Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menggunakan Aplikasi Corel Draw untuk Membuat Karya Desain

Webinar

Menggunakan Aplikasi Corel Draw untuk Membuat Karya Desain

Oleh: LPK Azam Com

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
21 Peserta
Usia 18 - 50 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Daring
Okupasi Pelatihan : Desainer Grafis, Desainer Tata Letak, dan Animator
Rujukan Okupasi : Indonesia’s Critical Occupation List (COL)
Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pekerjaan Desainer Grafis, dalam membuat berbagai Desain Grafis yang menarik.
Kompetensi yang Dilatih
Pelatihan ini akan meliputi pengoperasian CorelDraw, Mendesain Logo, Mendesain kartu nama, mendesain flyer dan mendesain poster  menggunakan Aplikasi CorelDraw. Anda akan belajar mengoperasikan Aplikasi CoreDraw ini dengan mahir, mempelajari teknik Cropping , tata letak, dan penggunaan effect-effect  penting dalam mendesain. Pelatihan ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan dalam mendesain dan membuat desain yang berkualitas.
Urutan Pembelajaran 
Sesi 1: Pengenalan dasar-dasar CorelDraw: 180 menit
Sesi 2: Membuat Logo Sederhana mengunakan Aplikasi Coreldraw: 180 menit
Sesi 3: Membuat Kartu Nama mengunakan Aplikasi Coreldraw: 180 menit
Sesi 4: Membuat Flyer mengunakan Aplikasi Coreldraw: 180 menit
Sesi 5: Membuat Banner mengunakan Aplikasi Coreldraw: 180 menit

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan minimal 60 persen terampil dalam membuat karya desain menggunakan sofware CorelDRAW pada praktik secara mandiri.

Tujuan Khusus Pelatihan
Di akhir pelatihan peserta mampu:
1. Peserta mampu menunjukkan penguasaan dalam membuka  dan menyimpan file Aplikasi CorelDraw dengan format JPG, PNG, PDF dan CDR
2. Peserta mampu menguasai penggunaan fungsi masing-masing tools pada toolbox yang terdapat dalam aplikasi desain grafis (CorelDRAW )
3. Peserta mampu membuat Desain Logo sederhana yang baik dan benar menggunakan aplikasi CorelDraw
4. Peserta mampu menggunakan Tools aplikasi CorelDraw sebagai bahan membuat desain logo
5. Peserta mampu membuat Desain Kartu Nama menggunakan aplikasi CorelDraw
6. Peserta mampu menggunakan Tools aplikasi CorelDraw sebagai bahan membuat desain Kartu Nama
7. Peserta mampu membuat Desain Flyer menggunakan aplikasi CorelDraw
8. Peserta mampu menggunakan Tools aplikasi CorelDraw sebagai bahan membuat desain Flyer
9. Peserta mampu membuat Desain Poster  yang baik dan benar menggunakan aplikasi CorelDraw
10. Peserta mampu menggunakan Tools aplikasi CorelDraw sebagai bahan membuat desain Poster

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- antarmuka CorelDRAW
- fungsi dan lokasi alat-alat desain 
- palet warna, pengelolaan layer, dan panel properti.
- membuat, menggandakan, memindahkan, dan menghapus objek
- mengubah ukuran, memutar, dan menerapkan transformasi objek.
- pengelolaan objek menggunakan panel objek dan layer.
- alat-alat vektor
- Konversi objek bitmap ke vektor.
- menambahkan dan mengedit teks.
- pengaturan jenis huruf, ukuran, warna, dan spasi antar huruf.

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Mengoperasikan alat-alat desain dasar seperti pena, garis, bentuk, dan kuas dengan presisi.
- Mampu menggandakan, memindahkan, dan mengubah ukuran objek dengan lancar.
- Menguasai penggunaan alat vektor untuk membuat garis dan bentuk geometris dengan tepat.
- Memahami teknik penanganan vektor untuk menciptakan gambar yang dapat diubah ukuran tanpa kehilangan kualitas.
- Mampu menangani alat teks dengan baik, termasuk mengetik, mengedit, dan memformat teks.
- Menggunakan efek teks seperti warp dan contour untuk menciptakan efek khusus pada tulisan.
- Menentukan dan mengelola palet warna dengan cerdas.
- Mampu mengaplikasikan gradasi warna dan efek transparansi untuk menciptakan tampilan visual yang menarik.
- Memahami konsep dan praktik manajemen layer dengan efektif.
- Menggunakan layer untuk mengatur objek-objek dan mempermudah proses editing.

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Berani menggali ide-ide baru dan eksperimental dalam menciptakan solusi desain.
- Menunjukkan kreativitas dalam menghasilkan desain grafis yang unik dan menarik.
- Menunjukkan kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi tantangan desain..
- Bersedia bekerja keras untuk mencapai hasil terbaik dalam proyek desain.
- Bersedia menerima kritik konstruktif dan menggunakan feedback untuk meningkatkan kualitas desain.
- Tidak merasa terlalu terikat secara emosional pada karyanya sehingga dapat belajar dari pengalaman.
- Bersedia dan mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan proyek atau perubahan desain yang diminta oleh klien atau tim.
- Berkomunikasi secara jelas dan efektif dengan klien atau anggota tim untuk memahami kebutuhan dan harapan mereka terhadap desain.
- Mampu menjelaskan pilihan desain dengan logis dan meyakinkan.
- Bersedia bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan proyek bersama.

Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 50 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat

Syarat dan ketentuan lainnya
Memiliki Perangkat Komputer/Laptop dengan Spesifikasi Minimal
CPU: Intel Core 2 Duo 2.6GHz / AMD Athlon 64 2.8GHz
RAM: 4 GB
GPU: Intel / AMD / NVIDIA dengan memori grafis 512 MB
Sistem Operasi: Windows 10 32Bit,64Bit / Windows 8.1 32Bit,64Bit / Windows 8 32Bit,64Bit / Windows 7 32Bit,64Bit
Resolusi Monitor: 1280 x 768
Memiliki Jaringan Internet yang Stabil Minimal 5 MBps
Memiliki Minat di Bidang Desain Grafis
Terinstal Aplikasi Corel Draw

Total Durasi
900 menit

Kapasitas Peserta
50 peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan:
Buatlah karya desain berupa “POSTER” sebagai media untuk mempromosikan “PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI TEMPAT ANDA BELAJAR SAAT INI ” Yang Anda sendiri sebagai model utama.
Upload hasil pengerjaan tugas yang sudah dikerjakan melalui halaman Unjuk Keterampilan pada LMS dengan format penyimpanan file “Unjuk Keterampilan_NamaLengkap.jpg”.
Keterangan: “Maksimal waktu pengumpulan adalah 3x24 jam setelah instruksi diberikan”.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test

Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat

Profil Pengajar
Muhamad Izan Ma’sum
Seorang instruktur desain grafis melibatkan peran kritis dalam membimbing, menginspirasi, dan membekali para siswa dengan keterampilan serta pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam dunia desain grafis. Berikut salah satu tugas utama seorang instruktur desain grafis:
Mendorong eksplorasi ide dan proses kreatif siswa dalam mengembangkan konsep desain.
Memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu siswa memperbaiki dan mengembangkan ide-ide mereka.

Kontak Lembaga Pelatihan
0813-2745-5807
0858-7507-6593


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000