Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengembangkan Produk Digital untuk Menjadi Manajer Produk

Pembelajaran Mandiri

Mengembangkan Produk Digital untuk Menjadi Manajer Produk

Oleh: Bitlabs -

Pelatihan di Bitlabs -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Berkembangnya berbagai konten dan produk digital saat ini tentunya melesat seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah dengan mudah dijangkau oleh masyarakat. Berbagai industri mulai menggeser kegiatan bisnisnya menjadi berbasis teknologi dengan platform digital, mulai dari e-commerce, konten dan media, jasa, finansial, dan lainnya. Tentunya produk digital ini harus dirancang dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik industri dan visi produk tersebut agar tepat sasaran. Produk digital dikembangkan oleh satu tim di yang beririsan dengan fungsi lainnya di perusahaan tersebut, terutama bisnis, IT, dan operasional, supaya menjadi produk yang sukses di pasaran. Manajer produk merupakan seseorang yang memiliki kompetensi untuk mendampingi proses analisis, riset, rancang, hingga pengembangan perangkat lunaknya. Tentunya, untuk menjadi manajer produk yang sukses mengembangkan produk digital, kompetensi dan keahlian yang dimiliki haruslah sesuai. Pada pelatihan ini, Anda akan belajar langsung dari mentor yang sudah menekuni bidang manajemen produk digital, Audhina Nur Afifah, seorang manajer produk yang telah berpengalaman lebih dari 3 tahun di bidang ini dan bergelut di industri media online. Mentor akan membantu Anda mempelajari proses pengembangan produk digital dan kiat menekuni profesi tersebut. Anda akan mendapatkan pembelajaran yang komprehensif, baik secara teori maupun secara praktik, untuk memperoleh pengetahuan, kompetensi, dan sikap agar siap menjadi seorang manajer produk dalam tim pengembang produk digital. Anda akan belajar bagaimana mengidentifikasi konsep produk digital, menganalisis kebutuhan pengguna produk digital, proses pengembangan produk digital, mengidentifikasi elemen-elemen pengembangan produk digital, tantangan dan hambatan dalam proses pengembangan produk digital, mengidentifikasi faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan produk digital, mengidentifikasi tugas dan kompetensi seorang manajer produk, dan mengaplikasikan pemikiran stratejik peran sebagai manajer produk. Proses pembelajaran dikembangkan bagi masyarakat dengan latar belakang pendidikan Sarjana sehingga akan selaras dengan materi-materi yang akan dibahas. Kurikulum dirancang khusus secara komprehensif bagi mereka yang ingin memulai menjadi seorang manajer produk dan mengembangkan produk digital. Serta, aktivitas belajar akan dilakukan dengan berbagai metode yang variatif seperti penyajian kontenpembelajaran multimedia, berupa video, audio dan visual instruktur, kuis individu, diskusi kelompok melalui forum, dan diskusi langsung dengan mentor melalui sesi live.

Tujuan Umum Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan “Mengembangkan Produk Digital untuk Menjadi Manajer Produk” ini Anda akan mampu menganalisis proses pembuatan produk digital berdasarkan lingkup kompetensi seorang manajer produk.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat mengidentifikasi peran dan kompetensi manajer produk.
2. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat mengimplementasikan proses dan elemen pengembangan produk digital.
3. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menganalisis kebutuhan pengembangan produk digital.
4. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat mendefinisikan kebutuhan dan perencanaan strategis dalam pengembangan produk digital.
5. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menganalisis proses ideasi solusi untuk produk digital.
6. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menganalisis proses pengembangan prototipe produk
7. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menganalisis proses iterasi dan evaluasi untuk produk digital.
8. Setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menerapkan Teknik berkomunikasi dengan pemangku kepentingan produk digital.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
1. Mengenal konsep produk digital
2. Menjelaskan proses operasional dan bisnis produk digital
3. Menjelaskan dasar pemikiran produk digital 

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengidentifikasi keterampilan manajer produk 
2. Mengimplementasikan proses riset, perancangan, pengembangan, dan pemasaran produk digital
3. Mengimplementasikan proses riset dan tolok ukur pasar

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Merefleksikan peran dan sikap yang dibutuhkan sebagai manajer produk
2. Mengenal interaksi yang dibutuhkan kepada stakeholder yang terkait dalam pengembangan produk digital
3. Menunjukkan sikap dan pemikiran yang benar dalam mengembangkan produk digital

Kelompok Sasaran
1. Lulusan SMK dengan jurusan teknologi/digital, D3, dan S1
2. Masyarakat umum yang memiliki fokus dan minat di bidang produk digital
3. Karyawan atau staf yang berkecimpung di bidang pengembangan produk atau konten digital.

Durasi Per Sesi
1. Mengenal Peran dan Kompetensi Manajer Produk : 45 menit
2. Proses dan Elemen Pengembangan Produk Digital : 60 menit
3. Analisis Kebutuhan Produk Digital : 45 menit
4. Mendefinisikan Kebutuhan dan Perencanaan Strategis Produk Digital : 50 menit
5. Melakukan Ideasi Solusi untuk Produk Digital : 40 menit
6. Product Prototyping : 40 menit
7. Iterasi dan Evaluasi untuk Produk Digital : 40 menit
8. Berkomunikasi dengan Pemangku Kepentingan Produk Digital : 40 menit

Total Durasi
360 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Kamis, 16.30-17.30

Level Pelatihan
Basic / Tingkat dasar

Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, roleplay, dan bahan bacaan dengan penugasan praktek.

Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Audhina Nur Afifah
Audhina merupakan seorang Product Manager di CNN Indonesia dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidang tersebut.

Panduan Redeem Voucher Pelatihan di Bitlabs Academy 
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/),  klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Kursus Saya dan klik Kursus Mitra Pelatihan kemudian klik judul kursus yang sudah dibeli lalu salin kode kursus (atau catat kode kursus secara manual)
2. Kunjungi https://academy.bitlabs.id/login 
3. Pilih Daftar lalu isi data jika Anda belum memiliki akun di Bitlabs atau Pilih Masuk apabila akun sudah terdaftar
4. Pada bagian penukaran voucher di halaman home, isi dengan kode voucher yang sudah disalin, lalu Klik Tukarkan
5. Selengkapnya silahkan cek petunjuk di sini: http://bit.ly/tukar-voucher-pijar

Kontak Lembaga Pelatihan
0822-3777-7128 (Whatsapp only)


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp300.000