Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengimplementasikan Aplikasi Lintas Platform bagi Mobile App Developer

Webinar

Mengimplementasikan Aplikasi Lintas Platform bagi Mobile App Developer

Oleh: Hi Colleagues

Pelatihan di Hi Colleagues

0

5.0(2)
1 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Flutter merupakan Framework yang dibuat oleh Google pada bulan Mei 2017 untuk mendukung pembuatan aplikasi mobile dalam lintas platform dalam sekaligus. Platform yang didukung untuk menjalankan aplikasi Flutter yaitu Android, iOS, Web, Windows, macOS, dan Linux. Flutter secara resmi merilis versi stabilnya yang kedua pada 19 Mei 2021 lalu.
Berdasarkan data yang dirilis oleh Statista ( https://www.statista.com/statistics/869224/worldwide-software-developer-working-hours/ ), dalam 2 tahun terakhir ini Flutter berada di posisi kedua untuk Framework yang mendukung lintas platform terpopuler dari data yang dihimpun dari para pengembang perangkat lunak di seluruh dunia.
Saat ini, kesempatan untuk bekerja sebagai pengembang aplikasi Flutter menjadi semakin luas, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lowongan pekerjaan di luar ataupun dalam negeri dengan posisi Flutter di berbagai portal pekerjaan (contohnya: LinkedIn Jobs, Techinasia, Kalibrr, Glints, hingga Jobstreet)
Beberapa aplikasi yang saat ini dibangun menggunakan Flutter, diantaranya: Grab, Google Ads, eBay Motors, Google Stadia, Abbey Road Studios, Alibaba Group, Baidu, Groupon, MyValue (Kompas Gramedia), Bank Jago, Stockbit, Bibit, dan masih banyak perusahaan lainnya.

Tujuan Umum Pelatihan
1. Peserta dapat memahami konsep dan prinsip dasar pemrograman menggunakan framework Flutter.
2. Peserta dapat mengimplementasi pembuatan aplikasi Android menggunakan framework Flutter

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta dapat memahami instalasi framework Flutter pada komputer.
2. Peserta dapat memahami sintaks-sintaks dasar bahasa pemrograman Dart.
3. Peserta dapat memahami implementasi pemrograman berorientasi objek dasar pada bahasa pemrograman Dart.
4. Peserta dapat memahami dasar struktur organisasi Fungsi, File, dan sumber daya lainnya dalam suatu proyek aplikasi Flutter.
5. Peserta dapat menambah kreativitas dalam pemecahan masalah.

Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)
1. Peserta dapat memahami dasar pemrograman Dart. 
2. Peserta dapat memahami dasar pemrograman berorientasi objek.
3. Peserta dapat memahami konsep, prinsip, dan implementasi fundamental pada pengembangan aplikasi Flutter

Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)
1. Peserta mampu mengorganisasi Fungsi, File, dan komponen lainnya dalam proyek aplikasi Flutter.
2. Peserta mampu menerjemahkan rancangan antarmuka menjadi tampilan pada aplikasi Flutter.|
3. Peserta mampu mengimplementasi penggunaan State Management.

Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
1. Percaya diri : Peserta dapat percaya diri menambah kreativitas dalam pemecahan masalah.
2. Teliti : Peserta dapat menjadi teliti terhadap detail.
3. Tanggung jawab :Peserta dapat menjadi tanggung jawab dalam penemuan masalah.

Kelompok Sasaran
1. Dasar pengetahuan terhadap bahasa pemrograman.
2. Memiliki perangkat Komputer atau Laptop, dengan spesifikasi:
- Minimal 4GB RAM
- OS Windows 7 SP1 (64-bit) atau diatasnya, atau Linux 64-bit, atau macOS 64-bit.
- Kapasitas ruang pada penyimpananminimal: 2GB.
3. Memiliki perangkat Komputer atau Laptop, dengan terinstal:
- Git
- Android SDK
- Text Editor: Visual Studio Code dan/atau Android Studio

Durasi Per Sesi
1. Pengantar Flutter : 30 Menit
2. Pengenalan Fundamental Bahasa Pemrograman Dart : 30 Menit
3. Pengenalan komponen-komponen antarmuka Widget pada Flutter : 30 Menit
4. Pencarian dan penggunaan Library pada Flutter : 10 Menit
5. Implementasi perancangan UI pada Flutter : 60 Menit
6. Pengenalan dan penggunaan State Management pada Flutter : 45 Menit
7. Navigasi halaman pada Flutter : 15 Menit
8. Pengorganisasian Fungsi, File, dan komponen lainnya pada proyek Flutter : 15 Menit
9. Pengenalan Web API : 15 Menit
10. Implementasi konsumsi data dari Web API pada Flutter : 60 Menit
11. Pengenalan Basis Data pada Flutter : 15 Menit
12. Implementasi manipulasi data terhadap Basis Data pada Flutter : 60 Menit
13. Extra: Tips & Trik pada pengembangan aplikasi Flutter : 15 Menit
14. Extra: Menjalankan aplikasi Flutter pada platform lain: iOS, Web, Desktop : 20 Menit

Total Durasi
420 Menit

Kapasitas Peserta
500 Peserta

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Selasa, 16.00 – 17.00

Jadwal Webinar
Selasa, Kamis, Sabtu, 19.00 - 21.30

Level Pelatihan 
Basic / Tingkat Dasar

Profil Pengajar
Fikri Razzaq Arasyid
Berpengalaman sebagai Mobile Developer professional dalam 3 tahun terakhir di beberapa bidang industri mulai dari Government, Internet of Things, hingga F&B. Saat ini bekerja sebagai Flutter Developer di FnBees, perusahaan di bidang F&B di Singapura.

Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir https://pijarmahir.id/ , klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Masuk ke halaman https://www.hicolleagues.com/kelas/mini-class 
3. Pilih menu kelas lalu pilih bagian menu prakerja
4. Setelah itu pilih kelas yang sudah kamu beli sebelumnya
5. Kemudian klik 'Tukarkan Voucher'
6. Isi data-data dan salin salin kode voucher lalu submit
7. Admin HiColleagues akan menghubungi kamu max 30 menit atau dapat menghubungi HiColleagues via email hello@hicolleagues.com

Kontak Lembaga Pelatihan
Email: hello@hicolleagues.com
WA: 082127274632


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp450.000