Kursus Saya" untuk memulai pelatihan
5. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021
Syarat dan Ketentuan
1. Tidak ada batas maksimal jumlah pembelian voucher.
2. Voucher dapat ditukarkan di Aplikasi dengan cara download Aplikasi STUDiLMU di Play Store https://bit.ly/STUDiLMU-Android atau App Store https://bit.ly/STUDiLMU-iOS
3. Atau dapat juga kunjungi website https://pelatihanprakerja.studilmu.com/voucher (untuk pendaftaran awal) dan https://pelatihanprakerja.studilmu.com (untuk login selanjutnya menonton pelatihan online)
4. Voucher berlaku sampai 31 Desember 2021
5. Kode voucher hanya dapat di redeem 1 (satu) kali. Ketika voucher telah di redeem maka video tersebut dapat dibuka kembali apabila diperlukan untuk menonton sampai dengan 1 (satu) tahun dari tanggal redeem.
6. Dengan menggunakan voucher dan mendaftar di STUDiLMU, pelanggan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan yang berlaku pada STUDiLMU Online Course.
7. Voucher yang belum di redeem dapat dipindahtangankan kepada pihak lain untuk digunakan, namun kode voucher tidak dapat diuangkan.
8. Apabila terdapat kendala atau kesulitan dalam menggunakan voucher, silakan menghubungi Customer Service STUDiLMU melalui SMS/WhatsApp Center di 081338387750 dapat juga melalui email ke cs.prakerja@studilmu.com . Layanan tersedia di hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB.
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.9
/5
(4275 Rating)
0
0
0
0
0
Rp600.000